Kekurangan & Kelebihan Lampu HID, Halogen, dan LED

Kelebihan Lampu Hid

Kelebihan Lampu HID – Seiring dengan berkembangnya teknologi, saat ini di pasaran otomotif sudah mulai banyak jenis lampu kendaraan mobil yang bisa kamu pilih. Mungkin kamu juga sudah mengenal dengan yang namanya lampo Halogen. Lampu tersebut adalah lampu tipe bohlam standar yang digunakan oleh pabrikan mobil. Kebanyakan warnanya memiliki warna kuning hingga kuning keputihan.

Kekurangan & Kelebihan Lampu HID, Halogen, dan LED

Pada tahun 2000an, muncul sebuah tren lampu HID yang menjamur ke masyarakat. Lampu tersebut memiliki warna putih kebiruan, bahkan ada yang berwana pink tergantung dengan nilai Kelvin yang digunakan. Tetapi untuk saat ini, ada lampu LED juga yang cukup efektif dan juga efisien untuk digunakan pada mobil kesayangan. Lalu, apa perbedaan lampo Halogen, HID, dan LED? Berikut penjelasan lengkapnya bisa kamu simak di bawah ini :

Kekurangan & Kelebihan Lampu HID

Lampu HID atau High Idensity Discharge dibuat dari campuran gas dan juga logam langka yang mampu menghasilkan nyala lampu yang lebih terang. Padahal, lampu HID ini hanya perlu listrik sebesar 35 watt saja untuk menghidupkannya. Dan lampu HID mampu memberikan cahaya yang lebih terang dibandingkan lampu Halogen.

Selain itu, kamu juga bisa memilih warna lampu sesuai selera kamu. Mulai dari warna kuning, biru, putih, hingga merah. Kelemahan lampu HID ini adalah cahayanya tidak langsung terang, dan juga sedikit beresiko ketika digunakan untuk mengedipkan lampu high beam. Selain itu, harga lampu HID ini sedikit lebih mahal karena selain lampu bohlamnya yang mahal, lampu HID juga memerlukan ballast.

Lampu Halogen

Lampo Halogen ini termasuk dalam kategori lampu pijar dengan intensitas cahaya yang cukup kuat. Karena kuatnya intensitas cahaya lampu ini, maka lampu ini banyak digunakan sebagai pencahayaan pada mobil. Namun lampu ini juga memiliki kelemahan, kelemahan lampu Halogen adalah panas yang dihasilkan oleh pijar lampu dapat mengakibatkan rumah lampu menjadi buram.

Selain itu, daya yang digunakan oleh lampu Halogen cukup besar dan boros. Yaitu sebesar 55 – 100 watt listrik yang dibutuhkan lampu ini. Alasan kenapa banyak produsen mobil menggunakan mobil ini adalah harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan tipe HID ataupun LED.

Lampu LED

Lampu Light Emitting Diodes atau biasa disebut dengan LED adalah lampu yang sudah menggunakan perangkat elektronik chip semi konduktor dengan hambatan. Untuk menciptakan cahaya, lampu LED ini menggunakan dioda sehingga sangat awet dan tidak menghasilkan panas seperti lampu Halogen. Selain itu, lampu LED juga lebih hemat energi dan tidak merusak rumah lampu.

Namun, cahaya yang dihasilkan lampu LED terlalu terang dan memiliki sisi buruknya bagi pengendara lain karena menyilaukan. Sehingga jika mobil kamu ingi menggunakan lampu HID ataupun LED, sebaiknya menggunakan projector yang mampu memusatkan cahaya.

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan