Jenis Ban Mobil Ini, Cocok Banget Digunakan Saat Musim Hujan

Jenis Ban Mobil Yang Cocok Digunakan Saat Musim Hujan

Ban mobil merupakan salah satu komponen terpenting saat berkendara yang berfungsi untuk menahan beban dan meredam guncangan. Salah pilih ban mobil bisa membuat kendaraan menjadi tidak optimal. Apalagi jika musim hujan, rawan terjadi kecelakaan karena kondisi jalan yang licin. Sehingga dibutuhkan konsentrasi yang tinggi untuk mencegah terjadinya segala macam hal yang tidak diinginkan di jalan.

Sebab ketika musim hujan, grip roda ke permukaan jalan menjadi berkurang, dan dapat berpotensi terjadi aqua planing. Terutama apabila kendaraan kamu melaju terlalu kencang pada permukaan jalan yang tergenang air.

Pemilihan tapak ban mobil yang kurang tepat malah akan memperburuk keadaan khususnya saat hujan. Oleh karena itu, pada artikel kali ini HSR Wheel akan memberitahu jenis ban mobil yang bisa kamu gunakan saat musim hujan tiba. Simak artikel di bawah ini sampai habis ya teman-teman HSR Wheel!

Baca Juga: 15 Rekomendasi Toko Ban Mobil Terdekat di Jakarta

3 Jenis Ban Mobil Yang Tepat Dipakai Saat Musim Hujan

Ban mobil terdiri dari berbagai jenis, namun pada artikel kali ini HSR akan membahas mengenai jenis ban mobil yang tepat dipakai saat musim hujan tiba. Simak artikel di bawah ini sampai habis  yaa!

1. Symmetrical Tread 

Symmetrical tread
Symmetrical tread

Symmetrical tread atau biasa dikenal dengan pola ban simetris. Ban mobil dengan pola simetris sering kali dijumpai dan digunakan oleh pemilik mobil pada umumnya. Pola ban ini tampil simetris dari sisi bagian dalam dan luar yang mengelilinginya dengan motif desain serupa. Tujuannya untuk memudahkan saat membelah air.  Pada umumnya, ban mobil yang memiliki pola seperti ini akan lebih hening dan nyaman digunakan.

2. Asymmetrical Tread

Asymmetrical tread
Asymmetrical tread

Asymmetrical tread atau pola ban asimetris. Pola ban yang seperti ini seolah menyatukan dua ban karena pola bagian dalam dan luar berbeda. Pola ban bagian luar pada umumnya lebih sedikit dibandingkan dengan sisi bagian dalam. Tujuannya untuk memberikan daya cengkeraman lebih baik saat kondisi permukaan kering maupun basah.

Pada saat kondisi permukaan jalan kering, daya cengkeraman menjadi sangat optimal ketika digunakan untuk menikung atau berganti jalur. Namun, kamu harus benar-benar memperhatikan cara memasang ban mobil dengan pola asimetris.

Karena pada ban mobil dengan pola ini terdiri dari dua bagian, yaitu bagian luar dan dalam. Sehingga kamu diharapkan untuk memasang dengan tepat karena akan mempengaruhi performa kendaraan dan berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan.

3. Directional (Tapak Ban Searah)

Directional
Directional

Ban mobil dengan tapak seperti ini seolah-olah berbentuk V. Hal ini berguna untuk membelah air saat terjadi genangan sehingga bisa mengurangi terjadinya aqua planning. Pola ban ini mempunyai drip yang lebih baik digunakan saat kondisi jalan kering.

Pada saat musim hujan, yang harus diperhatikan adalah kondisi rem mobil. Saat terjadi genangan air, injak rem mobil agar disc brake tetap kering. Namun hal ini sulit untuk dilakukan karena harus menjaga jarak dengan kendaraan yang berada di depannya saat ingin mengerem.

Kesimpulan

Berdasarkan artkel di atas dapat disimpulkan bahwa kondisi jalan yang licin tentunya membuat pengendara harus ekstra hati-hati. Karena dapat menyebabkan terjadinya aqua planning. Oleh karena itu, penting sekali untuk memilih pola ban mobil yang tepat.

Terdapat tiga jenis ban mobil yang bisa kamu gunakan saat musim hujan, yaitu pola ban simetris, asimetris, dan directional. Kamu bisa membeli ketiga jenis ban mobil pada diler-diler HSR Wheel yang sudah tersebar di seluruh kota. Seluruh diler HSR Wheel menyediakan ketiga ban tersebut dengan merek Accelera, Forceum. Zeetex dan Yokohama. Semua transaksi pembelian ban minimal 1 buah sudah termasuk gratis pasang, balancing, dan juga nitrogen.

Baca Juga: Apakah Ukuran Ban Mobil Harus Sama Persis?

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan