Fungsi Blower AC Mobil dan Cara Kerjanya

Fungsi Blower AC Mobil

Fungsi Blower AC Mobil – Sistem pendingin atau biasa disebut AC pada mobil perlu berjalan secara maksimal ketika digunakan. Tentu saja hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan suhu dingin yang cukup dan nyaman ketika berkendara. Namun, apakah Haiser semua tau tentang fungsi blower AC dan cara kerjanya? Berikut bisa kamu simak ulasan lengkapnya di bawah ini :

Fungsi Blower AC Mobil

Secara dasar, fungsi blower AC adalah untuk menghisap udara yang terdapat di sekitar blower. Udara ini akan dihembuskan ke dalam ruang kabin melalui siri-sirip evaporator. Dengan cara ini maka udara dapat melepaskan panas ke bagian Freon yang memiliki suhu lebih rendah. Jadi, udara yang masuk ke dalam kabin ini nantinya sudah pasti menjadi dingin ataupun sejuk.

Tentu saja banyaknya udara yang masuk ke dalam kabin ini tergantung dari kecepatan blower yang kamu atur. Dan hal itulah yang membuat AC dirasa sejuk ataupun dingin. Lalu, bagaimana cara kerja blower AC?

Cara Kerja Blower AC

Perlu diketahui, kehadiran blower AC memang sangat penting dalam sebuah sistem pendingin mobil. Blower ini sendiri terletak di bagian belakang evaporator. Namun, sebelum mengetahui cara kerjanya, ada baiknya kamu mengetahui dahulu komponen apa saja yang ada di dalam blower AC. Mulai dari blower, sekring, tahanan pengatur kecepatan, hingga saklar pengatur.

Sebenarnya cara kerja blower AC ini tidak sama. Semuanya tergantung dari pengaturan yang diatur oleh pengemudi itu sendiri. Jadi, ada cara posisi low, medium hingga high. Semuanya memiliki cara kerja yang berbeda, dan berikut cara kerja blower AC :

Posisi Low

Apabila pengaturan AC dalam posisi low atau rendah, maka arus angin akan mengalir dari kunci kontak ke bagian saklar blower evaporator. Nantinya akan masuk ke motor blower dan massa. Motor blower ini akan berputar secara lambat karena perlu melewati dua tahanan sekaligus. Ini lah yang mengakibatkan posisi low tidak menghasilkan angina yang terlalu dingin.

Posisi Medium

Untuk posisi medium, cara kerjanya adalah arus akan mengalir melalui satu tahanan saja. Jadi, arus yang mengalir ke motor blower akan menjadi semakin besar. Dan akhirnya kecepatan putaran akan menjadi lebih tinggi.

Posisi High

Apabila pengaturan blower pada posisi tertinggi, maka arus menuju motor bower tidak perlu melewati tahanan lagi. Dan artinya, arus akan menjadi lebih maksimal hingga putaran motor yang mencapai maksimal. Dan sudah pasti kamu yang berada di dalam mobil akan merasakan suhu dingin yang maksimal.

Dan itu dia fungsi blower AC dan cara kerjanya yang perlu kamu ketahui. Jadi, bisa ditarik kesimpulan bahwa blower ac ini sangat penting pada sebuah mobil. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan