Kaki-kaki Mobil: Pengertian, Komponen, dan Cara Merawatnya

kaki kaki mobil

Kaki-kaki mobil adalah serangkaian komponen mobil yang terletak pada bagian bawah. Komponen-komponen ini memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang kestabilan dan kenyamanan saat berkendara.

Kaki-kaki mobil terdiri dari beberapa bagian diantaranya ada suspensi, velg, ban, ball joint, bushing arm, bearing, peer, dan lain sebagainya. Semua komponen ini memiliki peran yang berbeda-beda. Ada yang berperan dalam menjaga kestabilan mobil, ada juga yang berperan dalam meredam getaran sambungan suspensi yang terjadi pada bagian kaki kaki mobil.

Nah agar lebih jelas mengenai apa itu kaki-kaki mobil, fungsi dari setiap komponen kaki-kaki mobil, dan bagaimana cara merawatnya. Simak informasi di bawah ini sampai habis ya!

Baca Juga: Waktu Ideal Untuk Mengisi Tekanan Angin Ban Mobil

Pengertian Kaki-kaki Mobil

Kaki-kaki mobil adalah serangkaian komponen mobil yang terletak di undercarriage atau di bawah kaki-kaki mobil yang berkaitan dengan roda. Kaki-kaki mobil terdiri dari beberapa komponen yang menunjang performa mobil.

Diantaranya ada shockbreaker, support shockbreaker. tie rod, rack end, rack steering, velg dan ban mobil, ball joint, bushing, peer, dan lain sebagainya. Berikut ini fungsi komponen-komponen kaki-kaki mobil dan cara merawatnya. Simak ulasan di bawah ini sampai habis ya!

5 Komponen Kaki-Kaki Mobil

Berikut komponen kaki-kaki mobil beserta perannya. Simak sampai selesai ya!

1. Ban Mobil

Ban mobil merupakan alah satu komponen dari kaki-kaki mobil yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Komponen ini berperan sebagai menompang beban suatu kendaraan, merendam guncangan, meneruskan tenaga dari mesin, meneruskan traksi dan pengereman.

Sebagai komponen yang langsung bergesekan dengan aspal, sehingga penting sekali untuk merawatnya secara berkala. Agar ketabilan mobil tetap terjaga. Karena apabila sampai gundul, aus, atau bocor, akan menganggu kenyamanan saat berkendara dan bisa mengancam nyaman pengemudi.

Kamu bisa melakukan spooring dan balancing secara rutin, mengecek tekanan angin setiap kali ingin melakukan perjalanan, khususnya perjalanan jauh, dan mengganti ban mobil apabila sudah aus.

2.Velg Mobil

Komponen yang kedua, ada velg mobil. Komponen ini selain berperan dalam mendongkrak penampilan kaki-kaki mobil, juga berperan dalam meningkatkan performa mobil. Oleh karenanya, penting sekali untuk selalu merawat komponen yang satu ini.

Velg mobil berkaitan erat dengan ban mobil. Apabila ban mobil gembes atau kekurangan angin akan membuat velg mudah penyok atau rusak. Hal ini dikarenakan, fungsi dari ban mobil diambil ahli oleh velg mobil karena ban mobil tidak bisa menjalankan perannya. Sehingga velg akan mudah rusak karena selalu bergesekan dengan permukaan jalan secara langsung.

Nah, bagi kamu yang ingin mengganti velg mobil. Kamu bisa datang ke diler HSR Wheel yang telah tersebar di kotamu atau membelinya melalui marketplace. Kamu juga bisa konsultasi mengenai permasalahan velg kepada customer service kami.

3. Suspensi

Suspensi atau shockbreaker berperan dalam meredam getaran dan guncangan ketika berkendara melewati jalan yang tidak rata. Komponen ini terletak diantara roda dan rangka bodi mobil. Ada 2 jenis suspensi yang umum ditemukan, yaitu tipe rigid dan independent (bebas).

Suspensi rigid, roda tidak bisa bergerak bebas karena kondisi axel-nya terhubung langsung dengan bodi mobil dan frame pegas. Oleh sebab itu, kedua roda mobil akan saling memengaruhi sehingga saat melewati jalan bergelombang kenyamanan yang didapat akan kurang, khususnya di bagian belakang.

Meski begitu, konstruksinya dapat dikatakan lebih sederhana dan kuat,sehingga lebih tepat untuk kendaraan berat seperti bus atau truk.

Sementara untuk jenis independent, roda kiri dan kanan tidak terhubung dengan axel. Jadi, tidak memengaruhi satu sama lain. Dengan begitu, saat berkendara di permukaan jalan tidak rata, mobil  akan lebih stabil dan nyaman.

Gejala umum yang sering terjadi, suspensi mobil sudah rusak antara lain mobil terlihat amblas, bantingan suspensi keras, oli rembes, dan timbul bunyi yang tidak normal di bagian bawah mobil.

4. Tie Rod, Rack End, Rack Steering

Ketiga komponen ini sangat berpengaruh pada pengendalian mobil karena terhubung dengan lingkar setir di dalam kabin. Oleh karenanya, kondisinya cukup menentukan kestabilan pengemudi.

Apabila kamu ingin mengecek kondisi dari ketiga komponen ini, dapat dilakukan dengan cara mendongkrak roda depan terlebih dahulu. Kemudian goyangkan roda roda depan ke arah kanan dan kiri.

Apabila komponen ini rusak, terdapat beberapa gejala. Sala satunya dengan adanya oblak. Oblak juga biasanya ditemui pada “benjolan” rack steering yang posisinya berada di balik karet boot.

5. Ball Joint

Komponen kaki kaki mobil ini berbentuk seperti bola. Terletak pada dudukan roda dan berperan sebagai penghubung lengan ayun. Sehingga suspensi lebih mudah bergerak dan menahan roda agar tidak lepas dari chasis roda.

Untuk mendeteksi kerusakan ball joint caranya adalah dengan mendongkrak bagian depan mobil dan letakkan linggis di antara ball joint dan sisi lain yang juga sebagai dudukan roda.

Kemudian, gerakkan linggis naik dan turun. Kemudian cek apakah mur pengancingnya kencang atau tidak. Kalau mur pengancingnya keras tetapi longgar, maka artinya ball joint harus diganti. Kerusakan pada ball joint akan membuat ban cepat aus dan bergelombang.

Cara Merawat Komponen Kaki-kaki Mobil

Kaki-kaki mobil memiliki peran yang cukup penting dalam meningkatkan dan menjaga performa kendaraan. Sehingga perlu sekali untuk dirawat. Sebab, jika ada salah satu komponen yang rusak bisa membuat performa mobil menurun, selain itu akan mengancam keselamatan kamu.

Kamu bisa melakukan spooring balancing, hindari jalanan yang rusak atau berlubang, jangan terlalu membawa beban berlebihan, ganti ban mobil secara berkala, dan lakukan service rutin. Bagi kamu yang ingin merawat kaki-kaki mobil, kamu bisa datang ke diler HSR Wheel yang ada di kotamu.

 

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan