Info Ban Mobil

Kenapa Harus Mengisi Tekanan Angin Ban Mobil Pakai Nitrogen?

Ban mobil memiliki peranan yang penting dalam mengontrol laju kendaraan. Oleh karenanya, penting sekali untuk mengisi tekanan angin pada mobil. Ban mobil yang kekurangan tekanan angin dapat membuat kendaraan tersebut tidak nyaman digunakan saat berkendara. Sehingga penting sekali untuk mengecek tekanan angin ban mobil secara berkala.

Pada umumnya banyak pengemudi memilih mengisi tekanan angin menggunakan nitrogen ketimbang mengisi dengan udara biasa. Berikut ini beberapa alasan kenapa lebih baik mengisi angin ban mobil pakai nitrogen daripada udara biasa. Simak artikel di bawah ini sampai habis ya sobat HSR Wheel!

Baca Juga: HSR Wheel Membuka 4 Cabang Dealer Baru!

Alasan Mengisi Angin Ban Mobil Pakai Nitrogen

Berikut ini beberapa alasan mengisi tekanan angin ban mobil lebih baik pakai nitrogen daripada udara biasa menurut Willy, pemilik bengkel spesialis Radja Basa:

  1. Karena nitrogen memiliki suhu yang lebih dingin ketimbang oksigen. Sehingga dapat merendam panas saat terkena gesekan ketika ban mobil melaju. Selain itu, titik didih gas nitrogen lebih rendah dari oksigen. Titik didih gas nitrogen sebesar -195 derajat celsius sedangkan titik didih gas oksigen sebesar -183 derajat celsius.
  2. Ban mobil akan menjadi tidak mudah pecah saat diisi dengan gas nitrogen karena panas yang terjadi dalam ban mobil dapat direndam oleh nitrogen.
  3. Tekanan angin menjadi lebih stabil karena gas nitrogen memiliki sifat yang tidak mudah terpengaruh oleh panas.
  4. Dapat terhindar dari ban bocor halus karena molekul udara nitrogen berukuran lebih besar daripada angin biasa. Sehingga udara tidak mudah keluar dari ban mobil.
  5. Massa jenis ban nitrogen juga lebih rendah daripada massa jenis gas oksigen. Untuk massa jenis gas nitrogen sebesar 0,8 gram/molekul sedangkan massa jenis angin biasa 1,14 gram/molekul. Akibatnya konsumsi BBM menjadi lebih irit.

Nah itu dia, alasan mengapa mengisi angin ban mobil pakai gas nitrogen lebih baik daripada menggunakan udara biasa. Kamu bisa mengisi tekanan angin ban mobilmu pada seluruh diler resmi HSR Wheel yang telah tersebar pada seluruh kota yang ada di Indonesia.

Dipublikasikan oleh
HSR Wheel

Artikel Terbaru

4 Gaya Modifikasi Double Cabin, Bisa Ditiru Nih!

Mobil double cabin merupakan mobil yang bisa digunakan untuk mengangkut banyak penumpang maupun barang. Selain… Selengkapnya

16 Agustus 2022

Wuling Air ev: Spesifikasi dan Harga

Wuling Air ev merupakan mobil hybrid yang diperkenalkan saat acara GIIAS 2022. Mobil listrik ini… Selengkapnya

15 Agustus 2022

Lebih Baik Pilih Kijang Innova 2020 Bekas atau Toyota Sienta Terbaru?

Kijang Innova 2020 bekas masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena performanya yang tangguh. Membuat… Selengkapnya

13 Agustus 2022

Fitur Keren Suzuki S Presso & Baleno Yang Meluncur di GIIAS 2022

Perusahaan otomotif Suzuki resmi meluncurkan dua mobil barunya pada pameran GIIAS 2022. Mobil tersebut adalah… Selengkapnya

12 Agustus 2022

Honda Perkenalkan 3 Mobil di GIIAS 2022

Pameran otomotif berskala internasional, Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, baru saja digelar mulai 11… Selengkapnya

11 Agustus 2022

Komponen Kaki-kaki Mobil: Fungsi & Gejala Kerusakan

Komponen kaki-kaki mobil memiliki peranan yang penting dalam kenyamanan berkendara. Oleh karenanya, perlu sekali untuk… Selengkapnya

10 Agustus 2022