Berita Otomotif

Cara Membaca Nomor Rangka Mobil

Nomor rangka mobil adalah nomor identitas yang memang terpasang pada semua mobil. Saat ini masih banyak pemilik mobil yang belum mengetahui fungsi nomor rangka tersebut. Dan tak sedikit juga yang bingung terkait urutan nomor rangka tak beraturan dan memiliki banyak nomor. Sebenarnya, nomor rangka yang tak beraturan tersebut memiliki artinya masing-masing. Untuk mengetahui cara baca rangka mobil, simak selengkapnya berikut ini:

Nomor Rangka Mobil Ada 17 Digit

Perlu kamu ketahui, nomor rangka sendiri pada umumnya terdiri dari 17 digit angka dan juga huruf. Kode yang diukir pada rangka merupakan kode internasional yang dibuat untuk memudahkan identifikasi pada mobil. Kode ini juga biasa disebut dengan VIN (Vehicle Identification Number), VIN sendiri digunakan oleh banyak negara untuk proses identifikasi pada sebuah mobil.

Salah satunya adalah Indonsia yang menggunakan VIN berdasarkan ISO 3779. VIN versi ini memiliki susunan kode 17 digit yang dibagi menjadi 3 bagian. Untuk 3 digit pertama disebut dengan WMI (World Manufacturer Identification, digit ke-4 hingga Sembilan adalah VDS (Vehicle Descriptor Section). Dan 8 digit terakhit adalah VIS (Vehicle Identifier Section).

Untuk kamu yang masih bingung, silakan simak contoh nomor rangka berikut ini: MFK3210406B508938. Untuk 3 digit pertama atau WMI merupakan identitas pabrik pembuat mobil tersebut, selanjutnya digit keempat hingga Sembilan adalah VDS (321040). Dan delapat digit dibelakang biasa disebut dengan VIS (6B508938)

Cara Membaca Nomor Rangka Mobil

1. Digit Satu dan Dua

Huruf pertama dan kedua yang ada di nomor rangka adalah kode yang menunjukan kendaraan tersebut berasal dan dirakit. Kode rangka mobil untuk Indonesia sendiri adalah MF-MK, dan untuk mengetahui daftar kode negara lain, simak daftarnya di bawah ini :

Daftar Kode Negara Perakit Kendaraan

  1. A-H: Afrika
  2. AA-AH: Afrika Selatan
  3. AJ-AN: Pantai Gading
  4. BA-BE: Angola
  5. X3-X0: Russia
  6. VF-VR: Perancis
  7. JA-J0: Jepang
  8. LA-L0: China
  9. MA-ME: India
  10. MF-MK: Indonesia
  11. ML-MR: Thailand
  12. PL-PR: Malaysia
  13. RL-RR: Vietnam
  14. SA-SM: Inggris
  15. WA-W0: Jerman
  16. 1A-10: Amerika Serikat
  17. 4A-40: Amerika Serikat
  18. 5A-50: Amerika Serikat
  19. 6A-6W: Australia, dan banyak lainnya.

3. Digit Ketiga

Lalu, untuk digit ketiga memiliki arti nama produsen mobil itu sendiri. Sebagai contoh ialah huruf Y untuk Suzuki, huruf F untuk Toyota, R untuk Honda, dan K untuk Daihatsu.

4. Digit Keempat Hingga Sembilan

Selanjutnya ada digit keempat hingga Sembilan yang mendeskrupsikan mobil secara umum. Sebut saja seperti model mobil, jenis mesin, tipe bodi, hingga transmisi yang digunakan oleh mobil. Masing-masing produsen mobil memiliki caranya tersendiri untuk menyusun kode tersebut.

5. Digit 10 Hingga Terakhir

Dan yang terakhir adalah 8 digit paling belakang, kode paling belakang ini biasanya menunjukan arti tahun produksi beserta urutan nomor produksi. Masing-masing mobil memiliki arti yang sedikit berbeda, walupun memang tujuannya tetaplah sama.

Dan itu di acara membaca nomor rangka mobil dengan benar, pahami setiap digit yang ada dan silakan coba untuk membaca kode rangka mobil yang kamu miliki untuk mengetahui artinya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terbaru

Ini Dia Cara Mengaktifkan Fitur Chill Lock Mobil?

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang sering digunakan oleh orang-orang untuk berpergian bersama keluarga. Seiring… Selengkapnya

30 September 2022

Mengenal 4 Jenis Mobil Listrik Yang Telah Beredar di Pasaran!

Mobil listrik merupakan salah satu kendaraan yang sedang populer. Karena mobil listrik dinilai lebih ramah… Selengkapnya

29 September 2022

Pengertian Harga OTR Dalam Perhitungan Kredit Mobil

Pada saat kamu ingin membeli mobil, kamu akan mendengar istilah OTR. Istilah ini sering digunakan… Selengkapnya

28 September 2022

Harga Honda HRV 2022 Terbaru Beserta Spesifikasinya!

Pada tahun 2022 awal, PT. Honda Prospect Motor mengeluarkan mobil HR-V varian terbaru. Lahirnya Honda… Selengkapnya

27 September 2022

Aki Mobil: Jenis, Spesifikasi, dan Tips Memilih Yang Pas

Aki mobil merupakan ruang penyimpanan energi listrik yang dinamis. Komponen ini berfungsi untuk menyimpan daya… Selengkapnya

26 September 2022

Bagaimana Tips Perawatan Mobil Listrik Yang Benar?

Mobil listrik merupakan kendaraan yang dibuat dengan tujuan untuk mengurangi polusi udara. Oleh karenanya, Pemerintah… Selengkapnya

24 September 2022