Fungsi Kabel Busi Mobil yang Perlu Diketahui

Fungsi Kabel Busi

Fungsi Kabel Busi – Busi adalah salah satu komponen yang sangat penting di dalam sistem pengapian mobil. Untuk bisa menjalankan kerjanya dengan baik, maka fungsi busi sendiri didukung oleh beberapa komponen pendukung lainnya. Salah satu komponen pendukung busi adalah kabel busi. Kabel busi ini sama seperti kabel lainnya, merupakan kumpulan serat konduktor yang dijadikan menjadi satu dan dilindungi oleh bahan isolator serta bertugas untuk menghantarkan arus listrik.

Lalu, apa saja fungsi kabel busi pada mobil ini? Dikutip melalui laman resmi Auto2000, berikut ulasan lengkapnya bisa kamu simak di bawah ini :

Apa Itu Kabel Busi?

Sistem pengapian pada mobil perlu percikan api untuk media pembakaran di dalam ruang bakar. Percikan api ini dihasilkan oleh busi dengan memanfaatkan lompatan electron. Lompatan electron pada busi mobil ini dapat terjadi karena adanya aliras listrik tegangan tinggi hingga 20 Kv.

Aliran listrik dengan tegangan tinggi ini datang dari koil dan menuju ke busi. Dan untuk bisa mengalirkan arus listrik tegangan tinggi, maka dibutuhkan alat yang mampu menghantarkan listrik dan tidak merusak komponen lain yang dilewatinya. Alalt tersebutlah yang dinamakan kabel busi.

Fungsi kabel busi pada mobil sendiri untuk mengalirkan arus listrik tegangan tinggi dari koil tanpa merusak komponen lain karena bagian luarnya dilindungi bahan isolator. Selain itu, bahan isolator yang ada pada kabel busi juga dapat meredam getaran dari gerakan arus listrik tegangan tinggi. Dengan kabel busi ini, maka arus listrik dari busi menuju distributor dan juga sebaliknya dapat mengalir tanpa hambatan.

Fungsi Kabel Busi Mobil

Dan apa saja kah fungsi dari kabel busi mobil ini? Fungsinya sendiri sudah jelas tidak jauh dari kelistrikan mobil. Berikut merupakan fungsi kabel busi mobil yang utama :

  1. Mengalirkan arus listrik dari busu menuju distributor.
  2. Mengalirkan arus listrik dari distributor menuju busi.
  3. Meredam getaran dari arus listrik dengan tegangan tinggi sehingga kebocoran arus dapat dicegah.

Kabel busi sendiri sangat memengaruhi performa busi. Tanpa adanya kabel busi yang baik, busi mobil tidak bisa menghasilkan percikap api yang digunakan pada sistem pembakaran mesin. Hal tersebut dikarenakan arus listrik dari distributor tidak mencapai busi. Dan dampaknya, hasil pembakaran menjadi tidak optimal dan mobil tidak akan bisa maju.

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan