Perhatikan 3 Hal Penting Ini Saat Memeriksa Kondisi Oli Power Steering

Power steering merupakan komponen yang erat kaitannya dengan sistem kemudi dalam memutar setir. Sistem power steering sendiri menggunakan hidrolik agar setir menjadi lebih ringan ketika digunakan. Sebab itu, pemilik mobil sebaiknya harus memeriksa kondisi oli power steering.

Bagaimana Caranya Memeriksa Kondisi Oli Tersebut?             

Memeriksa kondisi oli power steering penting dilakukan, sebab jika tidak maka akan membuat setir terasa lebih berat dan dapat merusak bagian rack dan pinion yang ada di sistem power steering.  Berikut di bawah ini hal apa saja yang harus diperhatikan saat memeriksa kondisi oli power steering.

Cek Ketinggian 

cek ketinggian

Untuk mengecek ketinggian oli, kamu bisa melihatnya dari luar tabung jika bahan yang digunakan adalah plastik dan tembus pandang. Namun, jika tabung oli ternyata tidak tembus pandang kamu bisa memeriksanya menggunakan dipstick yang terletak pada tutupnya. Agar mendapatkan hasil akurat saat mengeceknya, dianjurkan untuk memeriksanya setelah mesin mobil menyala beberapa menit disertai dengan memutar-mutar setir beberapa kali. Setelah itu, pastikan petunjuk gradasi pada dipstick sudah tepat dan sesuai tanda, sebab beberapa tangki hanya terdapat tanda min atau max saja.

Cek Warna 

warna

Warna oli pada power steering menunjukan baik atau tidaknya kondisi oli dalam tabung. Sebab, oli yang baik berwarna bening, oranye, atau merah muda tua. Sedangkan oli yang warnanya berubah menjadi coklat hingga hitam artinya telah terkontaminasi dengan karet dari selang atau seal dan ring. Untuk memastikannya kembali, kamu bisa menyeka oli yang diambil dari tabung ke sehelai kain atau tisu, saat hasil yang didapatkan berwarna jernih, maka oli tersebut tidak terkontaminasi. Apabila warnanya sangat gelap dan kotor, sebaiknya kamu perlu membawanya ke bengkel untuk memastikan tindakan apa yang tepat setelah ini.

Menambahkan Oli Power Steering

Saat memeriksa oli power steering dalam keadaan baik, namun ketinggian olinya sudah menyusut. Kamu bisa menambahkannya dengan cara memastikan jenis oli yang digunakan sudah tepat dengan tingkat kekentalan yang pas. Sebab jika tidak, dikhawatirkan akan membuat fungsi oli tidak optimal dan tutupnya mengalami kerusakan.

Selain itu, saat menambahkan oli dalam tabung kamu harus melakukannya secara hati-hati. Idealnya, jangan sampai berlebihan. Sebab, oli  akan memuai saat mesin mobil sudah panas. Dikhawatirkan ketika mobil telah digunakan malah akan menimbulkan masalah baru yang lainnya akibat hal tersebut.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan