Cara Membaca Nomor Rangka Mobil

Nomor Rangka Mobil

Nomor rangka mobil adalah nomor identitas yang memang terpasang pada semua mobil. Saat ini masih banyak pemilik mobil yang belum mengetahui fungsi nomor rangka tersebut. Dan tak sedikit juga yang bingung terkait urutan nomor rangka tak beraturan dan memiliki banyak nomor. Sebenarnya, nomor rangka yang tak beraturan tersebut memiliki artinya masing-masing. Untuk mengetahui cara baca rangka mobil, simak selengkapnya berikut ini:

Nomor Rangka Mobil Ada 17 Digit

Perlu kamu ketahui, nomor rangka sendiri pada umumnya terdiri dari 17 digit angka dan juga huruf. Kode yang diukir pada rangka merupakan kode internasional yang dibuat untuk memudahkan identifikasi pada mobil. Kode ini juga biasa disebut dengan VIN (Vehicle Identification Number), VIN sendiri digunakan oleh banyak negara untuk proses identifikasi pada sebuah mobil.

Salah satunya adalah Indonsia yang menggunakan VIN berdasarkan ISO 3779. VIN versi ini memiliki susunan kode 17 digit yang dibagi menjadi 3 bagian. Untuk 3 digit pertama disebut dengan WMI (World Manufacturer Identification, digit ke-4 hingga Sembilan adalah VDS (Vehicle Descriptor Section). Dan 8 digit terakhit adalah VIS (Vehicle Identifier Section).

Untuk kamu yang masih bingung, silakan simak contoh nomor rangka berikut ini: MFK3210406B508938. Untuk 3 digit pertama atau WMI merupakan identitas pabrik pembuat mobil tersebut, selanjutnya digit keempat hingga Sembilan adalah VDS (321040). Dan delapat digit dibelakang biasa disebut dengan VIS (6B508938)

Cara Membaca Nomor Rangka Mobil

1. Digit Satu dan Dua

Huruf pertama dan kedua yang ada di nomor rangka adalah kode yang menunjukan kendaraan tersebut berasal dan dirakit. Kode rangka mobil untuk Indonesia sendiri adalah MF-MK, dan untuk mengetahui daftar kode negara lain, simak daftarnya di bawah ini :

Daftar Kode Negara Perakit Kendaraan

  1. A-H: Afrika
  2. AA-AH: Afrika Selatan
  3. AJ-AN: Pantai Gading
  4. BA-BE: Angola
  5. X3-X0: Russia
  6. VF-VR: Perancis
  7. JA-J0: Jepang
  8. LA-L0: China
  9. MA-ME: India
  10. MF-MK: Indonesia
  11. ML-MR: Thailand
  12. PL-PR: Malaysia
  13. RL-RR: Vietnam
  14. SA-SM: Inggris
  15. WA-W0: Jerman
  16. 1A-10: Amerika Serikat
  17. 4A-40: Amerika Serikat
  18. 5A-50: Amerika Serikat
  19. 6A-6W: Australia, dan banyak lainnya.

3. Digit Ketiga

Lalu, untuk digit ketiga memiliki arti nama produsen mobil itu sendiri. Sebagai contoh ialah huruf Y untuk Suzuki, huruf F untuk Toyota, R untuk Honda, dan K untuk Daihatsu.

4. Digit Keempat Hingga Sembilan

Selanjutnya ada digit keempat hingga Sembilan yang mendeskrupsikan mobil secara umum. Sebut saja seperti model mobil, jenis mesin, tipe bodi, hingga transmisi yang digunakan oleh mobil. Masing-masing produsen mobil memiliki caranya tersendiri untuk menyusun kode tersebut.

5. Digit 10 Hingga Terakhir

Dan yang terakhir adalah 8 digit paling belakang, kode paling belakang ini biasanya menunjukan arti tahun produksi beserta urutan nomor produksi. Masing-masing mobil memiliki arti yang sedikit berbeda, walupun memang tujuannya tetaplah sama.

Dan itu di acara membaca nomor rangka mobil dengan benar, pahami setiap digit yang ada dan silakan coba untuk membaca kode rangka mobil yang kamu miliki untuk mengetahui artinya. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan