Cara Menyambungkan Bluetooth ke Mobil Avanza Dengan Mudah!

Cara Menyambungkan Bluetooth ke Mobil Avanza

Mendengarkan musik, podcast, atau radio saat berkendara merupakan hal yang sering dilakukan oleh sebagian pengemudi. Karena bisa membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan. Oleh karena itu, umumnya perusahaan otomotif menyediakan fitur bluetooth pada hampir seluruh mobil yang dikeluarkan. Salah satunya tentu saja mobil Toyota Avanza.

Toyota Avanza memiliki 2 tipe, yaitu G dan E. Perbedaan dari kedua tipe Avanzai ini terletak pada kelengkapan fiturnya. Tipe 1.5G M/T telah disematkan fitur bluetooth pada bagian dashboard mobil. Sedangkan pada tipe Avanza 1.5 G M/T terdapat Premium Touch Screen Head Unit terbaru yang memiliki beberapa fitur tambahan. Diantaranya T-Link (USB Mirroring), Emergency Call, DVD, iPod/iPhone Connectivity, USB, 6 Speakers, dan tentunya bluetooth.

Fitur bluetooth ini berguna untuk menjaga konsentrasi kamu saat sedang berkendara. Kamu bisa menerima panggilan telepon tanpa harus menaruh ponsel di telinga, mengontrol pemutaran media dengan cepat, dan bisa mendengarkan musik tanpa harus memasang earphone di telinga.

Dengan begitu, dari sisi keselamatan menjadi lebih terjaga. Namun, kamu perlu menyambungkan terlebih dahulu ke smartphone agar kamu bisa merasakan manfaatnya. Berikut ini cara menyambungkan fitur bluetooth ke mobil Avanza. Simak ulasan di bawah ini sampai habis ya!

Baca Juga: Tekanan Angin Ban Mobil Avanza, Berapa Sih?

Cara Menyambungkan Bluetooth ke Mobil Avanza

Cara connect bluetooth ke mobil dengan smartphone sebenarnya mudah dan cepat. Berikut ini langkah-langkah untuk connect smartphone ke audio mobil melalui bluetooth di bawah ini:

  • Pastikan bluetooth head unit Avanza telah terpasang pada mobil agar bisa memiliki koneksi bluetooth.
  • Hidupkan audio mobil sebelum connect bluetooth ke audio mobil.
  • Hidupkan bluetooth yang ada di ponsel Anda dengan membuka menu pengaturan.
  • Buat bluetooth pada ponsel visible atau bisa dijangkau oleh perangkat audio mobil, sehingga keduanya bisa saling terkoneksi.
  • Buka aplikasi pemutar musik yang ada di ponsel dan cobalah untuk putar musik ke audio mobil.
  • Apabila berhasil tersambung, kamu bisa dengan jelas mendengarkan suara musik yang berasal dari audio mobil.
  • Agar membuat pengalaman berkendara lebih aman, pilihlah menu yang bisa membuat kamu mengontrol audio langsung dari head unit mobil.

Lantas bagaimana caranya apabila bluetooth smartphone tidak bisa terdeteksi juga ? Pada ulasan di bawah ini, HSR Wheel akan menjelaskan mengenai solusi connect bluetooth. Simak artikel di bawah ini sampai habis yaa!

Solusi Agar Bluetooth Bisa Connect ke Audio Mobil

Bluetooth yang tidak connect smartphone dapat terjadi karena beberapa hal. Diantaranya karena adanya gangguan pada smartphone atau head unit yang telah terpasang, hardware bluetooth rusak, jarak head unit dan smartphone terlalu jauh. pengaturan bluetooth pada smartphone tidak publik.

Nah, apabila masalah tersebut terjadi pada audio bluetooth kamu. Berikut ini beberapa solusi yang bisa mengatasi masalah tersebut:

1. Restart Perangkat

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah restart perangkat, baik itu perangkat smartphone/sumber musik lainnya, dan juga perangkat head unit.

Dengan memakai cara ini akan membuat gangguan pada software maupun hardware dapat pulih kembali. Sehingga performa perangkat akan kembali baik lagi.

2. Reset Head Unit

Apabila langkah pertama gagal, kamu bisa reset head unit. Hal tersebut akan membuat perangkat kembali ke pengaturan pabrik. Sehingga performa dapat kembali seperti baru lagi termasuk kualitas signal bluetooth yang berada di dalam unit mobil.

3. Hubungkan Bluetooth ke Mobil dengan Tepat

Banyak pengemudi keliru saat menghubungkan bluetooth ke mobil. Sehingga hal tersebut yang membuat bluetooth sulit untuk connect ke mobil. Oleh karenanya, kamu perlu membaca langkah yang tepat cara menyambungkan bluetooth ke mobil Avanza.

Baca Juga: Berapa Sih Biaya Pajak Toyota Avanza?

4. Ganti Koneksi dengan AUX

Solusi selanjutnya adalah dengan mengganti input pada head unit yang mana memiliki mode input AUX. Kabel AUX memiliki fungsi untuk menghubungkan antara audio mobil dengan smartphone. Namun, apabila mobil kamu telah memiliki fitur bluetooth, seperti Avanza 1,5 MT maka kamu tidak perlu memerlukan kabel AUX.

Nah itu dia, cara menyambungkan bluetooth ke mobil Avanza dengan mudah dan tepat. Bagi kamu yang ingin mengganti velg dan ban mobil atau melakukan spooring balancing, kamu bisa datang ke diler HSR Wheel terdekat di kota kamu.

Produk-produk HSR Wheel telah berstandar SNI, JWL, dan VIA dengan begitu perjalanan kamu menjadi lebih aman dan nyaman terutama saat berada di jalanan yang berlika-liku. Selain itu, HSR Wheel juga menyediakan spooring 3D yang berguna untuk mengembalikan posisi kaki-kaki mobil agar lebih nyaman dan aman digunakan untuk berpergian. Segera konsultasikan permasalahan yang terjadi pada kaki-kaki mobil kamu ke Customer Service kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.

Chat Disini

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan