Berita Otomotif

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik di Tahun 2020

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik – Seperti yang kita ketahui, dengan seiring perkembangan jaman yang semakin modern saat ini. Banyak produsen mobil mengeluarkan mobil listrik untuk diproduksi secara masal. Karena memang, pada awal bulan Agustus 2019 kemarin. Presiden Republik Indonesia menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) tentang percepatan pengembangan kendaraan listrik.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik

Namun, walaupun mobil listrik menjadi bagian penting dari dunia otomotif di masa depan. Kehadirannya tak terlalu unggul dibandingkan dengan mobil konvensional berbahan bakar minyak. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari mobil listrik ini, berikut ulasannya yang bisa kamu simak di bawah ini :

Kelebihan Mobil Listrik

Ramah Lingkungan

Mobil listrik dikenal lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan mobil konvensional yang menggunakan bahan bakar minyak. Hal tersebut karena mobil listrik tidak menghasilkan emisi CO2 dan CO. Sedangkan mobil konvensional yang menggunakan BBM akan menghasilkan emisi bahan bakar berupa CO2 dan juga CO.

Tenang

Bagi kamu yang lebih suka melakukan perjalanan dengan keadaan yang tenang dan juga sunyi. Maka membeli mobil listrik adalah pilihan yang tepat untuk kamu. Karena dibandingkan dengan menggunakan mobil konvensional, ketika menyalakan mesin mobil pastinya akan mengeluarkan suara mesin yang berisik. Hal tersebut tidak akan terjadi pada mobil listrik yang menghasilkan suara lebih tenang.

Perawatan Mudah

Perawatan mobil listrik lebih mudah dibandingkan dengan mobil konvensional karena mobil listrik tidak memerlukan pergantian oli dan hal lain yang terdapat pada mobil konvensional. Dan untuk perawatan mobil listrik itu sendiri hanya perlu melakukan perawatan pada batere. Sedangkan untuk Mesin listriknya sendiri lebih mudah dirawat karena perawatan yang dilakukan nya juga cukup ringan.

Teknologi Terbaru

Hanya kendaraan bertenaga listrik yang hanya memiliki teknologi Intelligent Transport System (ITS). ITS sendiri adalah teknologi sistem keamanan yang dimana mobil akan segera melakukan pengereman otomatis sebelum menabrak sesuatu. Sistem keamanan ini adalah sistem paling aman yang ada pada sebuah mobil.

Kekurangan Mobil Listrik

Pengisian Daya Lama

Untuk pengisian daya mobil listrik biasanya membutuhkan waktu yang lama. Sebagai contoh adalah mobil listrik Nissan LEAF, mobil ini diisi daya hingga 80% membutuhkan waktu 40 menit. Walau demikian, saat melakukan pengisian dibutuhkan stasiun pengisian cepat 480V DC. Itu untuk kapasitas baterai versi 40kWh, jika mengisi daya baterai yang berukuran 62kWh maka membutuhkan waktu 60 menit. Dan jika melakukan isi daya mobil listrik dengan daya standar yang ada di rumah yaitu 120V standar. Maka kamu butuh waktu lebih lama lagi, karena akan memakan waktu satu malam untuk mengisi daya secara full.

Baterai Cepat Rusak

Baterai dari mobil listrik biasanya cenderung tidak awet. Hampir semua mobil listrik harus mengganti baterai mobil nya setiap tiga hingga sepuluh tahun sekali. Rentang waktu tersebut adalah tergantung pada jenis dan juga penggunaan baterai nya.

Harga Baterai Mahal

Walaupun dari segi perawatan mobil ini bisa dibilang lebih murah dibandingkan dengan mobil konvensional. Namun harga dari baterai mobil listrik ini cenderung mahal. Hal ini wajar karena baterai yang mungkin kualitasnya bagus bisa bertahan hingga satu dekade.

Kurangnya Stasiun Pengisian Daya Baterai

Masalah ini adalah masalah yang cukup serius yang dihadapi oleh para pemilik mobil listrik. Yaitu kurangnya stasiun pengisian daya. Walaupun stasiun pengisian daya dapat dipasang di rumah sendiri, namun jika mobil listrik mengalami habis daya di tengah jalan tentu menjadi hal yang tidak enak dan tidak diinginkan oleh pemilik kendaraan.

Dan itulah kelebihan dan kekurangan mobil listrik yang mungkin bisa kamu jadikan referensi ketika ingin membelinya. Semoga Bermanfaat.

 

Artikel Terbaru

4 Gaya Modifikasi Double Cabin, Bisa Ditiru Nih!

Mobil double cabin merupakan mobil yang bisa digunakan untuk mengangkut banyak penumpang maupun barang. Selain… Selengkapnya

16 Agustus 2022

Wuling Air ev: Spesifikasi dan Harga

Wuling Air ev merupakan mobil hybrid yang diperkenalkan saat acara GIIAS 2022. Mobil listrik ini… Selengkapnya

15 Agustus 2022

Lebih Baik Pilih Kijang Innova 2020 Bekas atau Toyota Sienta Terbaru?

Kijang Innova 2020 bekas masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena performanya yang tangguh. Membuat… Selengkapnya

13 Agustus 2022

Fitur Keren Suzuki S Presso & Baleno Yang Meluncur di GIIAS 2022

Perusahaan otomotif Suzuki resmi meluncurkan dua mobil barunya pada pameran GIIAS 2022. Mobil tersebut adalah… Selengkapnya

12 Agustus 2022

Honda Perkenalkan 3 Mobil di GIIAS 2022

Pameran otomotif berskala internasional, Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, baru saja digelar mulai 11… Selengkapnya

11 Agustus 2022

Komponen Kaki-kaki Mobil: Fungsi & Gejala Kerusakan

Komponen kaki-kaki mobil memiliki peranan yang penting dalam kenyamanan berkendara. Oleh karenanya, perlu sekali untuk… Selengkapnya

10 Agustus 2022