Ingin Beli Calya? Ini Dia Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Calya

Toyota Calya merupakan salah satu mobil LCGC yang paling famous dan banyak peminatnya dibanding mobil lain yang sejenis. Mobil ini memiliki desain eksterior yang tangguh dan sporty. Dimulai dari bumper depan yang terlihat lebih agresif dengan adanya perpaduan gril depan yang baru, sampai lampu depan yang telah memakai teknologi LED. Sementara pada bagian interiornya, mobil ini terlihat elegan dengan nuasa abu-abunya.

Sehingga tidak heran jika mobil ini masuk ke mobil LCGC yang paling laris diantara mobil LCGC lainnya. Salah satu keunggulan Toyota Calya adalah memiliki kabin yang luas. Sehingga akan membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman saat berada diperjalanan.

Pada artikel kali ini HSR Wheel akan mengulas mengenai kelebihan dan kekurangan Toyota Calya yang telah diambil dari berbagai sumber yang telah tersedia. Jadi, simak artikel di bawah ini sampai selesai yaa!

Baca Juga: Toyota Calya Vs Sigra, Bagusan Yang Mana Nih?

Kelebihan Toyota Calya

Toyota Calya menjadi mobil favorit bagi semua kalangan karena harganya yang lebih murah dibanding dengan kompetitor. Disamping itu, Toyota Calya juga memiliki fitur keamaanan yang cukup lengkap sehingga akan membuat kamu merasa nyaman saat menikmati perjalanan kamu. Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui kelebihan dari Toyota Calya:

1. Kabin Mobil Luas

Toyota Calya memiliki ukuran dimensi dengan panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm, dan tinggi 1.600 mm. Dibanding dengan kompetitor, Renault Triber memiliki ukuran dimensi panjang 3.990 mm, lebar 1.739 mm dan tinggi 1.662 mm. Dengan data tersebut dapat disimpulkan bahwa Toyota Calya memiliki kabin yang luas dan dapat menampung 7 orang penumpang. Sehingga akan membuat pengemudi dan penumpang merasa lega saat perjalanan, khususnya saat perjalanan jauh dan bisa menampung semua anggota keluarga kecilnya.

2. Fitur Keselamatan Lengkap

Toyota Calya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan kompetitornya, meski begitu mobil ini memiliki fitur keselamatan yang cukup lengkap. Pada varian terbaru, Calya sudah dilengkapi dengan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD), SRS Airbag, sensor parkir, serta kunci dengan immobilizer.

3. Irit BBM

Toyota Calya memiliki mesin yang  berkapasitas 1.197 cc, 4 silinder, penggerak roda depan dengan kode 3NR . Sehingga tidak perlu diragukan lagi bahwa konsumsi BBM Toyota Calya sangat efisien.

Toyota Calya mencatatkan angka konsumsi BBM mencapai 1:14 km/liter untuk penggunaan normal. Meski masuk ke segmen mobil LCGC, Calya disarankan untuk mengkonsumsi bahan bakar beroktan minimal 92.

4. Suspensi Depan Empuk

Kelebihan Toyota Calya lainnya adalah memiliki suspensi depan yang lebih empuk dibanding Avanza. Meskipun harga Calya lebih murah dibanding Avanza. Hal ini berbanding terbalik dengan suspensi  belakang yang sedikit lebih keras. Namun masih dalam hal wajar. Sehingga saat digunakan untuk melibas permukaan jalanan yang jelek masih akan terasa nyaman.

Setelah kamu tahu kelebihan Calya, berikut ini kelemahannya yang bisa menjadi bahan pertimbangan kamu. Simak informasi di bawah ini ya.

Kekurangan Toyota Calya

berikut ini beberapa kelemahan dari Toyota Calya yang telah HSR himpun dari berbagai sumber

1. Performa Mesin Lemot

Calya memiliki desain mobil MPV 7 seater yang hanya dibekali dengan kapasitas mesin 1200 cc. Sehingga tenaga yang dikeluarkan hanya sekitar 88 hp @6.000 rpm dengan torsi maksimal 107 Nm @4.200 rpm.

Saat muatannya tidak penuh, Calya masih nyaman untuk dikemudi. Namun, saat muatan penuh dan butuh tenaga spontan untuk berakselerasi, maka kamu perlu bersabar karena performa mesinnya tergolong lemot sehingga akan terkesan seperti tidak berdaya.

2. Harga Bahan Bakar Mahal

Toyota Calya mengkonsumsi bahan bakar dengan RON-92. Dengah harga bahan bakar ron-92 adalah Rp 14.800  per liter. Apabila mesin mobil ini dipaksa untuk memakai bahan bakar dibawah angka ron-92, maka mesin akan sangat mudah mengalami masalah seperti misalnya low power, akselerasi lemot, mesin ngelitik, mesin bergetar dan lain-lain. Dampaknya akan sangat terasa sewaktu perbaikan, karena biaya perbaikan akan meningkat akibat komponen mesin yang rusak sebelum waktunya.

3. AC Mobil Belum Blower

Toyota Calya hanya dilengkapi dengan Air Circulator. Air Circulator berbeda dengan Double Blower. Air Circulator hanya berperan sebagai kipas angin yang membantu untuk menghembuskan udara dingin dari bagian depan ke bagian belakang.

Oleh karenanya akan sangat mempengaruhi tingkat kedinginan yang terjadi di kursi baris ke dua dan baris ke tiga. Bahkan, apabila melakukan perjalanan pada siang hari, kursi baris ke tiga akan lebih sedikit mendapatkan suhu dingin dari baris depan. Dan tentu akan membuat  penumpang baris ke tiga merasa gerah dan tidak nyaman.

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas dapat disimpulkan bahwa Toyota Calya memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa menjadi bahan pertimbangan saat ingin membeli. Kelebihan Toyota Calya 2021 diantaranya, kabin mobil luas, fitur keselamatan lengkap, irit BBM, suspensi depan empuk. Sementara kekurangan Toyota Calya 2021, yakni performa mesin yang lemot, harga bahan bakar mahal, dan AC mobil belum blower.

Baca Juga: Ingin Calya Kamu Tampil Lebih Sporty? Ini Dia Tips Modifikasinya!

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan