Lakukan 5 Hal Ini Agar Mobil Matik Lebih Awet

Mobil Transmisi Matik

Mobil matik memang menjadi mobil yang serba praktis, termasuk dalam hal mengoperasikannya. Mobil transmisi otomatis ini memang disebut memiliki nilai lebih untuk pengemudi yang memiliki kegiatan mobilitas di perkotaan. Kondisi lalu lintas yang padat tentu akan membuat capek pengemudi memindahkan transmisi terlalu sering, maka dari itu mobil matik ini sangatlah cocok untuk situasi tersebut. Kali ini, kita akan membahas hal-hal yang membuat mobil matik lebih awet.

Namun memang ada beberapa orang yang menganggap mobil dengan transmisi matik ini lebih sulit untuk perawatannya. Hal ini memang benar adanya karena apabila ada salah satu komponen yang rusak, hal tersebut bisa merembet ke komponen lainnya.

5 Hal yang Membuat Mobil Matik Lebih Awet

Maka dari itu kamu perlu memerhatikan beberapa hal di bawah ini agar mobil matik yang kamu miliki tetap dalam kondisi aman dan juga nyaman. Untuk ulasan lengkapnya, silakan simak berikut ini.

1. Hindari Transmisi Netral Saat di Jalan Menurun

Mungkin ada beberapa pemilik kendaraan yang berpikir bahwa melewati jalanan menurun dengan posisi gigi Normal bisa membuat hemat bahan bakar. Cara ini tentu saja sangat salah dan ketika sudah dilakukan secara sering, maka ini akan menyebabkan transmisi jebol.

Selain itu untuk mobil terbaru saat ini, apabila pengemudi tetap memasukkan gigi di jalanan menurun, mesin mobil akan menyesuaikan diri agar tidak mengkonsumsi bahan bakar.

2. Posisikan Mobil Berhenti Saat Mengganti Gigi

Sebelum melakukan penggantian posisi gii transmisi, kamu sebagai pengemudi perlu memastikan bahwa mobil dalam kondisi diam. Contohnya adalah saat kamu ingin memundurkan mobil, maka kamu perlu memindahkan tuas transmisi dari posisi D ke R. Sebelum itu kamu perlu memastikan mobil sudah berhenti secara sepenuhnya, begitu juga hal ini dilakukan ketika mobil ingin maju.

3. Jangan Langsung Geber Mobil

Beberapa pemilik mobil transmisi matik senang menginjak pedal gas mobil secara dalam pada saat posisi gigi sedang netral. Dan diwaktu yang bersamaan, mereka langsung memindahkan gigi transmisi ke posisi D atau Drive. Hal ini tentu saja sangat tidak disarankan karena bisa membuat komponen transmisi rusak dan juga clutch.

4. Pindahkan Gigi ke Netral Saat Lampu Merah

Pada saat kamu terhalang macet atau lampu merah, ada baiknya pindahkan tuas transmisi yang tadinya di D (drive) ke posisi netral. Ini dilakukan untuk membuat transmisi memiliki usia panjang, karena memang masih banyak para pemilik kendaraan yang tetap menginjak rem ketika berhenti dan tuas transmisi masih di posisi D. Ini tentunya akan membuat umur transmisi menjadi lebih pendek daripada yang seharusnya.

5. Hindari Oper Gigi ke ‘P’ Saat Belum Berhenti

Pada saat ingin memarkirkan mobil, kamu sebagai pengemudi perlu memastikan bahwa mobil sudah berhenti sepenuhnya sebelum memindahkan tuas transmisi ke posisi ‘P’. Memindahkan tuas transmisi pada saat mobil belum berhenti ini akan berisiko merusak komponen transmisi dan memperpendek usia pakainya. Terlebih transmisi P ini adalah transmisi yang dikhususkan untuk parkir, bukan untuk mengerem kendaraan.

Itu tadi hal-hal apa saja yang bisa dilakukan agar mobil matik lebih awet dan kamu bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan