Apakah Fungsi Fog Lamp & Headlamp Sama?

Fungsi Fog Lamp untuk menerangi jalanan berkabut

Lampu merupakan salah satu fitur terpenting bagi suatu kendaraan terutama saat malam hari ataupun cuaca mendung. Lampu mobil tidak hanya berperan sebagai penerang namun juga bisa digunakan untuk mempercantik tampilan luar mobil. Lampu mobil terdiri dari headlamp dan fog lamp.

Keduanya sama-sama berfungsi sebagai penerang saat di jalanan dan seringkali disamakan dari segi fungsinya. Namun apakah benar fungsi fog lamp sama dengan headlamp? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan di bawah ini sampai habis ya!

Baca Juga: Rear Foglamp : Fungsi dan Cara Kerjanya

Fungsi Fog Lamp

Fog lamp merupakan salah satu fitur keselamatan yang berfungsi untuk menerangi pengendara saat melewati jalanan yang berkabut atau hujan deras. Fitur ini sering digunakan saat cuaca hujan deras, berkabut, dan terdapat banyak asap. Namun, akhir-akhir ini, fitur fog lamp juga bisa digunakan pada malam hari untuk membantu pengemudi menerangi jalan.

Pada umumnya, fitur fog lamp dapat memancarkan jangkauan sekitar 10 meter dan sinarnya menyebar. Sehingga membuat pengemudi lebih waspada terhadap kondisi jalan di depannya, seperti jalan berlubang, ada marka jalan.  Namun, gunakan fitur fog lamp saat berada di kondisi jalan sepi, apabila kamu menggunakan saat berada di jalan raya akan membuat pengendara lain merasa silau dan tentunya sangat membahayakan keselamatan pengendara lain.

Fungsi Headlamp

Headlamp merupakan lampu utama yang berperan sebagai penerang. Headlamp telah memakai teknologi multireflektor. Headlamp terletak pada bagian depan mobil, diatas fog lamp. Pada beberapa mobil keluaran baru, headlamp sudah dilengkapi dengan proyektor. Akibatnya pancaran cahaya bertahan lama dan tidak menyorot langsung ke jalan sehingga lebih memudahkan pengemudi lain untuk melihat dari arah yang berlawanan.

Fungsi dari head lamp berbeda dengan foglamp. Meski sama-sama berfungsi sebagai penerang jalan. Headlamp berfungsi sebagai penerang utama jalan dan cahayanya lebih menyebar dari cahaya fog lamp. Namun masih banyak pengemudi mobil yang masih keliru menggunakan foglamp dan headlamp.

Sering kali banyak pengemudi mobil yang menyalakan foglamp dan headlamp secara bersamaan. Hal tersebut tentu akan berbahaya untuk pengemudi lainnya dan bisa membuat aki mobil menjadi lebih boros. Jenis headlamp banyak, ada bolham, halogen, HID (light irradiation distance) dan lampu mobil LED.

 

 

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan