Kenapa Harus Mengisi Tekanan Angin Ban Mobil Pakai Nitrogen?

Mengisi Angin Ban Mobil

Ban mobil memiliki peranan yang penting dalam mengontrol laju kendaraan. Oleh karenanya, penting sekali untuk mengisi tekanan angin pada mobil. Ban mobil yang kekurangan tekanan angin dapat membuat kendaraan tersebut tidak nyaman digunakan saat berkendara. Sehingga penting sekali untuk mengecek tekanan angin ban mobil secara berkala.

Pada umumnya banyak pengemudi memilih mengisi tekanan angin menggunakan nitrogen ketimbang mengisi dengan udara biasa. Berikut ini beberapa alasan kenapa lebih baik mengisi angin ban mobil pakai nitrogen daripada udara biasa. Simak artikel di bawah ini sampai habis ya sobat HSR Wheel!

Baca Juga: HSR Wheel Membuka 4 Cabang Dealer Baru!

Alasan Mengisi Angin Ban Mobil Pakai Nitrogen

Berikut ini beberapa alasan mengisi tekanan angin ban mobil lebih baik pakai nitrogen daripada udara biasa menurut Willy, pemilik bengkel spesialis Radja Basa:

  1. Karena nitrogen memiliki suhu yang lebih dingin ketimbang oksigen. Sehingga dapat merendam panas saat terkena gesekan ketika ban mobil melaju. Selain itu, titik didih gas nitrogen lebih rendah dari oksigen. Titik didih gas nitrogen sebesar -195 derajat celsius sedangkan titik didih gas oksigen sebesar -183 derajat celsius.
  2. Ban mobil akan menjadi tidak mudah pecah saat diisi dengan gas nitrogen karena panas yang terjadi dalam ban mobil dapat direndam oleh nitrogen.
  3. Tekanan angin menjadi lebih stabil karena gas nitrogen memiliki sifat yang tidak mudah terpengaruh oleh panas.
  4. Dapat terhindar dari ban bocor halus karena molekul udara nitrogen berukuran lebih besar daripada angin biasa. Sehingga udara tidak mudah keluar dari ban mobil.
  5. Massa jenis ban nitrogen juga lebih rendah daripada massa jenis gas oksigen. Untuk massa jenis gas nitrogen sebesar 0,8 gram/molekul sedangkan massa jenis angin biasa 1,14 gram/molekul. Akibatnya konsumsi BBM menjadi lebih irit.

Nah itu dia, alasan mengapa mengisi angin ban mobil pakai gas nitrogen lebih baik daripada menggunakan udara biasa. Kamu bisa mengisi tekanan angin ban mobilmu pada seluruh diler resmi HSR Wheel yang telah tersebar pada seluruh kota yang ada di Indonesia.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan