Rem Mobil Matic Blong Lebih Sering Terjadi, Benarkah?

Pada dasarnya, tidak sedikit yang menyebutkan bahwa rem mobil matic blong lebih sering terjadi. Padahal, rem merupakan komponen yang cukup penting dalam berkendara. Nah apabila rem tersebut tidak berfungsi dengan baik, tentu bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan. Bahkan, banyak pula yang menyatakan bahwa saat pengereman pada mobil matic bermasalah maka cukup sulit untuk dihentikan. Namun, benarkah demikian? Simak berikut ini penjelasannya.

Penyebab Rem Mobil Matic Blong

Dalam hal ini, ternyata rem blong bukan hanya dialami oleh kendaraan besar saja. Akan tetapi, rem blong juga dapat terjadi pada mobil matic. Sebab, mobil matic sendiri dari sisi pengunaan remnya jauh lebih sering dibandingkan dengan mobil yang menggunakan transmisi manual. Hal inilah yang membuat kampas rem menjadi lebih sering habis.

Nah keausan kampas rem pada mobil matic tersebut, bila diamati memang cukup wajar terjadi. Sebab, rem merupakan salah satu komponen yang bisa kamu andalkan saat berkendara dengan menggunakan mobil jenis ini. Mulai dari akan bergerak, memperlambat laju kendaraan sampai dengan berhenti pun tentunya kamu akan menginjak pedal rem tersebut. Hal ini yang membuatnya cukup berbeda dibandingkan dengan mobil yang menggunakan transmisi manual.

Mengatasi Rem Blog Pada Mobil Matic

Cara Mengatasi Rem Blong Pada Mobil Matic

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rem mobil matic blong. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Nyalakan Lampu Hazard

Nah untuk memberi tanda kepada pengendara lainnya, sebaiknya kamu segera untuk menyalakan lampu hazard pada mobil kamu bila hal tersebut terjadi. Hal ini dilakukan agar pengendara lain mengetahui dan segera memberikan jalan untuk mobil kamu. Akan tetapi yang pasti, berusahalah untuk tetap tenang sehingga kamu bisa mengambil langkah tepat untuk mengatasi rem blong ini.

Turunkan Secara Perlahan Posisi Gigi

Setelah itu, pindahkan tuas transmisi mobil kamu dari posisi “D” ke posisi “S” atau 2. Nah apabila sudah berada di posisi S, maka mobil akan mulai sedikit berkurang kecepatannya. Langkah selanjutnya, kamu bisa memindahkan tuas pada posisi L atau gigi terendah pada mobil matic kamu.

Jika sudah berada di posisi L, maka mobil akan melaju dengan perlahan. Dalam hal ini yang perlu menjadi catatan, yakni agar kamu tidak langsung memindahkan gigi ke posisi “L” atau 1 untuk mobil matic. Sebab, ada kemungkinan putaran mesin bakal sangat tinggi ketika kamu menurunkan posisi gigi. Dengan demikian, sangat berbahaya jika kamu melakukan hal tersebut.

Tarik Tuas Rem Tangan Secara Perlahan

Sama halnya seperti penjelasan sebelumnya, dalam menarik tuas rem tangan maka kamu juga harus melakukannya secara perlahan. Hal ini agar mobil tidak terpanting akibat pengereman yang dilakukan secara mendadak. Lakukan secara pelan hingga mobil kamu dapat berhenti.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan