Ukuran Ban Mobil Lihat Dimana?

Cara Melihat Ukuran Ban Mobil

Ban mobil merupakan salah satu komponen penting dalam setiap kendaraan yang berperan dalam menopang berat suatu kendaraan. Ukuran ban mobil yang terlalu kebesaran atau kekecilan bisa mempengaruhi kenyamanan saat berkendara.

Sehingga penting sekali untuk memilih ban mobil yang sesuai ukuran. Karena setiap mobil memiliki ukuran ban  yang berbeda-beda sesuai dengan spesifikasinya. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengganti ban mobil yang sesuai dengan ukuran standar. Agar performa kendaraan tidak terganggu.

Oleh karenanya, penting sekali untuk mengetahui ukuran ban mobil yang sesuai dengan standartnya masing-masing. Cara paling gampang adalah dengan melihat kode ban yang berada di ban bawaan dari mobil tersebut. Lantas bagaimana cara melihat ukuran ban mobil

Cara Melihat Ukuran Ban Mobil

Setiap ban mobil memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung dengan jenis mobil dan spesifikasinya. Sehingga penting sekali bagi kamu untuk bisa membaca ukuran ban mobil agar tidak salah pilih ukuran saat ingin menggantinya. Namun, tahukah kamu dimana letak ukuran ban mobil itu berada. Simak ulasan di bawah ini sampai habis!

Cek Pada Sisi Bagian Terluar Ban

Cara paling mudah untuk melihat ukuran ban adalah dengan melihat pada bagian sisi telapak ban mobil. Pada bagian tersebut, biasanya terdiri dari beberapa kode baik berupa deratan angka maupun huruf.

Kode yang tertera pada bagian telapak ban ini harus kamu ingat-ingat karena kode ini akan dibutuhkan saat kamu ingin membeli ban serep atau menggantinya.

Setiap kode ban mobil mewakili detail ban tertentu. Ada yang menunjukkan detail ukuran ban mobil, besar tekanan udara yang dibutuhkan, sampai tekanan beban yang harus ditampung oleh suatu ban. Berikut ini cara memahami ukuran ban mobil. Simak informasi di bawah ini sampai habis ya!

Baca Juga: Apakah Setiap Ganti Ban Mobil Perlu Balancing?

Cara Memahami Ukuran Ban Mobil

Berikut ini cara memahami kode ban mobil yang terletak pada bagian luar.

Cara Memahami Ukuran Ban Mobil
Cara Memahami Ukuran Ban Mobil

3 Kode angka paling depan

Pada bagian telapak ban mobil, kamu akan melihat 3 kode angka yang terdapat pada bagian depan. Contohnya kode ukuran ban mobil Brio 175/65 R14 82T .

Angka 175 menunjukan ukuran lebar ban dalam mm, angka 65 menunjukan ukuran persentase ketebalan ban terhadap lebar ban, disini berarti tebal ban sebesar 65 persen dari 175 mm = 113.75 mm.

Huruf dan Angka Setelah 2 Angka

Sering kali kamu menemukan kode R14. Lantas apa itu artinya? Kode R menunjukan jenis atau konstruksi dari ban itu sendiri yang artinya bahwa ban tersebut menggunakan ban Radial. Sedangkan 14 menunjukan ukuran diameter lingkar bagian dalam ban, dinyatakan dalam satuan inci (1 inci = 2.54 cm). Hal ini berarti diameter ban mobil Honda Brio adalah 14.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Toko Ban Mobil Terdekat di Jakarta

2 Angka terakhir dan huruf di belakangnya

2 angka dan huruf terakhir menunjukan index beban dan kecepatan maksimum. Maksud dari dua angka ini adalah menunjukan kemampuan menahan beban tumpuan dari mobil. 82T berarti 82 menunjukkan beban maksimum yang dapat ditanggung oleh ban tersebut sebesar 475 kg (angka ini dapat dibaca dari tabel yang dilampirkan). 

Sementara huruf T merupakan index kecepatan maksimum dimana sebuah ban dapat berfungsi dengan normal. Huruf T menunjukan kecepatan maksimum ban tersebut sebesar 190 km/jam.

Berikut ini kode huruf terakhir pada ban mobil:

Kode  Kecepatan Maksimum
S 180
T 190
U 200
H 210
V 220
W 230
Y 240
Nah itu dia cara membaca ukuran ban mobil yang benar. Dengan begitu, kamu tidak akan salah lagi dalam memilih ukuran ban mobil saat ingin mengganti ban mobil atau ketika ingin membeli ban serep. Kamu bisa membeli ban mobil pada diler HSR Wheel yang berada di kota kamu.
Ban mobil HSR Wheel memiliki kualitas yang sangat mumpuni. Selain itu, kamu juga bisa memiliki berbagai jenis ban mobil yang sesuai dengan jenis mobil dan kebutuhanmu.

Disamber Promo Diskon HSR Wheel

Diskon Velg HSR Wheel
Diskon Velg HSR Wheel

Menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru, HSR Wheel memberikan voucher istimewa sebesar 10 persen khusus untuk kamu yang ingin membeli 1 set velg HSR.  Agar tampilan luar mobil kamu terlihat semakin gagah dan menawan.

Sehingga kamu tidak perlu malu lagi saat kumpul bersama keluarga besar, keluarga pacar, ataupun teman-teman kamu. Karena HSR Wheel akan membuat kepercayaan diri kamu semakin tumbuh terutama di depan besan mertua. Buruan klaim voucher diskonnya dan rasakan manfaatnya sekarang juga. Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa menghubungi customer kami di bawah ini.

Chat Disini

 

 

 

 

 

 

 

 

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan