Kategori: Tips Otomotif

Cek 3 Bagian Ini Jika Mobil Jarang Digunakan

Mobil Jarang Digunakan – Sejak Covid-19 melanda Indonesia pada bulan Maret 2020 silam, banyak orang yang lebih memilih melakukan aktivitasnya di dalam dalam rumah dan mengurangi aktivitasnya di luar rumah. Walaupun keluar rumah, hanya untuk urusan yang urgent saja. Imbasnya, bagi pemilik kendaraan mobil juga akan mengalami pengurangan pergerakan dengan mobilnya. Banyak yang semakin jarang untuk menggunakan mobil dan membuat kendaraan lebih sering terparkir di garasi rumah.

Walaupun mobil didiamkan aman di dalam garasi rumah, namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan akan adanya risiko masalah yang bisa saja muncul. Paling tidak, ketika mobil didiamkan di dalam garasi dalam waktu yang lama. Ada beberapa hal yang harus diperika untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

Cek 3 Bagian Ini Jika Mobil Jarang Digunakan

Untuk itu, berikur beberapa bagian yang harus kamu periksa ketika mobil jarang digunakan yang bisa kamu simak di bawah ini :

1. Cek Oli

Kehadiran oli tidak hanya berperan ketika mobil menyala saja. Oli juga bisa membantu untuk menjaga kelancaran mekanisme mobil yang sudah lama tak digunakan untuk kemudian dinyalakan kembali. Dalam hal ini, kamu pastikan oli dalam kualitas yang baik. Cara mengecek oli tersebut masih berkualitas atau tidak adalah dengan menghindari warna oli berubah menjadi tidak fresh atau bercampur warna putih. Warna putih tersebut artinya bahwa oli terkontaminasi dengan air, hal tersebut tentu saja tidak baik. Jika sudah terlanjur terjadi, maka segera lakukan penggantian oli.

2. Cek Cairan Lain

Cek Cairan Lain

Selain cairan oli, kamu juga perlu mengecek cairan lain yang ada pada mobil. Seperti air radiator, mintak rem, air aki, dan cairan lainnya agar dalam keadaan dan juga jumlah sesuai standar. Lalu, jangan lupa juga untuk menyalakan mesin paling tidak sekali dalam dua hari jika memang mobil jarang digunakan.

3. Cek Ruang Mesin

Dalam pengecekan ini bisa dilakukan oleh seseoran yang tidak mesin, kamu hanya perlu memastikan tidak ada benda atau hewan yang bersembunyi di dalam kap mesin. Biasanya, ketika mobil didiamkan cukup lama, tikus-tikus akan membuat sarang di dalam kap mesin mobil. Hal tersebut tentu saja akan berakibat buruk bagi mobil, karena tikus bisa saja memutus kabel kelistrikan yang ada pada mobil.

Walaupun tidak terlihat ketika diperiksa, namun pastikan tidak ada kerusakan secara visual di dalam kap mesin tersebut seperti bekas gigitan atau cakaran hewan.

Pos Terbaru

Cara Kerja Kopling Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Kerja Kopling Mobil - Untuk kamu yang memiliki sebuah mobil dengan sistem transmisi manual,… Read More

2 jam lalu

Perbedaan Mobil SUV Dan MPV

Perbedaan Mobil SUV Dan MPV - Di Indonesia kini sedang ramai dengan persaingan antara mobil… Read More

2 hari lalu

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin - Saat ini, mobil sendiri terbagi atas dua tipe.… Read More

2 hari lalu

Perbedaan Aki Kering dan Basah

Perbedaan Aki Kering dan Basah - Baterai atau aki yang terpasang pada sebuah mobil umumnya… Read More

3 hari lalu

Perbedaan Bea Dan Cukai yang Perlu Diketahui

Perbedaan Bea Dan Cukai - Nama bea cukai mungkin sering didengar oleh banyak orang, terlebih… Read More

3 hari lalu

Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil Hitam Dengan Benar

Bagaimana cara menghilangkan baret pada mobil hitam kamu? Timbul baret pada mobil yang memiliki warna… Read More

4 hari lalu