Bingung Cara Mengemudi Mobil Listrik? Simak Informasi Ini!

cara mengemudi mobil listrik

Cara mengemudi mobil listrik bukanlah hal yang susah seperti yang kamu bayangkan. Malah mengemudi mobil listrik terbilang lebih mudah dibanding dengan mobil konvensional. Sehingga kamu tidak perlu takut untuk mencobanya meski hal ini merupakan sesuatu yang baru kamu pelajari.

Pada artikel kali ini, HSR Wheel akan membahas mengenai panduan cara mengemudi mobil listrik mulai dari bagaimana cara menghidupkan mesin, mengisi baterai, sampai mengerem. Jadi, simak artikel di bawah ini sampai habis ya!

Baca Juga: Apa Yang Membuat Akselerasi Mobil Listrik Lebih Optimal?

Cara Mengemudi Mobil Listrik

Berikut ini beberapa cara mengemudi mobil listrik. Simak artikel di bawah ini sampai habis!

1. Hidupkan Mobil

Cara menghidupkan mobil EV untuk setiap model sama. Mulai dari cara menekan tombol ‘Power‘ di dashboard untuk menghidupkan mobil atau cukup naik ke atas dengan kunci di Polestar. Kemudian pilih berkendara – biasanya melalui tuas persneling tradisional, mirip dengan yang kamu temukan di mobil otomatis.

2. Lepas Rem Tangan

Saat pengemudi mengerem mobil listrik, “regenerative brake” menarik energi dari momentum mobil. Listrik ini dikirim kembali ke baterai, jadi tidak ada energi yang terbuang.

Mengemudi dalam mode pengereman regeneratif berarti setiap kali kamu melepaskan pedal gas, mobil akan otomatis melambat lebih cepat daripada mobil pada umumnya.

Sebelum memindahkan transmisi dan melaju, pemilik kendaraan perlu melepas rem tangan atau tekan tombol rem parkir electronic terlebih dahulu.

Caranya adalah menurunkan tuas rem tangan, atau dengan menekan tombol rem parkir elektrik. Namun, perlu diingat bahwa pedal rem harus tetap diinjak saat melakukan hal ini agar mobil tidak bergerak.

3. Pindahkan Transmisi ke Posisi D

Setelah semua dirasa aman dan semua parameter siap, geser tuas atau tekan tombol ke posisi D, menunjukkan indikator posisi drive.

Sambil pelan-pelan menginjak pedal gas, lepas injakan rem agar mobil bisa berjalan. Dalam mengemudi mobil listrik hampir sama dengan mobil konvensional.

Hanya saja pada mobil listrik tidak ada rasio transmisi. Sehingga pengemudi harus tetap kontrol gas karena akselerasinya instan bisa berlari kencang dalam satu injakan.

4. Mengisi Baterai Mobil Listrik

Pengemudi disarankan untuk mengisi baterai maksimal 80 persen sebagai daya tahan. mengisi daya mobil listrik, Salah satu cara aman untuk mengisi baterai adalah mengisi daya dengan pengisian daya lambat di rumah. Arus dan suhu tinggi yang dihasilkan lewat pengisian daya cepat biasanya akan membuat ketahanan baterai sedikit menurun.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan