Tips Otomotif

Lakukan 5 Hal Ini Agar Mobil Matik Lebih Awet

Mobil matik memang menjadi mobil yang serba praktis, termasuk dalam hal mengoperasikannya. Mobil transmisi otomatis ini memang disebut memiliki nilai lebih untuk pengemudi yang memiliki kegiatan mobilitas di perkotaan. Kondisi lalu lintas yang padat tentu akan membuat capek pengemudi memindahkan transmisi terlalu sering, maka dari itu mobil matik ini sangatlah cocok untuk situasi tersebut. Kali ini, kita akan membahas hal-hal yang membuat mobil matik lebih awet.

Namun memang ada beberapa orang yang menganggap mobil dengan transmisi matik ini lebih sulit untuk perawatannya. Hal ini memang benar adanya karena apabila ada salah satu komponen yang rusak, hal tersebut bisa merembet ke komponen lainnya.

5 Hal yang Membuat Mobil Matik Lebih Awet

Maka dari itu kamu perlu memerhatikan beberapa hal di bawah ini agar mobil matik yang kamu miliki tetap dalam kondisi aman dan juga nyaman. Untuk ulasan lengkapnya, silakan simak berikut ini.

1. Hindari Transmisi Netral Saat di Jalan Menurun

Mungkin ada beberapa pemilik kendaraan yang berpikir bahwa melewati jalanan menurun dengan posisi gigi Normal bisa membuat hemat bahan bakar. Cara ini tentu saja sangat salah dan ketika sudah dilakukan secara sering, maka ini akan menyebabkan transmisi jebol.

Selain itu untuk mobil terbaru saat ini, apabila pengemudi tetap memasukkan gigi di jalanan menurun, mesin mobil akan menyesuaikan diri agar tidak mengkonsumsi bahan bakar.

2. Posisikan Mobil Berhenti Saat Mengganti Gigi

Sebelum melakukan penggantian posisi gii transmisi, kamu sebagai pengemudi perlu memastikan bahwa mobil dalam kondisi diam. Contohnya adalah saat kamu ingin memundurkan mobil, maka kamu perlu memindahkan tuas transmisi dari posisi D ke R. Sebelum itu kamu perlu memastikan mobil sudah berhenti secara sepenuhnya, begitu juga hal ini dilakukan ketika mobil ingin maju.

3. Jangan Langsung Geber Mobil

Beberapa pemilik mobil transmisi matik senang menginjak pedal gas mobil secara dalam pada saat posisi gigi sedang netral. Dan diwaktu yang bersamaan, mereka langsung memindahkan gigi transmisi ke posisi D atau Drive. Hal ini tentu saja sangat tidak disarankan karena bisa membuat komponen transmisi rusak dan juga clutch.

4. Pindahkan Gigi ke Netral Saat Lampu Merah

Pada saat kamu terhalang macet atau lampu merah, ada baiknya pindahkan tuas transmisi yang tadinya di D (drive) ke posisi netral. Ini dilakukan untuk membuat transmisi memiliki usia panjang, karena memang masih banyak para pemilik kendaraan yang tetap menginjak rem ketika berhenti dan tuas transmisi masih di posisi D. Ini tentunya akan membuat umur transmisi menjadi lebih pendek daripada yang seharusnya.

5. Hindari Oper Gigi ke ‘P’ Saat Belum Berhenti

Pada saat ingin memarkirkan mobil, kamu sebagai pengemudi perlu memastikan bahwa mobil sudah berhenti sepenuhnya sebelum memindahkan tuas transmisi ke posisi ‘P’. Memindahkan tuas transmisi pada saat mobil belum berhenti ini akan berisiko merusak komponen transmisi dan memperpendek usia pakainya. Terlebih transmisi P ini adalah transmisi yang dikhususkan untuk parkir, bukan untuk mengerem kendaraan.

Itu tadi hal-hal apa saja yang bisa dilakukan agar mobil matik lebih awet dan kamu bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

Artikel Terbaru

Begini Penyebab Kecelakaan Maut Di Balikpapan

Kecelakaan di Balikpapan. Akhir-akhir ini, kita sedang dihebohkan oleh berita mengenai kecelakaan maut yang terjadi di… Selengkapnya

28 Januari 2022

Cara Merawat Ban Mobil Agar Lebih Awet

Merawat Ban Mobil- Ban merupakan komponen terpenting untuk semua jenis kendaraan khususnya mobil. Bocornya ban… Selengkapnya

28 Januari 2022

Jual Aksesoris Mobil Terbaik & Berkualitas

Aksesoris Mobil. Bagi kamu yang memiliki kendaraan mobil dan suka berpergian jauh. Kamu wajib membeli… Selengkapnya

27 Januari 2022

Cara Membedakan Velg Original dan Replika

Velg Original - Bagi kamu pecinta otomotif, melakukan modifikasi kendaraan merupakan suatu kegemaran atau bahkan… Selengkapnya

27 Januari 2022

Tips Modifikasi Velg Mobil Agar Terlihat Keren

Tips Modifikasi Velg Mobil - Bagi kamu yang mempunyai kendaraan mobil. Kamu harus memperhatikan velg… Selengkapnya

26 Januari 2022

Jual Ban Mobil Terdekat di Jakarta Timur

Ban Mobil- Memiliki ban mobil yang berkualitas merupakan impian semua orang yang memiliki kendaraan mobil.… Selengkapnya

26 Januari 2022