Kategori: Tips Otomotif

Rem Mobil Matic Blong Lebih Sering Terjadi, Benarkah?

Pada dasarnya, tidak sedikit yang menyebutkan bahwa rem mobil matic blong lebih sering terjadi. Padahal, rem merupakan komponen yang cukup penting dalam berkendara. Nah apabila rem tersebut tidak berfungsi dengan baik, tentu bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan. Bahkan, banyak pula yang menyatakan bahwa saat pengereman pada mobil matic bermasalah maka cukup sulit untuk dihentikan. Namun, benarkah demikian? Simak berikut ini penjelasannya.

Penyebab Rem Mobil Matic Blong

Dalam hal ini, ternyata rem blong bukan hanya dialami oleh kendaraan besar saja. Akan tetapi, rem blong juga dapat terjadi pada mobil matic. Sebab, mobil matic sendiri dari sisi pengunaan remnya jauh lebih sering dibandingkan dengan mobil yang menggunakan transmisi manual. Hal inilah yang membuat kampas rem menjadi lebih sering habis.

Nah keausan kampas rem pada mobil matic tersebut, bila diamati memang cukup wajar terjadi. Sebab, rem merupakan salah satu komponen yang bisa kamu andalkan saat berkendara dengan menggunakan mobil jenis ini. Mulai dari akan bergerak, memperlambat laju kendaraan sampai dengan berhenti pun tentunya kamu akan menginjak pedal rem tersebut. Hal ini yang membuatnya cukup berbeda dibandingkan dengan mobil yang menggunakan transmisi manual.

Mengatasi Rem Blog Pada Mobil Matic

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rem mobil matic blong. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Nyalakan Lampu Hazard

Nah untuk memberi tanda kepada pengendara lainnya, sebaiknya kamu segera untuk menyalakan lampu hazard pada mobil kamu bila hal tersebut terjadi. Hal ini dilakukan agar pengendara lain mengetahui dan segera memberikan jalan untuk mobil kamu. Akan tetapi yang pasti, berusahalah untuk tetap tenang sehingga kamu bisa mengambil langkah tepat untuk mengatasi rem blong ini.

Turunkan Secara Perlahan Posisi Gigi

Setelah itu, pindahkan tuas transmisi mobil kamu dari posisi “D” ke posisi “S” atau 2. Nah apabila sudah berada di posisi S, maka mobil akan mulai sedikit berkurang kecepatannya. Langkah selanjutnya, kamu bisa memindahkan tuas pada posisi L atau gigi terendah pada mobil matic kamu.

Jika sudah berada di posisi L, maka mobil akan melaju dengan perlahan. Dalam hal ini yang perlu menjadi catatan, yakni agar kamu tidak langsung memindahkan gigi ke posisi “L” atau 1 untuk mobil matic. Sebab, ada kemungkinan putaran mesin bakal sangat tinggi ketika kamu menurunkan posisi gigi. Dengan demikian, sangat berbahaya jika kamu melakukan hal tersebut.

Tarik Tuas Rem Tangan Secara Perlahan

Sama halnya seperti penjelasan sebelumnya, dalam menarik tuas rem tangan maka kamu juga harus melakukannya secara perlahan. Hal ini agar mobil tidak terpanting akibat pengereman yang dilakukan secara mendadak. Lakukan secara pelan hingga mobil kamu dapat berhenti.

Pos Terbaru

Kesulitan Buka Baut Velg, Hindari dengan 4 Tips Ini!

Baut (lug nut) velg merupakan komponen yang sangat penting walaupun ukurannya terbilang kecil. Baut velg… Read More

19 jam lalu

Perbedaan Poles,Waxing, dan Sealant pada Cat Mobil

Mobil yang ingin tampil kinclong tak cukup jika hanya dicuci saja. Kamu juga bisa melakukan… Read More

2 hari lalu

Ketahui Fungsi Towing Bar Pada Mobil

Towing bar merupakan salah satu aksesoris atau perlengkapan menderek yang digunakan beberapa orang untuk pemilik… Read More

3 hari lalu

Jenis-Jenis Antena Mobil yang Beredar di Pasaran

Antena mobil digunakan untuk menangkap sinyal pada perangkat elektronik yang berada di dalam mobil, seperti… Read More

4 hari lalu

“Ingat Velg, Ingat HSR” Official Theme Song HSR Wheel

HSR Wheel telah meluncurkan official theme song-nya yang berjudul “Ingat Velg, Ingat HSR”. Lagu ini… Read More

5 hari lalu

Cairan Water Repellent, Bikin Kaca Mobil Lebih Jelas Saat Hujan

Kaca mobil merupakan salah satu komponen penting penunjang keselamatan saat berkendara. Sebab, hal ini sangat… Read More

6 hari lalu