Kijang Krista, Mobil Keluarga Era 90-an yang Masih Jadi Incaran!

kijang krista

Kijang Krista merupakan salah satu varian mobil mewah era 90-an yang diproduksi oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Namanya sendiri diambil dari bahasa Jawa Kuno, yang artinya “mahkota”. Mobil ini merupakan primadona pada masanya sebelum akhirnya para konsumen memilih menggunakan mobil sejuta umat Toyota Avanza.

Mobil Kijang ini memang pensiun pada tahun 2004 dan diganti dengan Toyota Kijang Innova. Walaupun demikian, mobil Toyota Kijang Krista ini merupakan tipe tertinggi dari varian kijang kapsul, tetapi saat ini masih laris dipasaran dan masih menjadi incaran banyak orang. Mobil bekasnya kini dijual dengan harga kisaran di bawah Rp 100 jutaan.

Desain Eksterior dan Interior

Mobil Kijang Krista memiliki ciri khas dengan bentuk mobilnya yang kotak dengan sentuhan krom di hendel pintu, spion, dan grill untuk menonjolkan kesan mewah. Velg yang digunakannya berukuran 15 inci dan paling berbeda dari generasi kijang lainnya yang rata menggunakan velg ukuran 14 inci.

Sedangkan untuk bagian interiornya, terdapat dasbor two tone untuk memberikan kesan mewah pada era itu. Kemudian pada spesifikasi mesin, Kijang Kista memiliki mesin yng cukup besar dengan kpsitas 1.800 cc untuk mesin bensin dan 2.400 cc untuk versi diesel. Jenis mesin ini tentu sangat bandel dan tangguh.  

kijang krista

Kelebihan dan Kekurangan Kijang Krista

Seperti yang sudah diuraikan di atas, kijang krista memiliki tenaga yang cukup besar dan bandel berkapasitas 1.800 cc hingga 2.400 cc. Bahkan mobil ini diklaim mampu melintasi berbagai macam medan berat sekalipun krena memiliki bushing arm yang terbuat dari bahan yang elastis dan kuat.

Selain itu, mobil ini memiliki ground clearance yang tinggi dengan kabin yang lapang. Harga jual dipasaran masih tergolong tinggi dengan suku cadang yang murah dan mudah didapatkan. Ditambah perawtannya pun tergolong mudah.

Namun, mobil Kijang Krista ini cukup boros bahan bakar. Sebab, satu liter bahan bakar hanya bisa digunakan dalam jarak 11 km dalam kota dan 7 km untuk luar kota. Mobil ini juga memiliki top speed yang rendah karena mesin bisa meraung-raung pada kecepatan 120 km/jam. Untuk fitur multimedianya juga tergolong sngat minim dan fitur keselamatan hanya seatbelt. Ditambah bushing arm yang gampang mengalami keausan.

Kamu bisa melakukan modifikasi mobil Kijang Krista jika ingin membuat tampilannya menjadi semakin keren.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan