Hindari 5 Hal Ini Saat Pakai Mobil Transmisi Matik

Saat ini, hampir semua orang memilih transmisi matik saat membeli mobil. Hal ini terjadi karena pemakaiannya yang lebih mudah dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual. Untuk mengoperasikannya lebih mudah dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual. Kamu hanya perlu menekan tombol yang ada di tuas transmisi kemudian menggesernya.

Selain itu, mobil bertransmisi matik juga banyak dipilih karena kondisi jalanan di Indonesia seperti jalanan di Jakarta sudah semakin ramai dan macet. Hal ini yang membuat banyak orang beralih dari mobil manual ke mobil bertransmisi matik .

Jangan Lakukan 5 Hal ini pada Mobil Transmisi Matik

Namun, di balik pemakaiannya yang mudah kamu tidak boleh sembarangan dalam memakainya. Maka dari itu, kamu harus tahu bagaimana cara memakai mobil bertransmisi matik dengan benar serta perawatannya.

Jangan Lakukan 5 Hal ini pada Mobil Transmisi Matik

Banyak orang mengatakan bahwa merawat mobil bertransmisi matik itu sulit dibandingkan mobil dengan transmisi manual. Memang benar sulit karena jika salah satu komponen rusak, bisa merembet ke komponen transmisi lainnya. Untuk menghindarinya, kamu perlu ketahui apa saja hal yang tidak boleh dilakukan pada mobil transmisi matik.

Jangan Pindahkan ke Transmisi ke Posisi Netral di Jalan Menurun

Beberapa orang berpikir bahwa mobil bertransmisi matik bisa menjadi lebih hemat bahan bakar ketika memasukkan gigi netral di jalan menurun. Padahal cara ini termasuk yang salah, jika sering dilakukan bisa membabkan transmisi jebol karena pompa oli dan lainnya tetap bekerja.

Pastikan Mobil Berhenti Saat Ingin Mengganti Gigi

Ketika ingin memindahkan gigi ‘R’ ke posisi ‘D’ atau sebaliknya, sebaiknya kamu pastikan mobil sampai benar-benar berhenti. Sebab, jika kamu langsung memindahkan transmisi mobil akan langsung berhenti mendadak dan hal tersebut akan merusak komponen transmisinya.

Mobil Jangan Langsung Digeber

Beberapa orang yang memiliki mobil matik, mempunyai kebiasaan menginjak pedal gas yang cukup dalam pada posisi netral kemudian langsung memindahkannya ke posisi drive. Hal ini cukup berisiko merusak komponen transmisi serta sistem clutch mobil kamu.

Saat Lampu Merah Pindahkan Gigi ke Posisi Netral

Ketika lampu merah ataupun sedang macet, ada baiknya kamu memindahkan tuas transmisi ke posisi netral. Sebab, jika tidak kamu pindahkan oli transmisi akan terus bekerja namun kendaraan dan membuat komponen transmisi cepat aus.

Jangan Pindahkan Gigi Pada Posisi ‘P’ Jika Mobil Belum Berhenti

Saat ingin memarkir mobil, kamu perlu memastikan mobil sudah berhenti sepenuhnya sebelum memindahkan tuas ke posisi ‘P’. Sebab tugas gigi ‘P’ bukanlah untuk mengerem melainkan untuk mengunci transmisi pada saat parkir. Jika kamu memindahkan tuas ‘P’ ketika mobil masih berjalan dapat berisiko memperpendek umur transmisi bahkan bisa merusaknya.

Jadi itulah lima hal yang jangan kamu lakukan saat menggunakan mobil dengan transmisi matik. Jika kamu pernah salah satu dari hal tersebut, mulai sekarang harus segera menghindarinya. Jangan biarkan kemudahan berkendara dengan mobil matik kamu menjadi menyeramkan karena transmisi rusak dan membuat kantong kamu terkuras.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan