Bagaimana Cara Mengatasi Gas Mobil Naik Sendiri?

Cara Mengatasi Gas Mobil Naik Sendiri

Cara Mengatasi Gas Mobil Naik Sendiri – Pernahkah kamu merasakan putaran mesin yang tiba-tiba meninggi walaupun tanpa menginjak pedal gas? Kejadian ini biasanya ditandai dengan mesin mobil berisik. Jika sudah seperti ini, maka kemungkinan besar RPM mobil kamu akan sulit untuk kembali turun kembali. Kondisi ini akan mengakibatkan mobil dengan transmisi manual akan tersentak ke depan saat kamu melepas kopling. Sedangkan untuk mobil transmisi matik mobil akan melaju tanpa adanya kontrol. Kondisi ini tentunya sangat berbahaya dan dapat menimbulkan risiko yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.

Apabila masalah ini terjadi pada mobil kesayangan kamu, maka jangan panik terlebih dahulu. Sebagai langkah pencegahan, maka ada baiknya kamu mengetahu penyebab dari gas mobil naik sendiri ini.

Penyebab Gas Mobil Naik Sendiri

Untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi gas mobil naik sendiri, maka kamu juga perlu memahami berbagai kemungkinan yang dapat menyebabkan kondisi ini terjadi. Dikutip melalui Auto2000, simak penyebab gas mobil naik sendiri di bawah ini:

1. Masalah di ISC

Pada beberapa kasus, kondisi gas mobil yang menaik sendiri adalah adanya kerusakan pada komponen ISC (Idle Speed Control). Kemugkinan besar ISC mengalami kebocoran udara atau bisa jadi terdapat kotoran yang membuat katup servo menjadi tidak menutup dan RPM pun tidak stabil.

2. Masalah di TPS

Selain komponen ISC, permasalahan juga bisa datangĀ  dari TPS (Throttle Position Sensor). TPS sendiri adalah komponen di dalam mobil yang memiliki fungsi untuk membaca besaran bukaan yang ada di throttle gas untuk kemudian dikirim menuju ECU, Jika TPS mengalami kerusakan, maka secara otomatis bacaan bukaan untuk throttle pun akan tidak sesua. Dan tentunya akan mengakibatkan stasioner naik sendiri walaupun kamu sebagai pengemudi tidak menginjak pedal gas.

3. Tidak Menjaga Kebersihan Komponen Mobil

Gas yang menekan dengan sendirinya adalah kondisi dimana komponen yang seharusnya bekerja tidak melakukan tugasnya secara maksimal. Untuk menjaga komponen tersebut tetap optimal, maka kamu juga perlu merawatnya secara maksimal. Apabila kamu kurang untuk melakukan perawatan, maka hal tersebut juga dapat memicu gas mobil naik sendiri. Terutama untuk komponen krusiap seperti selang vakum, air flow sensor unit, saringan udara, dan juga throttle body.

Cara Mengatasi Gas Mobil Naik Sendiri

Setelah kamu mengetahui beberapa kemungkinan penyebab dari gas mobil naik sendiri, maka selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Dikutip dari laman resmi Auto2000, berikut cara mengatasi gas mobil naik sendiri:

1. Ganti Komponen ISC

Jika komponen ISC adalah masasalah utama yang mengakibatkan gas mobil menekan dengan sendirinya, maka kamu perlu segera menggantinya. Atau kamu bisa mencoba untuk membersihkannya dahulu dengan lap dan cairan khusus agar katup servo bisa menutup kembali. Namun, kembali lagi, apabila kondisinya sudah parah, maka ada baiknya segera ganti komponen ISC tersebut.

2. Ganti Komponen TPS

Ketika indikator check engine menyala dibarengi gas mobil naik, maka kemungkinan besar komponen TPS adalah penyebabnya. Biasanya, apabila komponen ini rusak akan membuat bensin menjadi boros. Ketika komponen ini sudah rusak parah, maka ada baiknya segera mengganti komponen TPS dengan yang baru. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan dan juga keamanan kamu saat berkendara.

3. Rajin Membersihkan Komponen Mobil

Jangan tunggu adanya kerusakan untuk melakukan perawatan komponen mobil. Ada baiknya, lakukan perawatan secara rutin dan jangan lupa untuk membersihkannya. Bersihkan juga selang vakum secara rutin, jangan ada yang tersumbat karena dapat mengganggu komponen lain. Lakukan juga pengecekan komponen lainnya di bengkel terdekat yang kamu percayai.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan