Apa Saja Sih Kelebihan Ban Mobil Tubeless Dari Ban Biasa?

Kelebihan ban mobil tubeless

Ban mobil merupakan komponen terpenting dalam setiap kendaraan. Ban mobil yang bermasalah bisa membuat keseimbangan mobil menjadi terganggu. Ban mobil memiliki beragam jenisnya. Salah satunya ban mobil tubeless. Ban mobil tubeless merupakan ban mobil yang dirancang tanpa memiliki ban dalam. Berbeda dengan ban mobil biasa yang memakai ban dalam.

Berdasarkan situs Auto2000, ban mobil tubeless lebih nyaman digunakan untuk kegiatan sehari-hari sebab tidak adanya ban dalam. Meskipun harga ban mobil tubeless lebih mahal dari ban mobil biasa. Berikut ini alasan mengapa kamu harus menggunakan ban mobil tubeless untuk mobilmu. Simak informasi di bawah ini sampai habis ya!

Baca Juga: Ban Mobil Kurang Angin Bisa Meletus, Apa Sebabnya?

5 Kelebihan Ban Mobil Tubeless Dari Ban Biasa

Ban tubeless lebih nyaman digunakan untuk kegiatan sehari-hari daripada ban mobil biasa. Sebab ban mobil jenis ini dinilai lebih tahan terhadap kebocoran. Namun bukan berarti ban mobil jenis ini tidak bisa bocor. Berikut ini 5 kelebihan ban mobil tubeless dibanding ban mobil biasa.

1. Tidak Memerlukan Waktu Lama Untuk Menambal

Ban Mobil Tubeless Bocor
Ban Mobil Tubeless Bocor (Sumber: bebaspedia)

Kelebihan ban tubeless yang pertama adalah tidak memerlukan waktu lama untuk menambal. Sebab setiap membeli ban tubeless akan diberi cairan khusus anti bocor. Cairan ini berfungsi untuk menambal ban mobil bocor. Sehingga kamu bisa menambal ban mobil sendiri dalam keadaan darurat.

Cara menambalnya dengan mengoleskan cairan ini ke bagian ban mobil yang tertusuk benda tajam dan tunggu beberapa menit sampai cairan tersebut mengeras. Meski ban mobil telah ditambal dengan menggunakan cairan anti bocor, hindari penggunaan setiap hari. Kamu tetap harus ke bengkel untuk mengecek kebocorannya dan menambal secara sempurna.

2. Memiliki Daya Tahan Yang Lebih Kuat

Daya Tahan Ban Tubeless Lebih Kuat
Daya Tahan Ban Tubeless Lebih Kuat (Sumber: fastnlow)

Kelebihan ban tubeless selanjutnya adalah daya tahan ban mobil ini lebih kuat dari ban mobil biasa. Sebab ban mobil tipe ini tidak menggunakan ban dalam karena terdapat fluid sealant. Cairain ini berfungsi untuk merekatkan ban mobil yang terindikasi bocor.

Sehingga saat ban mobil jenis ini tertancap benda tajam maka cairan akan merekatkan kembali bagian yang terindikasi bocor. Sehingga kamu tidak perlu takut saat ban mobilmu tertancap benda-benda tajam saat di perjalanan. Sebab kamu bisa langsungĀ  menggunakan cairan anti bocor untuk menambal sementara.

3. Perawatan Mudah

Perawatan Ban Tubeless Lebih Mudah
Perawatan Ban Tubeless Lebih Mudah (Sumber: Wahana Otomotif)

Kelebihan ban mobil tubeless adalah perawatannya lebih mudah dari ban mobil biasa. Kamu hanya perlu menjaga tekanan angin agar kempes saat dalam perjalanan. Selain itu, kamu juga harus membersihkan bagian ban dan velg karena untuk mencegah terjadinya kelonggaran yang membuat tekanan angin menjadi kurang sempurna.

4. Sangat Baik Dalam Bermanuver

Ban Tubeless Baik Dalam Bermanucer
Ban Tubeless Baik Dalam Bermanucer (sumber: Forumterkininews)

Kelebihan ban tubeless selanjutnya adalah, ban mobil ini sangat baik dalam bermanuver. Sebab ban mobil ini memiliki bentuk yang stabil dan solid. Sehingga membuat ban tubeless mempunyai daya cengkraman yang baik saat digunakan untuk berpergian dari ban biasa. Karena hal ini lah, banyak orang yang menggunakan ban mobil jenis ini dalam berbagai ajang balap.

5. Aman Digunakan Saat Hujan

Ban Tubeless Anti Selip
Ban Tubeless Anti Selip (Sumber: Carmudi)

Kelebihan ban mobil tubeless yang terakhir adalah aman digunakan saat musim hujan. Sebab ban mobil ini mempunyai tapak yang lebih besar, relief grove atau kembangan yang lebih dalam dari ban biasa. Akibatnya daya cengkraman ban tubeless lebih kuat saat melewati jalan licin dan tidak mudah selip.

Nah itu dia, 5 keunggulan ban mobil tubeless dibanding ban mobil biasa yang bisa jadi bahan pertimbangan saat akan membeli ban. Kamu bisa membeli ban tubeless pada diler HSR Wheel yang terdekat di kotamu atau bisa memesan melalui marketplace shopee, tokopedia, bukalapak, dan lazada pada toko HSR Wheel.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan