Traction Control, Ketahui Lebih Fungsinya

Sekarang, hampir semua mobil keluaran terbaru memiliki fitur-fitur canggih yang disematkan, salah satunya adalah fitur Traction Control. Perlu kamu ketahui bahwa Traction Control ini adalah sebuah sistem yang bisa mempertahankan rasio slip antara ban mobil dan permukaan jalan.

Selain itu, fitur ini juga berfungi untuk mencegah wheelspin pada roda belakang yang merupakan kondisi roda belakang tersebut berputar lebih cepat daripada semestinya. Umumnya wheelspin terjadi jika tenaga dari mesin ke roda belakang lebih besar dari kemampuan daya cengkram ban.Ini Dia Cara Kerja Tracktion Control

Ini Dia Cara Kerja Traction Control

Meskipun sudah banyak disematkan pada mobil keluaran terbaru, tetapi masih banyak juga yang tidakn mengetahui fungsi dan cara kerja fitur pengontrol traksi. Untuk itu, kamu bisa simak penjelasan tentang Traction Control berikut ini.

Sebelum membahas lebih dalam, kamu mesti pahami dahulu fitur pengontrol traksi ini merupakan fitur keamanan pada kendaraan. Kontrol traksi menggunakan sebuah sensor yang berfungsi untuk mendeteksi sensor satu atau roda lainnya berputar lebih cepat.

Kemudian, setelah setiap sensor sudah mendeteksi adanya tenaga yang berlebih, sistem pengontrol traksi tersebut akan mengirim perintah untuk mengaktifkan rem. Dengan diaktifkannya remnya, putaran roda akan secara otomatis berkurang dan terkontrol.

Manfaat dari Traction Control

Pastinya sebuah fitur yang disematkan pada sebuat mobil memiliki manfaat. Jadi inilah manfaat-manfaat dari fitur pengontrol traksi.

Memiliki Kontrol Traksi yang Lebih Baik

Bisa dibayangkan jika teknologi atau fitur ini tidak ada, contohnya ketika mobil kamu melewati tanah berlumpur atau jalanan yang licin, kamu bisa kembali berjalan. Jika tanpa adanya fitur ini, roda belakang kamu akan terjebak dan selip.

Mobil Akan Memiliki Bahan Bakar yang Lebih Efisien

Umumnya, mobil yang memiliki fitur pengontrol traksi, mampu menjalankan satu atau beberapa pengereman roda, pengurangan suplai bahan bakan ke silinder baik satu atau lebih, bahkan pada mobil dengan turbocharger, solenoid kontrol akan dinonaktifkan untuk mengurangi tenaga.

Mobil Bisa menghidari Selip di Jalan yang Basah

Pengontrol traksi ini sangan berguna ketika kamu berkendara di tengah hujan. Pasti kondisi jalanan akan menjadi licin. Dengan adanya fitur ini, mobil kamu akan terhindar dari selip.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan