Cara Baca Ukuran Ban Mobil Dengan Benar

Cara Baca Ukuran Ban Mobil

Cara Baca Ukuran Ban Mobil – Apakah kamu saat ini ingin melakukan penggantian ban mobil? Sebelum memutuskan untuk mengganti dan membeli ban mobil baru, kamu sebagai pemilik mobil wajib tahu cara membaca kode ban mobil yang terpasang. Kode yang menempel di ban mobil berisikan banyak informasi yang perlu kamu ketahui.

Mulai dari jenis ban mobil, spesifikasi, hingga penggunaannya. Penasaran bagaimana cara membaca ukuran ban mobil dengan kode-kode tersebut? Silakan simak ulasannya di bawah ini :

Cara Baca Ukuran Ban Mobil

Perlu kamu ketahui, kode-kode yang tersusun di dinding ban tersebut memiliki informasi terkait ukuran tekanan, bentuk, tahun produksi, ukuran pelek, beban maksimum, hingga kecepatan rotasi ban. Untuk lebih jelasnya langsung simak saja berikut ini.

1. Tiga Angka Depan : Kode Ketebalan

Sebagai contoh, disini kita akan mengambil kode ban 205/65 R15 95H. Nah, untuk tiga angka di awal yaitu 205 memiliki arti tingkat ketebalan ban dalam ukuran millimeter ketika dipasangi pelek.

2. Dua Angka Setelah Garis Miring : Rasio Ban

Setelah paham arti tiga angka di awal, tampak terlihat garis miring yang menjadi pemisah kode angka di awal. Dan dua angka setelah garis miring tersebut adalah 65, angka 65 merupakan rasio ban. Artinya adalah angka 65 merupakan presentase tinggi ban terhadap ketebalannya.

3. Satu Huruf Di Tengah : Kode Konstruksi Ban

Tidak hanya berisikan angka saja, kamu juga bisa melihat ada huruf yang posisinya ada di tengah dan juga paling akhir. Untuk huruf yang ditengah adalah R, merupakan kode konstruksi dari ban itu sendiri. Kode huruf R adalah kepanjangan dari kata Radial.

4. Dua Angka Setelah Huruf : Lebar Diamete

Setelah huruf R, terdapat dua angka yang muncul, yaitu 15. Kode angka tersebut memiliki arti lebar diameter pelek dalam ukuran inci. Apabila kamu ingin mengetahui berapa diameter pelek ban, kamu hanya perlu mengecek dua angka yang ada setelah huruf di tengah. Semakin besar angkanya, maka semakin besar juga ukuran pelek yang terpasang pada ban.

5. Dua Angka Terakhir : Batas Beban Tumpuan

Masih dengan kode 205/65 R15 95H, untuk dua angka paling terakhir yaitu 95 memiliki arti batas beban tumpuan yang mampu ditahan oleh masing-masing ban. Apabila ban mobil memiliki kode angka terakhir 95, maka mobil yang kamu miliki mampu membawa beban tumpuan dengan total berat 690 kg. Selain angka 95, ada beberapa angka lain yang perlu kamu ketahui.

  • Angka 70 berarti beban maksimal 335 kg
  • Kode 75 berarti beban maksimal 387 kg
  • Kode 80 berarti beban maksimal 450 kg
  • Kode 90 berarti beban maksimal 600 kg
  • Kode 100 berarti beban maksimal 800 kg.

6. Satu Huruf Terakhir : Speed Rating

Dan yang terakhir adalah huruf H dengan contoh kode yang sama yaitu 205/65 R15 95H. Huruf H ini menunjukan kode speef rating, artinya ban mobil memiliki ketahanan terhadap kecepatan hingga 210 km/jam. Selain huruf H, ada juga kode lainnya seperti J, Q, S, T, U, V, W, dan Y. Huruf J sendiri adalah kode yang paling rendah, dimana hanya mampu menahan kecepatan 100 km/jam saja. Dan Y adalah kode kecepatan maksimal yang paling tingggi di angka 300 km/jam.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan