Kategori: Tips Otomotif

Klakson Mobil Mati? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Klakson mobil mati sejatinya sangat membahayakan pengemudi saat berkendara. Fungsi klakson sediri digunakan untuk memberikan peringatan di depan mata, menegur, atau memberikan tanda pada mobil lain untuk berkomunikasi secara tidak langsung melalui klakson.

Akan tetapi, masih ada beberapa orang yang mengabaikan klakson mati dan tidak segera memperbaikinya. Hal ini sebaiknya dihindari dan segera memperbaiki klakson mati agar kamu bisa berkendara dengan aman dan tenang. Tidak mungkin kan jika terjadi sesuatu kamu cukup berteriak? Sebab itu, penting bagi kamu untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi klakson mobil yang mati.

Kabel Klakson Terputus atau Korosi

Umumnya, klakson mati disebabkan karena kabel yang putus. Hal ini paling sering terjadi akibat beberapa hal, bisa karena kabel sudah menurun kualitasnya hingga korosi yang dapat menyebabkan kabel klakson putus dan berjamur. Untuk mengeceknya, kamu bisa menggunakan test lamp pada bagian terminal klason. Test lamp akan menyala jika kabel klakson kamu masih berfungsi normal,  jika tidak menyala artinya ada masalah di bagian kabel klakson.

Unit Klakson Rusak

Jika tidak ada kerusakan di kabel klakson, kamu bisa mengecek bagian klakson itu sendiri. Apakah masih hidup atau ternyata sudah mati. Cara mengetahuinya kamu harus melepas terlebih dahulu klakson mobil, lalu lakukan tes dengn menghubungkan terminal positif dan negatif klakson pada aki. Jika klakson berfungsi dan mengeluarkan suara yang pas artinya klakson masih normal dan tidak perlu diganti.  

Saklar Klakson Terputus

Saklar klakson putus bisa jadi penyebab matinya klakson mobil kamu tidak menyala. Hal ini disebabkan oleh karat yang muncul di bagian lempengan tembaga yang akhirnya mengakibatkan banyaknya kotoran yang menumpuk dan menghambat sistem kelistrikan mobil. Jika sistem kelistrikannya tidak berjalan akhirnya klakson menjadi tidak bisa berfungsi. Cara memperbaikinya, kamu sebaiknya membongkar bagian saklar untuk mengetahui apakah aliran listriknya mengalir dengan baik.

Fush Horn (Sekring) Harus Diganti

Sekring merupakan bagian penting dari sebuah klakson. Sekring mobil yang rusak bisa menjadi salah satu penyebab matinya klakson akibat terputus. Selain itu suplai listrik yang terlalu besar juga menjadi salah satu penyebabnya. Sekring tua juga bisa menjadi salah satu penyebab matinya klakson mobil. Untuk mengatasinya, kamu harus mengganti sekring yang baru dan sesuai dengan bawaan pabrik.

Rellay Klakson Kotor atau Tua

Beberapa mobil terkadang memang tidak memiliki bagian rellay, namun bagi mobil yang memilikinya rellay klakson, bagian ini jika bermasalah bisa menjadi salah satu penyebab matinya klakson. Rellay rusak ini biasanya disebabkan karena sering terkena kotoran atau air, hingga usia pakai yang sudah cukup tua. Cara memperbaikinya, kamu harus menggantinya dengan yang baru sesuai dengan standarnya.  

Pos Terbaru

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Terios

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Terios - Perusahaan produsen mobil Daihatsu adalah salah satu produsen mobil… Read More

9 jam lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil KIA Carnival

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Kia Carnival - KIA Carnival adalah mobil jenis MPV keluarga yang… Read More

16 jam lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Sigra

Daihatsu Sigra adalah mobil MPV yang pertama kali diluncurkan pada GIIAS 2016 lalu. Kehadirannya dengan… Read More

1 hari lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matic - Mobil matic adalah mobil yang saat ini sedang banyak… Read More

1 hari lalu

3 Tips Merawat Bodi Mobil Selama PSBB

Tips Merawat Bodi Mobil - Pada tanggal 14 September 2020 kemarin, Pemerintah DKI Jakarta kembali… Read More

3 hari lalu

Kelebihan dan kekurangan Mobil Espass

Kelebihan dan kekurangan Mobil Espass - Mobil Daihatsu Espass ini adalah mobil yang masuk dalam… Read More

1 minggu lalu