3 Cara Merawat Busi Mobil Dengan Benar

Cara Merawat Busi Mobil

Cara merawat busi mobil sebenarnya cukup mudah. Namun sayangnya masih banyak pemilik mobil yang menyepelekan hal ini. Padahal, busi adalah salah satu komponen penting yang ada di sistem pengapian mobil. Jika mobil memiliki busi yang performanya tidak baik, maka sistem pengapian mobil pun tidak akan berjalan secara optimal.

Cara Merawat Busi Mobil

Pembakaran bahan bakar pada mobil juga akan terhambat. Untuk menjaga fungsi busi mobil berjalan dengan baik, maka bisa kamu simak cara merawat busi mobil di bawah ini :

1. Lakukan Pengecekan Kerak

Tahukah Haiser bahwa kamu dapat mengetahui kondisi busi melalui kerak (carbon fouling) yang menempel pada permukaan busi. Nah, dari lapisan kerak ini lah kamu bisa mengetahui apakah busi mobil memiliki masalah atau masih normal. Kamu cukup perhatikan warna dan ketebalan kerak yang menempel di bagian permukaan busi.

Apabila kamu melihat ada tumpukan kerak hitam pada bagian kepala busi, maka sudah bisa dipastikan busi mobil kamu mengalami masalah. Tumpukan kerak ini akan membuat daya tahan isolasi busi menjadi rendah, sehingga menghasilkan tegangan listrik dari koil yang rendah. Percikan api yang dihasilkan oleh busi juga akan melemah.

Bahkan untuk kasus yang lebih parah, adanya tupukan kerak ini dapat berisiko menyebabkan busi tidak menghasilkan percikan api sama sekali. Maka dari itu, perlunya pembersihan kerak secara rutin agar tidak terjadi penumpukan.

2. Hindari Bersihkan Kerak Dengan Amplas

Lalu, bagaimana cara membersihkan kerak pada permukaan busi? Kamu pasti pernah mendengar tentang tips membersihkan kerak busi dengan amplas atau sikat kawat. Ada baiknya, kamu tidak mengikuti cara tersebut.

Amplas dan juga sikat memiliki sifat abrasif. Apabila kamu menggunakan dua alat tersebut pada busi, maka dapat mengikis permukaan busi itu sendiri. Terlebih apabila kamu menggunakan amplas dengan kuat, bisa dipastikan lapisan luar busi akan terkikis bersama dengan kerak.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan sikat gigi untuk membersihkan busi. Bulu sikat gigi yang halus ini tidak akan mengikis permukaan busi. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan semprotan angin untuk melepaskan kerak. Setelah sudah dibersihkan, seka busi dengan menggunakan lap microfiber kering untuk menghilangkan air yang menempel.

3. Cek Kerapatan Busi

Selain lapisan ketak busi, kamu juga perlu meeriksa kerapatan kepala busi. Pengcekan ini bisa kamu lakukan bersamaan dengan melakukan penggantian oli. Alasan mengapa kerapatan kepala busi perlu dilakukan pemeriksaan adalah karena selama digunakan, busi akan berubah kerapatannya. Kerapatan busi ini sangat memengaruhi dari konsumsi daya listrik. Semakin renggang busi, maka semakin besar juga daya listrik yang diperlukan.

Jadi, apabila kerapatan busi sudah mulai menurun, maka kamu bisa melakukan penyetelan ulang. Namun, apabila kerapatan yang terjadi sudah terlalu renggang, maka ada baiknya segera dilakukan penggantian.

Dan itu dia cara merawat busi mobil yang bisa kamu ikuti dengan mudah. Lakukan langkah di atas dengan benar untuk mendapat hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan