Pengertian Harga OTR Dalam Perhitungan Kredit Mobil

Pengertian Harga OTR

Pada saat kamu ingin membeli mobil, kamu akan mendengar istilah OTR. Istilah ini sering digunakan oleh para sales atau diler saat mereka menawarkan produknya. Harga OTR tergantung pada harga pasar terhadap kendaraan roda dua maupun roda empat. Selain On The Road, ada juga istilah Off The Road.

Lantas harga OTR itu apa sih? Kenapa istilah ini sering kali dipakai saat seseorang ingin membeli satu unit mobil secara kredit? Berikut ini pengertian harga OTR dalam perhitungan kredit mobil dan perbedaan OTR dengan OFR. Simak ulasan di bawah ini sampai habis ya teman-teman HSR!

Baca Juga: Harga Honda HRV 2022 Terbaru Beserta Spesifikasinya!

Pengertian Harga OTR dan Perbedaannya Dengan OFR

Harga OTR adalah harga jual atau harga beli suatu kendaraan setelah ditambahkan biaya pajak dan berbagai dokumen yang diberikan. Dengan kata lain harga OTR merupakan harga keseluruhan yang harus pembeli bayar saat membeli kendaraan. Jadi, harga OTR mencangkup harga kendaraan, pajak kendaraan, STNK, BPKP, dan plat nomor kendaraan.

Sedangkan harga Off The Road adalah harga yang harus dibayarkan oleh pembeli namun belum termasuk dokumen-dokumen penting, seperti pajak kendaraan, STNK, BPKP, dan plat nomor kendaraan. Jadi, harga Off The Road hanya harga kendaraan tersebut saja.

Metode pembayaran Off The Road jarang digunakan karena metode pembayaran ini dianggap lebih rumit. Kamu harus mengurus dokumen-dokumen sendiri dan kendaraan yang kamu beli belum bisa digunakan untuk berpergian. Baik harga On The Road (OTR) maupun harga Off The Road (OFR) akan berbeda-beda untuk setiap provinsi.

Kelebihan dan Kekurangan Harga OTR

Seperti yang telah dijelaskan di atas, harga OTR adalah harga jual suatu kendaraan yang telah didaftarkan ke pihak Polri, Dispenda, dan Samsat. Pendaftaran kendaraan tersebut memuat pembuatan STNK, plat nomor kendaraan, hak milik kendaraan, dan BPKB.

Harga OTR berbeda-beda setiap Provinsi. Karena biaya pengiriman setiap daerah berbeda-beda. Jadi, semakin murah biaya pengiriman kendaraan di daerah tersebut maka harga OTR-nya akan lebih murah dari harga OTR daerah lain. Semisal kamu membeli mobil di Jakarta maka harga OTR akan mengikuti daerah tersebut dan kamu akan mendapatkan STNK dan BPKB.

Kelebihan membayar kendaraan dengan harga OTR adalah kamu tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menggunakan mobil tersebut dan kamu juga tidak perlu ribet-ribet mengurus dokumen-dokumen kendaraan. Karena kamu akan menerima paket lengkap setelah membayarnya.

Sedangkan kekurangan dari harga OTR adalah harga setiap daerah akan berbeda-beda tergantung dengan biaya pengirimannya. Biasanya harga OTR akan lebih mahal dari harga Off The Road. Nah itu dia, pengertian OTR dan perbedaannya dengan harga Off The Road. Jadi, bagi kamu yang tidak suka ribet saat membeli satu unit kendaraan, membeli dengan harga OTR bisa jadi solusinya.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan