5 Tips Aman Berkendara Saat Hujan

Tips Aman Berkendara Saat Hujan

Tips Aman Berkendara Saat Hujan – Musim hujan selalu datang pada bulan yang akhirannya “ber”, yang artinya hujan mulai turun dari bulan September hingga Desember. Kata-kata tersebut sering kita dengar dan sudah menjadi rahasia umum. Ketika musim hujan mulai datang, tentu saja bagi pemilik kendaraan perlu mempersiapkan beberapa hal yang harus disiapkan ketika musim hujan datang.

Misalnya saja seperti menyiapkan kendaraan hingga persiapan diri untuk berkendara di jalanan yang licin. Jalanan yang licin kerap menimbulkan kecelakaan karena penanganan kepada kendaraan yang salah.

Tips Aman Berkendara Saat Hujan

Untuk itu, berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk menyiapkan diri dan juga kendaraan ketika masuk musim hujan. Berikut ulasannya bisa kamu simak di bawah ini :

1. Kurangi Kecepatan Ketika Hujan Turun

Laju kendaraan yang tidak terlalu cepat membuat kamu sebagai pengemudi memiliki control yang lebih baik walaupun di tengah kondisi jalan yang basah. Selain itu, kecepatan yang lebih rendah juga membuat kondisi ban dan juga rem lebih siap untuk menghadapi rintangan di jalan yang basah. Untuk itu, saran kecepatan yang disarankan untuk mobil ketika melaju di jalanan yang basah adalah sekitar 20-30 km/jam.

2. Tingkat Kan Fokus dan Juga Waspada

Ketika bermanuver, kamu perlu berhati-hati  saat menggerakkan kemudi setir. Kamu harus gerakkan kemudi dengan halus dan tidak menginjak gas terlalu dalam. Kendalikan mobil agar selalu berada di jalur yang benar dan tidak mengganggu pengendara yang lain. Waspadai genangan air termasuk potensi banjir. Kendalikan emosi jika ada pengguna jalan lain yang berlaku seenaknya.

3. Tips Aman Berkendara Saat Hujan : Jaga Jarak Aman

Jalanan yang basah dan juga licin akan membuat jarak pengereman menjadi lebih jauh. Pengemudi disarankan untuk menambah jarak aman. Hal ini dilakukan untuk menghindari jika pengendara lain di depan mengerem secara mendadak.

4. Pastikan Kondisi Rem dan Ban Baik

Ketika jalanan licin, tidak disarankan untuk melakukan pengereman mendadak. Hal tersebut dikarenakan bisa berisiko kendaraan menjadi tergelincir dan hilang kendali. Untuk mengurangi kecepatan, pengemudi ada baiknya melakukan pengereman secara bertahap. Kamu harus memastikan kinerja rem dan kondisi ban perlu dijaga dan dilakukan servis secara berkala. Hal tersebut guna menjaga mobil tidak kehilangan arah ketika melalui jalanan yang licin.

5. Cek Fitur-fitur Mobil

Tak hanya ban dan juga rem yang perlu dicek, fitur seperti wiper, lampu, ac, hingga aki mobil juga perlu diperhatikan. Wiper yang tidak layak tentu saja akan mengganggu pandangan pengemudi ketika hujan. Atau AC yang tidak dingin, maka akan menimbulkan embun di kaca ketika hujan datang. Itulah pentingnya gunakan Ac mobil ketika hujan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan