Ban Mobil Listrik dan Konvensional, Apakah Berbeda?

Ban Mobil Listrik dan Konvensional

Mobil listrik merupakan suatu kendaraan yang menggunakan bahan bakar listrik yang disimpan dalam baterai sebagai sumber penggeraknya. Sedangkan sumber penggerak mobil konvensional berasal dari bahan bakar bensin. Dengan perbedaan tersebut, apakah ban yang digunakan oleh mobil listrik sama dengan mobil konvensional?

Menurut beberapa sumber, ban yang digunakan oleh kendaraan listrik berbeda dengan konvensional. Ada beberapa alasan kenapa mobil listrik menggunakan ban yang dirancang khusus oleh pabriknya.

Salah satunya karena alasan keamanan dan kenyamanan pengemudi yang menjadi landasan perusahaan otomotif merancang khusus ban untuk kendaraan listrik. Meski boleh-boleh saja, jika mobil listrik memakai ban biasa. Namun, tapak alur ban mobil akan cepat habis. Sehingga disarankan untuk menggunakan ban khusus. Agar lebih jelas lagi, simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya!

Alasan Kenapa Mobil Listrik Menggunakan Ban Khusus

Berikut ini beberapa alasan mobil listrik sebaiknya menggunakan ban khusus. Simak ya ulasan di bawah ini!

1. Bobot

Mobil listrik memiliki bobot yang lebih besar dari mobil konvensional karena kapasitas baterai yang cukup besar. Bobot baterai dapat mencapai ratusan kilogram sehingga akan menambah beban kepada dinding ban. Oleh karena itu, konstruksi ban mobilnya juga dibuat lebih kuat agar sanggup menerima bobot mobil yang ekstra berat.

2. Torsi

Pada umumnya, mobil listrik membutuhkan torsi yang lebih besar dari mobil konvensional. Sebab torsi besar ini membutuhkan traksi besar pada ban sehingga bisa mendorong stress lebih besar pada telapak bannya. Oleh karenanya ban khusus kendaraan listrik dirancang agar bisa memenuhi torsi tersebut.

3. Tingkat Kebisingan

Salah satu kelebihan dari mobil listrik adalah kabin mobil yang senyap. Sehingga kamu tidak akan mendengar suara bising dari mesin. Sehingga diperlukan juga ban mobil yang tidak mengeluarkan suara saat digunakan.

Setelah kamu membaca beberapa alasan di atas, kamu lebih milih membeli mobil listrik atau konvensional? Agar tidak salah memilih. Baca artikel HSR Wheel yang berjudul Mobil Listrik VS Mobil Bensin, Kamu Pilih Yang Mana?”

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan