Mobil Sering Kejebak Macet di Jalan? Awas Bisa Terjadi Hal Ini!

Mobil terjebak saat macet di jalan

Kemacetan merupakan fenomena umum yang sering terjadi di kota-kota besar, seperti di Jakarta, Surabaya, dan Bandung. Kemacetan sering kali membuat pengemudi stress sebab harus berpanas-panasan dan menunggu lama di jalan. Selain membuat pengemudi stress, mobil yang sering terjebak juga bisa mengalami kerusakan pada beberapa mesin.

Selain itu, salah satunya juga bisa mengakibatkan konsumsi bahan bakar meningkat. Berikut ini beberapa masalah yang timbul akibat mobil sering terjebak macet di jalan. Simak artikel di bawah ini sampai habis ya teman-teman Haiser!

Akibat Mobil Sering Terjebak Macet di Jalan

Macet merupakan suatu fenomena yang paling dibenci oleh para pengemudi sebab bisa memakan banyak waktu dan menguras emosi. Selain itu, macet juga bisa merusak beberapa komponen mobil. Berikut ini akibatnya. Simak sampai habis ya!

1. Mesin Mengalami Overheat

Orang yang mengemudi kendaraan saat macet
Orang yang mengemudi kendaraan saat macet

Mobil yang sering tejebak kemacetan sering kali memakan banyak waktu dan merusak beberapa komponen mobil. Selain itu, bisa menimbulkan terjadinya overheat. Sebab mobil terus dipaksa untuk bekerja dan mesin mobil menjadi panas.

Apalagi jika komponen mesin pendingin sedang tidak optimal. Tanda-tanda mesin mobil mengalami overheat, yaitu mesin mengelitik. Jika terus dipaksakan maka bisa menyebabkan kerusakan internal pada komponen mesin. Oleh karena itu, cek kondisi pendingin mobil, seperti radiator, kipas radiator, sampai sirkulasi air.

2. Rem Mobil Menjadi Rusak

Rem Mobil Rusak Saat Sering Terjebak Macet
Rem Mobil Rusak Saat Sering Terjebak Macet

Mobil yang sering terkena macet juga bisa membuat rem mobil menjadi cepat rusak. Rem mobil berfungsi untuk menahan laju kendaraan. Apabila suatu kendaraan selalu terjebak macet maka akan merusak rem mobil. Masalah ini sering kali terjadi pada mobil matic.

Sebab sistem kerja mobil matic hanya mengandalkan pedal rem untuk mengatur laju kendaraan, beda halnya dengan mobil manual yang mengandalkan kopling untuk menahan laju kendaraan. Sehingga selalu periksa kondisi rem mobil sebelum berpergian.

3. Kualitas Oli Semakin Menurun

Mengisi Oli mobil Agar Kualitas Oli Mobil Tidak Menurun
Mengisi Oli mobil Agar Kualitas Oli Mobil Tidak Menurun

Mobil yang sering terjebak dalam kemacetan akan membuat kualitas oli semakin berkurang. Sebab mobil dalam posisi diam atau bergerak lambat namun mesin tetap beroperasi. Sehingga oli mesin akan terus bersirkulasi. Hal ini mengakibatkan oli mobil terus berkurang dan lebih cepat jenuh.

Oleh karena itu, bagi kamu yang sering terjebak kemacetan usahakan untuk menggati oli mobil lebih cepat dari jarak penggantian normal agar mesin tetap tampil lebih prima.

4. Konsumsi BBM Menjadi Lebih Boros

Boros konsumsi bahan bakar
Boros konsumsi bahan bakar

Mobil yang sering terjebak macet tidak hanya akan membuang-buang waktu, tenaga, dan pikiran. Namun, juga akan membuang biaya operasional untuk konsumsi bahan bakar yang meningkat. Sebab dalam posisi macet, mesin akan tetap beroperasi sehingga diperlukan bahan bakar.

Nah itu dia, masalah yang sering timbul apabila kamu sering terjebak macet. Jadi disarankan untuk sering-sering mengecek kondisi komponen mobil terutama bagian mesin.

Baca Juga: 6 Ciri Mobil Boros BBM Yang Harus Kamu Waspadai

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan