Kategori: Tips Otomotif

Penyebab Mobil Kebakar, Kenali 4 Hal Ini Sebelum Terlambat!

Pada dasarnya, penyebab mobil kebakar tentunya bisa disebabkan oleh beberapa hal. Nah dengan mengetahui akar mulanya, kamu bisa meminimalisir hal tersebut agar tidak menimpa mobil kesayangan kamu. Namun, tidak semua pengendara mengetahuinya. Simak berikut ini penjelasan lengkapnya.

Penyebab Mobil Kebakar 

Ada beberapa penyebab mobil kebakar yang perlu kamu ketahui. Hal ini dikarenakan kebakaran mobil bukanlah sesuatu hal yang langka terjadi. Bahkan, memungkinkan menimpa siapa saja. Nah berikut ini pemaparan lengkapnya.

Kebocoran Bahan Bakar dan Oli

Cairan seperti bensin, solar, oli mesin, oli power steering, oli transmisi, dan cairan pendingin mesin sebenarnya merupakan cairan yang rentan terbakar. Biasanya, kondisi tersebut dapat terjadi karena kebocoran pada selang atau tangkinya.

Nah seandainya kamu mencium bau bensin di sekitar atau di dalam mobil, maka kamu harus segera mencari sumbernya. Setelah itu, segera perbaiki komponen tersebut untuk menghindari terjadinya kebakaran.

Terdapat Kabel yang Terkelupas

Dalam hal ini, jika keadaan mobil kamu sedang tidak stabil maka memungkinkan kabel yang rapuh bisa saling bergesekan. Hal inilah yang bisa menyebabkan kabel menjadi terkelupas sehingga menimbulkan percikan api. Adapun jika kamu menyium bau sengit, maka segeralah untuk menghentikan mobil kamu untuk menghindari terjadinya hal tersebut.

Mesin Overheat

Saat mesin mobil bekerja terlalu keras, maka dapat membuat suhunya menjadi lebih panas atau yang sering disebut dengan istilah overheat. Biasanya, hal ini terjadi karena adanya kerusakan pada bagian radiator mobil yang menyebabkan mesin tidak bisa beroperasi secara efisien. Nah gesekan pada komponen mesin inilah yang bisa memicu terjadinya kebakaran pada mobil.

Modifikasi yang Salah

Dalam melakukan modifikasi, tentunya kamu juga harus memperhatikan dari segi keamanannya. Jangan sampai demi tampil modis, kamu melupakan hal tersebut. Salah satunya, ketika kamu melakukan modifikasi pada bagian fog lamp.

Sering kali, pemilik mobil tidak mengetahui bahwa watt pada fog lamp yang terlalu besar dapat memicu terjadinya kebakaran pada mobil. Oleh karena itu, kamu perlu memahami sejumlah aturan dalam melakukan modifikasi. Kamu bisa membaca artikel HSR Wheel ini untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan pada mobil kesayangan kamu.

Pos Terbaru

Isi Air Radiator, Lebih Baik dengan Apa?

Ketika mengisi air radiator mobil, maka tak jarang banyak orang yang menggunakan cairan khusus atau… Read More

2 hari ago

Mau Tampil Sporty? Inilah Tips Modifikasi Honda City!

Sebelum melakukan modifikasi Honda City, biasanya kamu akan mencari berbagai referensi berkaitan dengan hal itu.… Read More

3 hari ago

Tarif Pajak Plat Nomor Cantik Terbaru

Saat di jalan raya, kamu pasti pernah melihat atau menginginkan plat nomor cantik dengan angka… Read More

5 hari ago

Ayla Modifikasi, Berani Tampil Beda di Kelas LCGC!

Pada dasarnya, Ayla modifikasi sering kali menjadi pilihan yang tepat untuk membuat tampilan mobil LCGC… Read More

5 hari ago

Bengkel Modifikasi Mobil

Melakukan modifikasi sangat lazim dilakukan oleh para pecinta mobil. Selain bertujuan untuk keindahan atau estetika,… Read More

6 hari ago

Inilah 4 Tips Memilih Tempat Kursus Setir Mobil!

Pada dasarnya, kamu tidak bisa sembarangan dalam memilih tempat kursus setir mobil. Apalagi, kamu perlu… Read More

6 hari ago