Langkah-Langkah Tune Up Mobil Beserta Biayanya

Langkah-Langkah Tune Up

Sebagai pemilik kendaraan mobil, istilah tune up mungkin sudah sangat familiar saat kamu mengunjungi bengkel terdekat di kotamu. Lalu apa sih arti tune up itu sendiri? Tune up mobil merupakan kegiatan merawat komponen-komponen mesin mobil secara lebih mendalam.

Memang terlihat mirip antara tune up dengan service. Namun, keduanya memiliki arti yang berbeda. Meski sama-sama bertujuan untuk merawat kendaraan. Kali ini HSR Wheel akan membahas secara mendalam apa itu tune up mobil, langkah-langkah tune up mobil serta harga tune up mobil. Simak Informasi di bawah ini sampai selesai ya!

Baca Juga: Oli Kompresor AC Mobil Jarang Diganti? Ini Akibatnya!

Perbedaan Tune Up dengan Service

Tune up memiliki perbedaan dengan service rutin. Meski dilakukan secara rutin mininal satu tahun sekali, Tune up memiliki variasi pekerjaan yang lebih kompleks daripada service biasa. Maka dari itu tune up membutuhkan biaya yang lebih besar.

Jika service biasa, secara umum hanya mengecek bagian filter udara, fluida, sistem injeksi, dan rem tanpa mengecek bagian di dalam mesin (tanpa pembongkaran berlebih). Sedangkan, tune up mobil juga termasuk mengecek bagian dalam mesin, seperti sistem katup.

Apa itu Tune Up ?

Tune up berasal dari kata tune dan up yang memiliki arti mengembalikan performa. Apabila diartikan secara mendalam, tune up jet clean adalah kegiatan membersihkan seluruh komponen dan sistem mesin mobil secara dalam. Karena, setiap harinya mobil akan menghasilkan kerak karbon dari hasil pembakaran.

Oleh sebab itu, tune up jet clean diperlukan untuk mengembalikan performa mobil agar seperti keadaan semula. Selain itu, melakukan tune up juga bisa memperpanjang usia mobil. Tune up pada mobil juga memiliki fungsi untuk mencegah resiko kerusakan pada apabila terdapat masalah pada mesin.

Tune up merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap pemiliki kendaraan mobil maupun motor, minimal 1 tahun sekali. Adapun langkah-langkah tune up mobil adalah sebagai berikut:

Langkah-langkah Tune Up Mobil

1. Cek Karburator serta Throttle Body

Mengecek Karbulator Saat Tune Up Mobil

Apabila mobilmu telah menggunakan sistem injeksi, bersihkan bagian throttle body dengan menggunakan carbu cleaner secara rutin. Throttle body berfungsi mengatur jumlah udara yang masuk ke ruang bakar. Apabila bagian throttle body kotor maka akan menurunkan kinerja mesin. Karena adanya tumpukan sisa karbon pembakaran yang melekat pada injektor dan katup kupu-kupu throttle body yang membuat kerja katup kupu-kupu tidak sempurna.

Sementara itu, jika mobilmu menggunakan sistem non injeksi cek bagian karbulator dan bersihkan bagian tersebut secara berkala. Jangan lupa juga setel RPM mesin pada karbulator.

Baca Juga: Karburator Mobil Bermasalah? Ini Penyebabnya!

2. Cek Aki Mobil

Mengecek Aki Mobil Saat Tune Up Mobil

Kamu harus rutin mengecek aki mobil karena mesin tidak akan berfungsi jika aki mobil sudah soak. Alat untuk mengukur tegangan aki mobil adalah multitester. Caranya, yaitu memilih selektor pada DC volt dengan skala alat ukur max 50 volt.

Kemudian pasang probe merah pada tegangan positif dan probe hitam pada tegangan negatif. Tegangan yang normal berada pada kisaran 12-13 volt. Jika hasilnya kurang dari nilai tersebut, bisa jadi tegangannya rusak.

Selain mengecek tegangan, kamu juga harus mengecek kapasitas arus menggunakan battery tester. Kamu juga harus mengecek starndar arus listrik yang dipakai pada aki mobil di cover baterai aki.

Baca Juga: 4 Faktor Aki Mobil Cepat Terkuras

3. Bersihkan Filter Udara

Biaya Tune Up Mobil

Filter udara merupakan salah satu komponen penting. Fungsinya, yaitu untuk menyaring udara dari air intake ke ruang pembakaran. Apabila filter udara sudah mulai kotor. akan mengakibatkan konsumsi BBM semakin boros dan tenaga mobil semakin menurun. Filter udara yang kotor juga bisa merusak komponen mobil yang lain.

Cara membersihkan filter udara sangat mudah, yaitu dengan buka kap mesin mobil dan komponen rumah filter, keluarkan filter udara, bersihkan filter udara dan rumah filter dan keringkan. Lalu, pasangkan kembali filter dan rumah filter, serta pastikan bahwa semua komponen sudah terpasang pada tempatnya agar tidak terjadi kebocoran.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Filter Udara Mobil

4. Ganti Air Radiator

Mengganti air radiator atau water coolant merupakan hal yang penting dilakukan secara rutin. Tujuannya agar radiator tetap bersih dan tidak tersumbat. Sehingga mesin mobil bisa bekerja dengan maksimal. Hal ini juga untuk mencegah terjadinya radiator rusak yang bisa membuat mesin mobil overheat.

5. Ganti Oli Mobil

Periksa bagian oli mobil. Jika warnanya sudah berubah menjadi hitam dan encer maka segera ganti dengan yang baru. Penggantian oli mesin mobil dapat dilakukan setiap 10.000 km atau untuk jenis oli tertentu setiap 5.000 km. Tetapi jika usainya sudah mencapai 6-12 bulan, kamu tetap wajib ganti oli mobil.

Biaya ganti oli mobil sekitar Rp 62.000 – Rp 850.000 tergantung dengan merek oli mesin yang digunakan. Mengapa oli mobil perlu diganti secara rutin? Salah satu fungsi oli mobil, yaitu membersihkan komponen mesin mobil. Jika tidak mengganti oli mobil secara rutin akan membuat kinerja mesin menurun.

6. Bersihkan Busi Mobil

Mengecek Busi Mobil

Apabila busi dan kabel busi sudah kotor maka segera bersihkan. Namun, jika kabel busi sudah mulai retak serta ketahanannya melebihi batas normal maka akan mengakibatkan kebocoran arus dan tarikan mesin berkurang. Sehingga sebaik segera mungkin melakukan pergantian dengan yang baru. Batas normal ketahanan busi sebesar 25 kilo Ohm/meter.

Nah itu dia langkah-langkah tune up mobil. Lalu berapa sih harga tune up mobil itu sendiri?

Biaya Tune Up Mobil

Biaya untuk tune up mobil ada di kisaran Rp 3.000.000 lebih pada bengkel resmi, sedangkan pada bengkel umum sekitar Rp 350.000-Rp 500.000 tergantung jenis mobilnya. Tune up mobil membutuhkan waktu sekitar 1 jam tergantung dengan permasalahan mobilmu. Semakin detail pengerjaannya tentu akan semakin membutuhkan waktu yang lebih lama.

Berikut ini biaya tune up mobil berdasarkan jenis mobil yang digunakan:

  • Biaya tune up mobil Xenia baik manual maupun otomatis, sekitar Rp 612.000 untuk servis berkala 30.000 km, 50.000 km, 70.000 km, dan 90.000 km.
  • Biaya tune up mobil Honda Brio dimulai Rp 250.000 (di luar spare part oli mesin dan filter oli).
  • Biaya tune up mobil Avanza sekitar Rp 300.000 – Rp 1.000.000 tergantung dengan kerusakaan kendaraanmu.

Baca Juga: Jadi Ini Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat Diam

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan