Jenis Ban Offroad Beserta Rekomendasinya, Mulai Dari 695 Ribu!

Jenis Ban Offroad

Jenis ban offroad, seperti AT, MT, atau Extreme cocok digunakan untuk melalui jalanan berkelok-kelok. Mengendarai mobil di jalan berpasir, berbatu, atau berlumpur menjadi salah satu hal menyenangkan. Khususnya bagi kamu yang suka petualangan. Namun, sebelum berpetualangan di medan offroad. Penting sekali untuk mempertimbangkan ban mobil yang akan dipakai. Sebab salah memilih ban mobil akan menganggu kestabilan mobil.

Ada banyak jenis ban offroad di pasaran dengan desain dan ukuran yang berbeda-beda. Mulai dari merek lokal maupun luar. Nah, bagi kamu yang ingin membelinya, sebaiknya harus mempertimbangkan dari segi kualitas bannya tersebut. Jangan hanya dari harganya saja.

Pada artikel kali ini, HSR Wheel akan membahas mengenai jenis ban offroad besaran rekomendasinya. Jadi simak ulasan di bawah ini sampai habis ya!

Jenis Ban Offroad

Ada 3 jenis ban offroad, yaitu  MT (Mud Terrain), AT (All Terrain), dan Extreme. Ketiganya memiliki fungsi yang berbeda. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. MT (Mud Terrain)

Mud Terrain atau yang biasa disingkat MT merupakan salah satu jenis ban offroad yang biasa dipakai oleh masyarakat. Ban ini dirancang khusus untuk medan yang berlumpur. Tapi bukan hanya itu, ban ini juga memiliki desain khusus yang membuatnya cocok untuk medan-medan lain yang sulit, seperti di tambang atau kebun.

Ketika kamu lihat lebih dekat, alas kaki atau tapak ban Mud Terrain ini punya tekstur yang bergerigi dan kasar. Ini beda banget dengan ban jenis AT yang lebih halus. Nah, karena tekstur kasarnya ini, ban MT punya cengkeraman atau grip yang kuat di medan offroad. Tapi di sisi lain, tekstur kasar ini justru bisa jadi kurang nyaman kalau dipakai di jalan raya biasa, seperti aspal. Karena gak sehalus ban lainnya.

Kemudian, kalau bicara soal siapa yang paling sering pakai ban jenis ini, jawabannya adalah para penggemar mobil besar seperti SUV atau jeep. Mobil-mobil ini memang dirancang untuk petualangan. Bahkan, ban jenis ini juga sering jadi pilihan utama para pembalap offroad.

2. All Terrain (AT)

AT

Ban AT ini sebenarnya seperti dua dunia dalam satu ban. Kenapa? Karena ban ini dirancang untuk bisa lewat di jalan offroad yang medannya gak terlalu ekstrem, tapi di saat yang sama juga nyaman buat dipakai di jalan kota yang mulus. Bayangin aja kamu bisa naik gunung paginya, lalu sorenya jalan-jalan di pusat kota tanpa harus ganti ban.

Meski serbaguna, ban All Terrain punya batasan. Kalau kamu mau lewatin jalanan yang penuh lumpur tebal atau jalan berbatu-batu besar, jenis ban offroad ini kurang cocok. Sebab, tapaknya gak sekeras ban Mud Terrain.

Bicara soal tapak kalau kamu perhatikan, tapak ban AT ini lebih halus daripada MT. Artinya, kalau kamu pakai ban ini di jalan kota, mobil kita gak akan terlalu berisik. Meski lebih halus, ban ini tetap aja agak keras dan kadang bisa bikin suara, terutama kalau jalanannya gak terlalu rata.

3. Extreme

Kalau denger namanya extreme, sudah kebayang kalau ban ini bener-bener akan membuat petualangan super berat? Ban jenis ini adalah pilihan tepat buat kamu yang suka tantangan. Dengan ban extreme, jalanan offroad yang penuh lumpur kental atau batu-batu besar gak bakal jadi masalah. Ini karena desain dan bahan ban ini memang khusus untuk menghadapi medan-medan yang paling ekstrem.

Tapi, meskipun ban ini dirancang buat medan terberat, ternyata ban ini juga masih bisa dipakai buat jalan-jalan di kota. Jadi kalau misalnya hari ini kamu petualangan di gunung, besoknya masih bisa jalan-jalan santai di kota. Tapi, ada satu hal yang perlu diingat, kalau pakai ban extreme di kota, lebih baik jalan dengan kecepatan yang pelan. Kenapa? Biar ban kamu awet dan gak cepat aus.

Setelah kamu mengetahui tiga jenis ban offroad, yaitu Mud Terrain, All Terrain, dan Extreme. Tiap-tiap jenis ban punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Setelah ini, HSR Wheel akan membahas 7 rekomendasi ban offroad yang bisa kamu beli

Rekomendasi Ban Offroad

Setelah mengetahui tiga jenis ban offroad, berikut ini beberapa rekomendasi ban offroad yang bisa kamu beli. Simak ulasan di bawah ini sampai habis ya!

1. Forceum MT-08 Plus

Forceum MT-08 Plus

Forceum M/T-08 Plus dirancang khusus untuk kamu yang suka petualangan. Bagaimana tidak? Lihat saja desain tapak ban nya. Dia punya blok-blok besar yang disebut knobbly yang berguna untuk memberikan cengkeraman maksimal saat di medan sulit. Ditambah lagi dengan lekuk-lekuk dalam di setiap bloknya yang bisa membantu mengusir lumpur atau air agar ban tetap stabil.

Tapi itu belum semua. Ban ini juga memiliki apa yang disebut dengan tapak terbuka. Artinya desain tapak ban ini sengaja dibuat lebar dengan alur di bagian sisi yang membantu ban mendapatkan cengkeraman lebih di medan berat. Ada juga garis yang lurus di tengah-tengah tapak ban, yang disebut tulang rusuk tengah. Keunggulan dari fitur ini adalah memberikan kestabilan saat berkendara, baik itu di jalanan lurus maupun saat belok.

Nah, khusus untuk yang suka off-road atau melintasi medan berlumpur, Forceum MT-08 Plus ini cocok. Kenapa? Karena ban ini dibuat dengan konstruksi yang super kuat. Jadi, saat kamu melewati medan berlumpur. Khususnya di Indonesia yang terkenal dengan medan off-road yang menantang, kamu gak perlu khawatir ban ini gampang rusak.

Harga Ban Offroad Forceum M/T-08 Plus mulai dari Rp 694.548 /satuan

2. Accelera MT-01

Accelera MT-01 adalah ban khusus buat kamu yang suka off-road atau jalan di medan lumpur. Ban ini punya desain keren dengan blok-blok khusus di bawahnya. Jadi, kalau kamu pakai ban ini, rasanya kayak ban mobil kita “nempel” di tanah.

Ada juga fitur khusus di ban ini yang namanya Open scalloped hump tread. Fitur ini berguna banget buat mengalirkan air dengan cepat dan buang-buang kotoran seperti batu atau lumpur yang nempel.

Salah satu hal yang bikin banyak orang suka ban ini adalah desainnya. Banyak yang bilang ban ini bisa bikin tampilan mobil jadi lebih keren. Plus, ban ini juga dibuat kokoh, jadi bisa lewat jalan berlumpur di Indonesia tanpa masalah.

Harga Ban Accelera MT-01 mulai dari Rp 1.767.366/satuan

3. Accelera Badak X-Treme

Accelera Badak X-Treme

Accelera Badak X-Treme adalah ban khusus yang didesain untuk mobil off-road atau 4×4. Jadi, bagi kamu yang suka berpetualangan atau menantang medan yang sulit, ban ini cocok banget buat kamu. Desain tapak ban-nya punya fitur khusus dengan blok-blok besar yang membantu mobil melewati jalanan berbatu, berlumpur, atau jalanan off-road lainnya dengan mudah. Ditambah lagi, sisi tepi ban ini diperkuat, jadi risiko bocor karena tusukan benda tajam bisa diminimalisir.

Tapi bukan cuma soal kemampuan off-road-nya aja yang bikin ban ini menarik. Desainnya yang keren dan unik bikin banyak orang memilih ban ini untuk mempercantik tampilan mobil mereka. Dengan memakai ban ini, mobil kamu bisa tampak lebih garang dan sporty, cocok buat kamu yang suka tampil beda.

Satu lagi keunggulan dari Accelera Badak X-Treme adalah kekuatan konstruksinya yang khusus dibuat untuk kondisi jalanan di Indonesia. Jadi, dari jalanan aspal di kota hingga jalan berlumpur di pedesaan, ban ini siap menemani petualangan kamu.

Harga Ban Accelera Badak X-Treme mulai dari Rp 2.376.000/satuan

4. Forceum Macan Pro-X

Forceum Macan Pro-X

Ban Forceum Macan Pro-X ini dirancang khusus untuk mobil yang suka petualangan di jalanan off-road atau 4×4. Jenis ban offroad ini punya blok-blok besar yang membantu mobil melewati jalan licin seperti berbatu, berpasir, atau berlumpur. Bahkan, ban ini bisa membersihkan dirinya sendiri dari lumpur yang menempel.

Desain ban ini bukan cuma keren, tapi juga fungsional. Bagian tepinya juga kuat dan diperkuat, jadi kamu gak perlu khawatir ban kamu cepat rusak karena kena benda tajam. Jadi, buat kamu yang suka tantangan di jalan off-road, Forceum Macan Pro-X bisa jadi pilihan tepat.

5. Zeetex  MT 1000

Zeetex  MT 1000

Ban Zeetex MT 1000 bukanlah ban sembarangan. Jenis ban offroad ini dirancang dengan sangat cermat untuk memberikan performa maksimal, terutama saat berhadapan dengan medan yang menantang. Dengan tiga lapisan poliester, ban ini memiliki ketahanan ekstra terhadap benturan-benturan keras yang mungkin sering dihadapi oleh kendaraan off-road.

Selain itu, bentuk gigi atau lug bergigi alternatif pada ban ini memberikan keunggulan khusus dalam mengusir lumpur. Jadi, saat Anda melaju di medan yang berlumpur, ban ini akan membersihkan dirinya sendiri dan tetap memberikan cengkeraman maksimal.

Namun, Zeetex MT 1000 tidak hanya tentang performa. Estetika atau penampilannya juga menjadi pertimbangan utama. Desain unik ban ini tentunya akan menambah kebanggaan bagi pemiliknya, sebab tidak hanya membuat kendaraan terlihat gagah, tetapi juga menonjol di antara yang lain. Banyak orang ingin mobil mereka tidak hanya fungsional, tapi juga tampil menawan, dan ban ini memenuhi kedua kriteria tersebut.

Tak kalah penting, meskipun memiliki segudang kelebihan, ban Zeetex MT 1000 ditawarkan dengan harga yang cukup bersahabat. Hal ini membuatnya menjadi pilihan favorit banyak orang, terutama bagi mereka yang memiliki ketertarikan khusus pada dunia modifikasi mobil. Dengan segala keunggulan dan harga terjangkau, tak heran jika ban ini menjadi salah satu yang paling banyak dicari dan digunakan oleh para pecinta otomotif di Indonesia.

7. Accelera Omikron A/T

Ban Accelera Omikron A/T adalah salah satu ban yang dirancang khusus untuk keawetan, jadi kamu nggak perlu sering-sering ganti ban. Selain itu, jenis ban offroad ini bisa membantu kamu untuk hemat bahan bakar, loh. Hal ini tentunya bisa menghemat pengeluaran kamu dalam jangka panjang.

Berikut ini beberapa keunggulan Accelera Omikron A/T, yaitu genggaman atau cengkeraman ban ini di jalan sangat bagus. Artinya, saat kamu berkendara, terutama di medan yang sulit atau licin, ban ini bisa memberikan keamanan ekstra. Kamu bisa merasa lebih stabil dan nyaman saat berkendara.

Desain atau tampilannya? Wah, ini nih yang bikin banyak orang tertarik. Ban ini punya desain yang menarik dan berbeda dari ban-ban lain. Jadi, buat kamu yang suka dengan tampilan mobil yang menarik dan berbeda, ban ini cocok banget. Pasti banyak yang ngelirik mobil kamu!

Kualitasnya juga oke punya. Dia dibuat kuat dan tangguh untuk hadapi berbagai jenis jalan di Indonesia, baik itu jalan aspal di kota maupun jalan berbatu atau berlumpur di daerah pegunungan atau pedesaan. Jadi, buat kamu yang suka petualangan atau sering bepergian ke berbagai tempat, ban ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Harga Accelera Omikron A/T mulai dari Rp 990.000

8. Accelera AT 70/75

Ban Accelera AT 70/75 adalah ban yang pas untuk berbagai jenis jalan. Ban ini punya desain blok khusus yang bikin mobil kamu punya genggaman bagus di jalan, jadi nggak mudah terpeleset. Jadi, di mana pun kamu berkendara, di jalan kota yang rata atau medan yang lebih menantang, ban ini bisa diandalkan. Ditambah lagi, ban ini bikin jalannya stabil dan nggak berisik, sehingga perjalanan kamu jadi lebih nyaman.

Ban ini juga punya tampilan yang menarik. Banyak orang memilih ban ini bukan cuma karena fungsinya yang bagus, tapi juga karena desainnya yang beda dan keren. Buat yang hobi modifikasi mobil atau yang ingin mobilnya terlihat lebih gaya, ban ini bisa jadi pilihan.

Selain itu, ban Accelera AT dibuat tahan lama, jadi cocok untuk segala medan di Indonesia. Yang bikin makin banyak orang suka, harganya juga nggak bikin kantong jebol. Jadi, buat kamu yang cari ban berkualitas dengan harga terjangkau, Accelera AT bisa jadi pilihan tepat.

Nah itu dia jenis ban offroad. Bagi kamu yang sedang mencari ban offroad, kamu bisa datang ke Toko HSR Wheel terdekat dari lokasimu. Selain menyediakan ban mobil, HSR Wheel juga menyediakan velg mobil. Keuntungan yang akan kamu dapatkan, yaitu gratis konsultasi, gratis balancing, gratis isi nitrogen.

Menarik bukan? Yuk segera kunjungi Toko HSR Wheel terdekat dari lokasimu dan segera klaim benefits-nya sekarang juga! Informasi selanjutnya, hubungi nomor WA CS di bawah ini!
Chat Disini

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan