Mobil Listrik Terlaris 2022, Siapakah Juaranya?

Mobil Listrik Terlaris di Indonesia Sepanjang 2022

Pada tahun 2022, permintaan mobil listrik di Indonesia meningkat pesat dari tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan karena dorongan Pemerintah untuk meningkatkan daya beli mobil listrik.

Diantaranya memberikan keringanan pajak mobil listrik, membangun SPLTU di berbagai kota di Indonesia, terhindar dari aturan ganjil genap, dan lain sebagainya.

Beberapa jenis mobil listrik yang ada di Indonesia, seperti Tesla, Wuling Kona Electric, Honda Ioniq, Mini Electric, dan lain sebagainya.

Diantara beberapa jenis mobil listrik yang telah ada di Indonesia, ada 5 jenis mobil listrik yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia sepanjang 2022. Siapakah juara pertama yang menempati sebagai mobil listrik terlaris di Indonesia 2022? Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui informasi selengkapnya teman-teman HSR Wheel!

5 Mobil Listrik Terlaris di Indonesia 2022

Mobil Listrik Terlaris di Indonesia 2022
Mobil Listrik Terlaris di Indonesia 2022

Mobil listrik merupakan salah satu mobil yang menggunakan bahan listrik sebagai sumber energi penggerak. Sehingga dinilai lebih ramah lingkungan ketimbang mobil bensin.

Sebagai mobil yang ramah lingkungan, mendorong Pemerintah untuk bisa menumbuhkan ekosistem mobil listrik di Indonesia. Diantaranya dengan memperbanyak SPLTU di berbagai kota, memberikan subsidi pajak mobil listrik, membebaskan aturan ganjil genap, dan lain sebagainya.

Dorongan dari Pemerintah akan terciptanya kendaraan listrik yang ramah lingkungan, akhirnya membuahkan hasil. Hal ini dapat dilihat dari angka penjualan kendaraan listrik meningkat setiap bulannya. Berikut ini 5 jenis mobil listrik terlaris sepanjang 2022. Apakah Tesla akan tetap merebut peringkat pertama sebagai mobil listrik terlaris di Indonesia. Simak ulasannya di bawah ini sampai habis teman-teman

1. Wuling Air EV

Wuling Air EV
Wuling Air EV

Peringkat pertama diduduki oleh Wuling Air EV. Mobil listrik berhasil mengalahkan Tesla sebagai mobil listrik terlaris di Indonesia tahun 2022.  Bahkan, pangsa pasar Wuling Air EV dapat mencapai dari 85 persen.

Berdasarkan data dari IDX Channel diketahui bahwa penjualan Wuling Air EV pada bulan Januari sampai Oktober 2022 mencapai 4.337 unit. Dengan Wuling Air EV Long Range sebesar 3.307 unit. Sementara Wuling Air EV Standard Range terjual sebanyak 1.030 unit dengan jarak tempuh 200 km sekali pengisian penuh.

Alasan Wuling Air EV banyak diminati karena desain mobil yang kompak namun tetap memberikan keamanan dan kenyamanan saat mengemudi, fitur mobil yang terbilang cukup lengkap, dan harga yang terbilang masih cukup murah dibanding kompetitor.

Harga mobil listrik Wuling Air EV Long Range Rp311 juta. Sedangkan Wuling Air ev Standard Range dibanderol Rp238 juta OTR Jakarta.

2. Hyundai Ioniq 5

Hyundai Ioniq 5
Hyundai Ioniq 5

Hyundai Ioniq 5 menempati urutan kedua sebagai mobil listrik terlaris sepanjang Januari sampai Oktober 2022. Mobil listrik ini dapat terjual 1.475 unit. Dengan Hyundai Ioniq 5 Signature Extended mampu terjual 1.189 unit, Hyundai Ioniq 5 Signature Reguler terjual 177 unit, Hyundai Ioniq 5 Prime Extended terjual 72 unit, dan Hyundai Ioniq5 Prime Reguler terjual 32 unit.

Mobil listrik ini memiliki desain eksterior yang modern dan futuristik. Mobil listrik varian long range signature telah menggunakan velg 20 inci yang eksklusif, hanya untuk varian long-range signature. Sedangkan varian yang lain, menggunakan velg berukuran 19 inci. Selain itu, kaki-kaki mobil Hyundai Ioniq 5 dibalut dengan ban Michelin Pilot Sport EV 225/45, ban khusus dibuat untuk EV.

Hyundai Ioniq 5 Signature Long Range dibanderol dengan harga Rp859 juta. Mobil varian ini diklaim dapat menempuh jarak hingga 451 kilometer. Sedangkan Hyundai Ioniq 5 Signature Standar Range dibanderol dengan harga Rp809 juta, yang menawarkan jarak tempuh 384 km dalam sekali pengisian penuh.

3. Hyundai Ioniq EV

Hyundai Ioniq EV
Hyundai Ioniq EV

Hyundai Ioniq EV merupakan mobil listrik pertama di Indonesia yang menjadi cikal bakal lahirnya mobil listrik lainnya. Meski sudah ada sejak dulu, namun mobil listrik dinilai kurang menarik secara eksterior dan interior. Sehingga kurang diminati oleh masyarakat Indonesia.

Powertrain dari Hyundai Ioniq memakai motor listrik bermagnet permanen dan berefisiensi tinggi sebesar 100 kW (136 PS) yang dipasok oleh baterai lithium ion 38,3 kWh. Motor mengembangkan torsi 295 Nm yang didistribusikan ke roda depan, dan ber akselerasi 0-100 m dalam 9,9 detik

Pada bulan Januari sampai Oktober 2022, Hyundai Ioniq EV dapat terjual sebesar 45 unit. Dengan Hyundai Ioniq EV Signature sebesar 41 unit dan Hyundai Ioniq EV Prime sebesar 4 unit. Harga Hunday Ioniq EV Prime dibanderol senilai Rp682 juta dan Hyundai Ioniq EV Signature dibanderol senilai RpRp723 juta.

4. Nissan Leaf

Nissan Leaf
Nissan Leaf

Nissan Leaf memiliki desain yang modern dan futuristik. Pada bulan Januari sampai Oktober 2022, mobil listrik ini dapat terjual sampai 32 unit.

Baterai yang digunakan adalah baterai lithium-ion 40 kWh. Sehingga membuat Nissan LEAF dapat menjangkau jarak sejauh 311 km dalam sekali pengisian daya berdasarkan hasil test New European Driving Cycle (NEDC).

Tenaga yang dihasilkan maksimum mencapai 110 kW atau setara dengan 150 PS dan torsi puncak 320 Nm. Sehingga membuat Nissan Leaf mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 7,9 detik dengan kecepatan maksimal 155 km/jam. Nissan Leaf dibanderol dengan harga Rp649 juta untuk opsi one tone dan Rp 651 juta untuk opsi dual tone.

5. Mini Electric

Mini Electric
Mini Electric

Mobil listrik terlaris berikutnya adalah Mini Electric. Mobil listrik ini mampu terjual 18 unit. Mobil listrik ini memadukan teknologi elektrifikasi dengan sensasi berkendara gokart feeling yang selama ini menjadi ciri khas dari mobil-mobil MINI.

MINI Electric dapat menempuh kecepatan 100 km/jam dalam waktu 7,3 detik saja dengan kecepatan maksimum 150 km/jam. Dengan dilengkapi dengan baterai lithium ion berkapasitas 28,9 kWh. Saat kondisi baterai terisi penuh, mobil listrik ini mampu melaju sejauh 232 kilometer. Konsumsi listriknya mencapai 15.2 kWh per 100 kilometernya.

Harga Mini Electric terbilang cukup fantastic dari keempat mobil di atas, dengan nilai Rp1,050 miliar untuk varian Electric, dan Rp1,1 miliar untuk varian Resolute Edition.

Nah itu dia, 5 mobil listrik terlaris sepanjang 2022. Dengan Wuling Air EV Long Range sebagai juara pertamanya, disusul Wuling Air Standar Range, Hundai Ioniq 5, Hundai Ioniq Electric, Nissan Leaf, dan Mini Electric.

Namun apapun mobil listrik yang kamu pakai, kamu bisa banget mengganti velg standarnya menggunakan velg aftermarket dari HSR Wheel. Karena kualitas HSR Wheel yang telah berstandar VIA, JWL, dan SNI. Selain itu ada 1000 model yang bisa mengubah tampilan mobil kamu semakin mempesona. Informasi lebih lengkap, klik link di bawah ini.

Chat Disini

 

 

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan