Bingung Merawat Interior Mobil? Ini Dia Caranya!

Cara Merawat Interior Mobil

Merawat interior mobil merupakan salah satu hal terpenting yang perlu dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Pasalnya kebersihan interior mobil sangat berhubungan erat dengan kenyamanan. Interior mobil yang kotor dan bau akan mengganggu kenyamanan pengumudi. Sehingga hal ini bisa berpangaruh terhadap konsentrasi pengemudi.

Semakin bersih interior mobil, akan membuat pengemudi semakin nyaman dalam berkendara. Sehingga pengemudi akan lebih fokus. Oleh karenanya, pada artikel kali  HSR Wheel akan membagikan tips bagaimana cara merawat interior mobil agar tetap bersih dan nyaman dipandang. Simak artikel di bawah ini sampai habis ya!

Baca Juga: Cara Membersihkan Jok Mobil yang Benar

4 Cara Merawat Interior Mobil

Interior mobil merupakan salah satu bagian mobil yang sangat berhubungan erat dengan kenyamanan pengemudi. Interior mobil yang bau dan kotor bisa mengurangi konsentrasi pengemudi. Pada artikel kali ini, HSR Wheel akan membagikan beberapa tips mengenai cara merawat interior. Simak artikel di bawah ini!

1. Bersihkan Karpet Mobil Secara Teratur

Bersihkan Karpet Mobil Secara Teratur
Bersihkan Karpet Mobil Secara Teratur

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkan karpet mobil secara teratur. Sebab karpet mobil yang kotor dapat menimbulkan bau kabin yang tidak sedap dan bisa menganggu kebersihan interior mobil saat AC dihidupkan. Oleh karenanya, pemilik mobil harus rajin membersihkan karpet mobil meski bagian ini sering sekali kotor. Cara membersihkan karpet mobil yang benar dengan mencuci kering karpet mobil agar tidak lembab. Sebab jika lembab maka akan membuat jamur bisa tumbuh dan hal inilah yang bisa menimbulkan bau tidak sedap.

2. Rawat Jok Mobil Secara Teratur

Membersihkan Jok Mobil
Membersihkan Jok Mobil

Cara merawat bagian interior selanjutnya agar tetap nyaman dipakai, yakni dengan merawat bagian jok mobil secara teratur. Sebab jok mobil yang kotor bisa membuat pengemudi menjadi kurang nyaman saat menggemudi. Oleh karenanya, penting sekali untuk merawatnya secara teratur. Cara membersihkan bagian-bagian jok yang pertama kali dengan memulai dari bagian jok mobil yang agak sulit dijangkau seperti sudut-sudutnya agar jok bersih tanpa kotoran kecil tersisa.

3. Membersihkan Bagian Dashboard Mobil Secara Berkala

Membersihkan Bagian Dashboard Mobil Secara Berkala
Membersihkan Bagian Dashboard Mobil Secara Berkala

Cara selanjutnya adalah dengan membersihkan bagian dashboard mobil secara teratur. Sebab bagian inilah yang sering menjadi pusat perhatian penumpang saat masuk ke dalam mobil. Sehingga agar tetap enak dipandang maka perlu perawatan secara teratur. Selain itu, dashboard mobil merupakan bagian yang langsung terkena efek sinar matahari secara langsung karena letaknya yang berada di depan.

Cara membersihkan bagian ini dengan menggunakan kuas atau kemonceng untuk membersihkan debu-debu yang menempel pada dashboard mobil, seperti bagian lubang AC mobil sampai bagian sudut-sudut dashboard yang sulit untuk dijangkau. Selain itu, kamu juga bisa membersihkan bagian dashboard mobil dengan menggunakan cairan khusus. Tujuannya untuk menjaga dashboard dari paparan sinar matahari dan membuat dashboard tidak mudah kering dan mengelupas.

4. Kasih Pengharum Ruangan

Kasih Pengharum Ruangan Mobil
Kasih Pengharum Ruangan Mobil

Selain membersihkan bagian interior mobil, kamu juga perlu untuk memberi pengharum ruangan pada kabin mobil. Agra penumpang dan pengemudi menjadi nyaman saat berlama-lama di dalam mobil. Rajin-rajinlah untuk mengganti pengharum ruangan setiap 1 bulan sekali agar kabin mobil tetap harum dan wangi.

Kesimpulan

Interior mobil merupakan bagian mobil yang sanagt berhubungan erat dengan kenyaman pengemudi. Kabin mobil yang mengeluarkan bau tidak sedap bisa mengurangi konsentrasi pengemudi. Oleh karenanya itu, penting sekali untuk merawat kebersihan kabin mobil. Agar kabin mobil tetap terlihat bersih dan harum, kamu bisa memberikan pengharum ruangan, membersihkan jok mobil, dashboard, maupun karpet mobil. Dengan begitu, pengemudi akan nyaman berlama-lama di dalam mobil.

Baca Juga: Gini Cara Membersihkan Dashboard Mobil Yang Benar

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan