Mobil Slip saat Hujan, Ini Penyebab dan Cara mengatasinya!

Saat hujan, dibutuhkan kemampuan berkendara yang baik dan teknik khusus untuk menghindari resiko terjadinya potensi hydroplaning atau aquaplaning. Apalagi jika permukaan jalan yang dilewati banyak genangan air. Pasalnya, jika kamu tidak berhati-hati, maka resiko terjadinya mobil slip saat hujan juga semakin tinggi.

Penyebab Mobil Mengalami Slip

Kondisi slip dapat terjadi ketika air di depan ban mobil berkumpul lebih banyak dibandingkan jumlah air yang dapat di dorong oleh mobil.  Jika hal ini terjadi, maka mobil akan sedikit terangkat atau melayang di atas air diantara ban dan permukaan jalan. Akibatnya, mobil menjadi kehilangan kendali dari permukaan jalan dan mengalami selip. Bahkan, ban mobil ini bisa keluar dari jalan. Oleh sebab itu, dibutuhkan cara untuk mengatasinya.

Mobil mengalami slip bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti alur atau grip ban yang rapat pada permukaan ban sehingga membuat terhambatnya pemecahan air. Selain itu, tekanan angin ban yang kurang optimal, ketinggian permukaan air, permukaan jalan yang beraspal, dan bobot kendaraan ringan dapat mempengaruhi terjadinya slip.

slip saat hujanBagaimana Cara Mengatasi Mobil yang Slip saat Hujan?

Ketika berkendara saat hujan, penting bagi kamu untuk mengendalikan kecepatan mobil agar traksi ban tetap terjaga. Namun, jika mobil telah mengalami slip, kamu sebaiknya tetap tenang dan jangan panik. Lakukanlah langkah-langkah di bawah ini.

Pertama, tahan setir mobil ke arah slip. Kemudian, lakukan bantingan setir. Jika bantingan ke kanan, maka arahkan setir ke kanan, baru setelah itu banting atau counter ke arah kiri. Kemudian, secara bersamaan jangan lupa untuk putuskan penggerak roda dengan cara menginjak kopling untuk mobil manual atau pindahkan transimi ke N (netral) jika mobil transmisi otomatis.

Hal tersebut dilakukan agar perputaran roda menjadi sama dengan momentum yang ada. Setelah mendapatkan kendali penuh, kamu baru boleh mengarahkan mobil ke posisi yang lebih aman atau melakukan pengereman untuk mengurangi laju kendaraan.

Penting untuk kamu ketahui, jangan pernah melakukan teknik rem engine brake saat mobil mengalami slip, hal ini hanya akan menambah resiko slip terjadi semakin parah. Sebab, dalam kondisi slip sangat tidak disarankan untuk melakukan pengurangan kecepatan secara tiba-tiba.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan