Kenapa Velg Mobil Perlu Diganti?

Kenapa velg mobil perlu diganti

Velg mobil merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki peran penting dalam suatu kendaraan. Fungsinya sebagai tempat roda terpasang dan penopang mobil. Saat ada kerusakan pada bagian velg, maka akan berpengaruh pada roda dan gerak mobil secara keseluruhan. Selain itu, velg mobil juga bisa mempercantik penampilan mobil. Sehingga akan terlihat lebih cantik dari sebelumnya.

Oleh sebab itu, banyak ahli otomotif yang menyarankan kepada pemilik mobil untuk mengganti velg mobil meskipun belum mengalami kerusakan. Pada artikel kali ini, HSR Wheel akan membahas alasan mengapa perlu ganti velg mobil. Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui alasan mengapa perlu ganti velg mobil.

Baca Juga: Velg Mobil Kamu Sering Panas? Ini Dia Penyebabnya!

Alasan Kenapa Velg Mobil Perlu Diganti

velg hsr ring 14
velg hsr ring 14

Velg mobil berperan penting dalam keseimbangan dan kenyamanan mobil. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menggantinya apabila mengalami kerusakan atau sudah tidak nyaman dipandang. Berikut ini 2 alasan mengapa kamu perlu mengganti velg mobil baik dari segi esensial maupun estetika.

1. Segi Esensial

Velg mobil perlu diganti apabila sudah rusak, pecah, retak, maupun peyang. Karena velg mobil yang sudah peyang, pecah, retak, atau rusak bisa membuat keseimbangan mobil terganggu. Sehingga mobil akan kehilangan keseimbangannya dan bahkan bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Meski tidak langsung bersentuhan dengan jalan namun velg sangat memiliki hubungan yang dekat dengan ban mobil. Velg yang rusak akan mempengaruhi performa ban mobil. Sehingga ban mobil menjadi kehilangan keseimbangannya.

2. Estetika

Alasan kedua dari segi estetika. Velg mobil yang sudah terlihat kuno, kusam, atau tidak menarik lagi untuk dipandang. Sebaiknya segera diganti ke model velg mobil yang lebih modern, sporty, racing, elegan, dan lain sebagainya. Meski velg tersebut belum mengalami keretakan, pecah, ataupun peyang namun dari segi estetika kurang nyaman untuk dilihat.

Pada umumnya, orang-orang mengganti velg mobil bukan karena velg tersebut sudah rusak namun karena velg bawaan dari pabrik dinilai kurang menarik. Sehingga, para pemilik mobil memilih untuk menggantinya dengan velg aftermarket agar terlihat lebih gagah, mempesona, menawan, mewah, ataupun sporty sesuai dengan seleranya masing-masing.

Bahkan ada beberapa orang yang rela custom velg mobil agar desain velg miliknya tidak sama dengan milik orang lain. Kamu bisa membeli velg aftermarket atau custom velg mobil di HSR Wheel. Kenapa harus di HSR Wheel? Karena produk HSR Wheel sudah bersertifikat SNI, JWL, maupun VIA. Selain itu, HSR Wheel juga telah memiliki 1000 lebih model velg mobil dan bisa custom desain velg mobil sendiri. Sehingga bisa menyesuaikan dengan selera kamu.

Nah, itu dia dua alasan kenapa sih perlu mengganti velg mobil. Apabila kamu menyukai hal-hal yang estetika, maka kamu perlu mengganti velg mobil setiap 1 tahun atau 2 tahun sekali untuk mengupgrade model velg mobil terbaru. Namun, bagi kamu yang lebih mementingkan nilai fungsi maka rajin-rajin untuk merawat dan mengganti velgnya apabila mengalami retak, peyang, ataupun pecah karena akan mengurangi performa mobil.

Baca Juga: Ganti Velg Mobil Jadi Boros?

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan