3 Perbedaan Mobil Listrik Dan Hybrid

Perbedaan Mobil Listrik dan Hybrid

Perbedaan Mobil Listrik Dan Hybrid – Dengan semakin majunya teknologi saat ini maka semakin banyak juga inovasi-inovasi terbaru di dunia otomotif. Semakin berkembangnya jaman juga, seluruh pihak perlu memiliki kesadaran yang cukup tinggi akan lingkungan sekitar. Oleh karena itu industri otomotif memiliki cara tersendiri untuk mengatasi isu-isu lingkungan yang ada saat ini.

Pengembangan mobil listrik dan juga hybrid adalah wujud nyata yang dilakukan oleh berbagai produsen otomotif untuk menjawab dan juga turut menjaga kestabilan lingkungan ekitar yang semakin hari semakin buruk karena polusi. Walaupun kedua jenis mobil tersebut sama-sama ramah lingkungan, namun ternyata ada beberapa perbedaan diantara keduanya.

Perbedaan Mobil Listrik Dan Hybrid

Lalu, apa saja perbedaan mobil listrik dan hybrid ini? Berikut ulasan lengkapnya bisa kamu simak di bawah ini :

Perbedaan Mesin

Salah satu perbedaan yang paling mendasar dari kedua jenis mobil ini adalah pada sisi mesinnya. Dimana untuk mobil listrik mampu melaju dan berfungsi karena adanya motor listrik yang disokong oleh daya baterai itu sendiri. Sedangkan untuk mobil hybrid sendiri memiliki mesin ganda gabungan antara motor listrik dan mesin konvensional.

Pengemudi bisa menentukan ingin menggunakan mesin yang mana sesuai dengan keinginannya. Selain itu ada perbedaan lainnya dari sisi daya baterai. Mobil listrik untuk mengisi daya perlu dilakukan charger hingga penuh, sedangkan untuk mobil hybrid dayanya akan terisi secara otomatis melalui gaya kinetik seperti saat melakukan pengereman.

Beda Perawatan

Perbedaan selanjutnya ada pada proses perawatan kedua jenis mobil ini. Contohnya untuk mobil hybrid sendiri, jika diperhatikan lebih dalam, mobil hybrid ini memiliki biaya perawatan lebih murah dibandingkan dengan mobil konvensional lainnya. Hal tersebut dikarenakan kinerja mesin yang akan terbagi menjadi dua hingga tidak akan membebani mesin di satu sisi saja. Kecuali memang apabila ada kerusakan pada sistem motor listrik yang bilamana itu terjadi maka kamu perlu siap merogoh kantong yang agak dalam.

Untuk mobil listrik sendiri jarang dilakukan pemeriksaan pada bagian teknisnya, karena memang mobil ini ketika dilakukan pemeriksaan hanya perlu melalui komputerisasi, fisik mobil seperti kaki-kaki, hingga keseimbangan setir. Untuk biaya perawatannya sendiri bisa dibilang cukup mahal, dikutip dari data Tesla sendiri mengatakan rata-rata pemilik mobil Tesla perlu mengeluarkan uang Rp 1,7 juta untuk perbulannya.

Perbedaan Mobil Listrik Dan Hybrid : Harga

Mobil listrik sendiri memang menawarkan hemat energy yang sangat baik, namun jangan kaget ketika mengetahui harga dari mobil listrik tersebut. Sebagai contoh kita ambil mobil listrik Tesla P100D yang merupakan varian mobil high-end Tesla dengan harga jual sebesar Rp 4,4 miliar. Harga yang cukup tinggi dan juga setara dengan mobil konvensional premium lainnya.

Lalu, berapa harga mobil hybrid? Sebagai contoh kita ambil mobil sedan premium dari produsen ternama Toyota yaitu Camry yang notabene menjadi mobil para pejabat pemerintahan. Toyota Camry Hybrid 2019 sendiri bisa kamu memiliki dengan harga sebesar Rp 806 jutaan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan