Pentingnya Asuransi Mobil untuk Menghindari Kantong “Boncos”

Asuransi Mobil

Asuransi Mobil – Permintaan kendaraan mobil untuk saat ini mengalami kenaikan dari tahun-tahun sebelumnya. Berbagai brand, model, dan tipe mobil hadir untuk menunjang mobilitas masyarakat. Khususnya di daerah perkotaan yang memiliki tingkat mobilitas tinggi.

Jika dibandingkan dengan jenis kendaraan pribadi lainnya, mobil memberikan utilitas yang lebih baik bagi penggunanya. Dengan kapasitas yang lebih banyak, fitur kenyamanan yang tersemat, serta fitur keamanan dalam mobilisasi. Hal ini yang membuat mobil permintaan mobil meningkat.

Melihat permintaan pasar yang sangat tinggi. Banyak produsen mobil kini berlomba-lomba menawarkan produknya dengan segudang fitur dan fasilitas terbaru. Jika melihat pasar Indonesia saat ini, harga mobil tidak lagi mahal. Alasannya karena ada beberapa produsen yang menghadirkan mobil untuk kelas menengah ke bawah dengan harga disekitar 100 jutaan saja.

Selain itu, hadirnya perusahaan leasing  bisa membantu masyarakat dalam mencicil mobil sesuai dengan kesanggupannya. Lama cicilan yang ditawarkan pun cukup beragam. Ada yang mulai dari 2 tahun hingga 6 tahun yang dikalkulasikan dari kemampuan sang pembeli. Jika melihat harga dan kemudahan membelinya, maka tak heran banyak masyarakat Indonesia yang saat ini membeli mobil untuk kebutuhan mobilitasnya.

Kelebihan Asuransi Mobil yang Perlu Diketahui

Dari setiap pembelian mobil secara kredit, pihak leasing biasanya memberikan asuransi mobil yang berlaku dalam rentang waktu tertentu. Pada umumnya, terdapat dua pilihan asuransi mobil, yakni asuransi TLO dan asuransi mobil all risk. Dengan menggunakan asuransi mobil. maka kamu sebagai pemilik akan mendapat perlindungan yang lebih lengkap untuk mobil yang baru saja dibeli secara kredit tersebut.

Namun, ketika kita mencicil kendaraan yang memiliki rentang waktu cicilan yang panjang. Tentu risiko yang ada tidak hanya kerusakan pada mobil yang kita beli saja. Selama kita menggunakan kendaraan tersebut, tentu ada banyak risiko lain yang tidak dapat kita pastikan. Sebut saja seperti kecelakaan mobil, sakit, atau bahkan meninggal dunia.

Namun, ketika kamu telah memiliki asuransi lain seperti asuransi jiwa atau pun kesehatan yang dapat mengatasi kerugian finansial atas risiko tersebut, tentu saja cicilan mobil tetap harus berjalan bukan? Maka dari itu, beberapa perusahaan asuransi juga menawarkan asuransi kredit yang dapat membantu biaya cicilan.

Mengenal Asuransi Kredit

Asuransi kredit ini dapat mengcover biaya cicilan kendaraan dari seseorang yang merupakan penanggung cicilan namun mengalami kecacatan atau meninggal dunia sedangkan cicilan mobil masih berjalan. Asuransi jenis ini kurang lebih mirip dengan asuransi jiwa yang memberikan perlindungan diri sendiri, namun terdapat persentase harga kendaraan dalam perhitungan besar pertanggungan asuransinya yang nantinya dapat digunakan untuk pembayaran cicilan hingga tuntas.

Dengan adanya asuransi model ini, dapat membantu masyarakat yang mengalami kesulitan dalam membayar cicilan karena keadaan yang tak memungkinkan untuk penanggung cicilan melakukan pembayaran. Model asuransi ini bisa muncul karena ada beberapa pihak leasing yang tidak peduli atas hal yang menimpa debiturnya sehingga kesulitan dalam membayar cicilan.

Selain itu, perlu diperhatikan pula apakah asuransi kredit ini sudah masuk ke asuransi yang dipasangkan oleh pihak leasing, khususnya ketika biaya asuransinya sangat besar. Dalam memilih produk asuransi, perlu diperhatikan pula manfaatnya. Ketika kamu mengecek biaya asuransi yang dipasangkan oleh pihak leasing tersebut, kamu bisa mengecek pula manfaat-manfaat yang ditawarkan.

Diantaranya dari adanya manfaat dari bengkel rekanan, biaya perbaikan yang ditanggung, dan juga termasuk besar pertanggungan cicilan ketika penanggung cicilan sudah meninggal atau mengalami kecacatan. Jangan sampai kamu tidak memperhatikan dengan detail syarat dan ketentuan yang berlaku pada kontrak asuransimu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan