Berita Otomotif

Pentingnya Asuransi Mobil untuk Menghindari Kantong “Boncos”

Asuransi Mobil – Permintaan kendaraan mobil untuk saat ini mengalami kenaikan dari tahun-tahun sebelumnya. Berbagai brand, model, dan tipe mobil hadir untuk menunjang mobilitas masyarakat. Khususnya di daerah perkotaan yang memiliki tingkat mobilitas tinggi.

Jika dibandingkan dengan jenis kendaraan pribadi lainnya, mobil memberikan utilitas yang lebih baik bagi penggunanya. Dengan kapasitas yang lebih banyak, fitur kenyamanan yang tersemat, serta fitur keamanan dalam mobilisasi. Hal ini yang membuat mobil permintaan mobil meningkat.

Melihat permintaan pasar yang sangat tinggi. Banyak produsen mobil kini berlomba-lomba menawarkan produknya dengan segudang fitur dan fasilitas terbaru. Jika melihat pasar Indonesia saat ini, harga mobil tidak lagi mahal. Alasannya karena ada beberapa produsen yang menghadirkan mobil untuk kelas menengah ke bawah dengan harga disekitar 100 jutaan saja.

Selain itu, hadirnya perusahaan leasing  bisa membantu masyarakat dalam mencicil mobil sesuai dengan kesanggupannya. Lama cicilan yang ditawarkan pun cukup beragam. Ada yang mulai dari 2 tahun hingga 6 tahun yang dikalkulasikan dari kemampuan sang pembeli. Jika melihat harga dan kemudahan membelinya, maka tak heran banyak masyarakat Indonesia yang saat ini membeli mobil untuk kebutuhan mobilitasnya.

Kelebihan Asuransi Mobil yang Perlu Diketahui

Dari setiap pembelian mobil secara kredit, pihak leasing biasanya memberikan asuransi mobil yang berlaku dalam rentang waktu tertentu. Pada umumnya, terdapat dua pilihan asuransi mobil, yakni asuransi TLO dan asuransi mobil all risk. Dengan menggunakan asuransi mobil. maka kamu sebagai pemilik akan mendapat perlindungan yang lebih lengkap untuk mobil yang baru saja dibeli secara kredit tersebut.

Namun, ketika kita mencicil kendaraan yang memiliki rentang waktu cicilan yang panjang. Tentu risiko yang ada tidak hanya kerusakan pada mobil yang kita beli saja. Selama kita menggunakan kendaraan tersebut, tentu ada banyak risiko lain yang tidak dapat kita pastikan. Sebut saja seperti kecelakaan mobil, sakit, atau bahkan meninggal dunia.

Namun, ketika kamu telah memiliki asuransi lain seperti asuransi jiwa atau pun kesehatan yang dapat mengatasi kerugian finansial atas risiko tersebut, tentu saja cicilan mobil tetap harus berjalan bukan? Maka dari itu, beberapa perusahaan asuransi juga menawarkan asuransi kredit yang dapat membantu biaya cicilan.

Mengenal Asuransi Kredit

Asuransi kredit ini dapat mengcover biaya cicilan kendaraan dari seseorang yang merupakan penanggung cicilan namun mengalami kecacatan atau meninggal dunia sedangkan cicilan mobil masih berjalan. Asuransi jenis ini kurang lebih mirip dengan asuransi jiwa yang memberikan perlindungan diri sendiri, namun terdapat persentase harga kendaraan dalam perhitungan besar pertanggungan asuransinya yang nantinya dapat digunakan untuk pembayaran cicilan hingga tuntas.

Dengan adanya asuransi model ini, dapat membantu masyarakat yang mengalami kesulitan dalam membayar cicilan karena keadaan yang tak memungkinkan untuk penanggung cicilan melakukan pembayaran. Model asuransi ini bisa muncul karena ada beberapa pihak leasing yang tidak peduli atas hal yang menimpa debiturnya sehingga kesulitan dalam membayar cicilan.

Selain itu, perlu diperhatikan pula apakah asuransi kredit ini sudah masuk ke asuransi yang dipasangkan oleh pihak leasing, khususnya ketika biaya asuransinya sangat besar. Dalam memilih produk asuransi, perlu diperhatikan pula manfaatnya. Ketika kamu mengecek biaya asuransi yang dipasangkan oleh pihak leasing tersebut, kamu bisa mengecek pula manfaat-manfaat yang ditawarkan.

Diantaranya dari adanya manfaat dari bengkel rekanan, biaya perbaikan yang ditanggung, dan juga termasuk besar pertanggungan cicilan ketika penanggung cicilan sudah meninggal atau mengalami kecacatan. Jangan sampai kamu tidak memperhatikan dengan detail syarat dan ketentuan yang berlaku pada kontrak asuransimu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Artikel Terbaru

Mobil Termurah di Indonesia Cuma 100 Juta

Daihatsu Ayla 1.0 D MT merupakan mobil termurah di Indonesia pada masa kini. Daihatsu Alya… Selengkapnya

28 Mei 2022

Rekomendasi Velg All New Avanza Agar Tambah Gahar

Avanza merupakan salah satu mobil idaman bagi masyarakat Indoesia. Selain karena fitur-fiturnya yang lengkap,  Harga… Selengkapnya

28 Mei 2022

Sunroof Bocor? Apa Sebabnya?

Sunroof merupakan salah satu fitur yang terletak di atap mobil. Fungsinya untuk melihat pemandangan dari… Selengkapnya

27 Mei 2022

Kenapa Sunroof HR-V Terbaru Hanya Bisa Dibuka Secara Manual?

Panoramic sunroof merupakan salah satu fitur yang terletak pada bagian atas mobil. Fitur ini berfungsi… Selengkapnya

26 Mei 2022

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Mobil Taruna!

Mobil Taruna merupakan salah satu jenis mobil SUV yang diproduksi oleh perusahaan Daihatsu dan diperkenalkan… Selengkapnya

26 Mei 2022

Apakah Velg Replika Aman Digunakan?

Velg merupakan salah satu komponen kaki-kaki mobil yang memiliki peran penting dalam meningkatkan performa kendaraan.… Selengkapnya

25 Mei 2022