Ini Dia Daya Tahan Baterai Mobil Listrik!

Ini Dia Daya Tahan Baterai Mobil Listrik !

Saat ini telah beredar berbagai jenis mobil listrik dengan harga yang bermacam-macam. Mulai dari ratusan sampai miliaran tergantung jenis mobilnya. Meski harganya lebih mahal dibanding mobil konvensional, pemerintah turut mensubsidi harga mobil listrik. Tujuannya agar masyarakat beralih menggunakan mobil listrik,

Dengan begitu, bisa mengurangi terjadinya polusi udara yang ada saat ini. Sehingga tidak heran dengan adanya subsidi dari pemerintah, membuat jumlah permintaan mobil listrik melonjak naik. Oleh karenanya, untuk memenuhi kebutuhan pasar, berbagai perusahaan otomotif terus berinovasi mulai dari fitur-fitur mobil sampai kapasitas daya baterai atau listrik.

Lantas, seberapa besar daya tahan baterai mobil listrik itu dan berapa lama usia baterai mobil listrik? Simak artikel di bawah ini untuk menemukan jawabannya!

Usia dan Daya Tahan Baterai Mobil Listrik

Usia dan daya ketahanan baterai mobil listrik berbeda-beda tergantung dengan jenis dan setelan kendaraannya. Namun, pada umumnya usia rata-rata baterai mobil listrik berkisarĀ  antara 10-15 tahun atau setara dengan 200 ribu kilometer.

Selain itu, usia baterai mobil listrik juga dipengaruhi oleh jenis baterai yang dipakai. Rata-rata mobil listrik memakai baterai jenis lithium ion. Baterai iniĀ akan mengalami siklus pengosongan ketika digunakan dan untuk mengisi hanya perlu dicolokkan ke SPKLU.

Tidak hanya itu saja, daya ketahanan mobil listrik juga dapat dipengaruhi oleh suhu. Suhu udara yang terlalu dingin atau panas bisa pengaruh terhadap usia baterai. Ketika suhu panas, masa pemakaian baterai akan lebih boros dari biasanya.

Selain dipengaruhi oleh suhu, pengisian baterai juga berpengaruh terhadap perubahan kimiawi di dalam baterai mobil listrik. Hal ini akan berpengaruh terhadap efisiensi penyimpanan energi sehingga baterai cenderung lebih cepat terkuras.

Mobil listrik rata-rata mempunyai baterai yang dapat dipakai sampai 1000 kali isi ulang penuh. Meski begitu, usia baterai akan berkurang setiap tahunnya meskipun masih tetap bisa dipakai. Baterai mobil listrik yang telah mencapai 1000 kali isi ulang penuh biasanya akan tidak optimal lagi dan kemampuannya berkurang sampai 40 persen.

Selain faktor di atas, usia dan ketahanan baterai mobil listrik juga tergantung dari jenis kendaraan. Oleh karenanya, beberapa perusahaan mobil listrik memberikan garasi penggantian baterai mobil listrik secara gratis, namun kamu juga harus membayar biaya berlangganan setiap bulannya.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan