Perhatikan 4 Hal Penting Ini Sebelum Semir Ban Mobil!

semir ban mobil

Ada banyak cara untuk membuat mobil tampil lebih menawan dan tetap keren, salah satunya dengan memberikan semir pada ban mobil. Semir ban mobil digunakan untuk membuat bagian kaki-kaki mobil tampil lebih mengkilap dan bersinar.

Tak heran jika saat ini ada banyak produk semir ban mobil yang beragam di pasaran mulai dari merek dan jenisnya. Terkadang hal iniĀ  kerap kali membuat bingung harus memilih semir ban seperti apa yang tepat untuk mobil kesayangan kamu. Sebab itu, ketahui hal-hal penting di bawah ini sebelum kamu semir ban mobil.

semir ban mobil

Jenis Semir Ban

Semir ban yang beredar dipasaran ada berbagai macam jenisnya. Umumnya kamu akan banyak menemukan semir ban berbentuk cair, gel, dan juga foam di pasaran. Setiap jenis semir ban memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal ini berkaitan dengan cara pengaplikasiannya, kamu tinggal memilih ingin simpel, mudah, atau praktis.

Material Semir Ban

Ada dua jenis material semir ban, yaitu yang mengandung silicon dan aerosol. Umumnya material silikon ini terkandung pada semir jenis cair dan sering ditemukan di tempat cuci-cuci mobil pada umumnya. Karakteristik yang dimiliki kandungan silicon dapat membuat ban lebih mengkilap dan semakin menarik. Kekurangannya, terlihat wet look atau berminyak dan lengket, serta minus unsur cleanernya.

Semir ban material silikon tidak dianjurkan untuk pemakaian jangka panjang. Sebab, jika digunakan terus-menerus dapat merusak permukaan dan membuat karet ban mobil menjadi kehilangan daya elastis dan mudah getas. Sedangkan semir ban material foam mengandung aerosol, semir ini lebih baik digunakan jika untuk jangka lama dibandingkan yang mengandung silokon. Soal hasil, selain membuat mengkilap material ini dapat membuat ban terlihat hitam dan mengandung unsur cleaner juga.

Tipe Semir Ban

Tipe semir ban dibedakan dengan cara pengaplikasiannya. Sebab, setiap semir ban punya cara pengaplikasiannya yang berbeda-beda. Kamu bisa memilih ingin menggunakan tipe semir seperti apa. Misalnya saja, semir ban foam yang lebih praktis digunakan dibandingkan semir ban bentuk cair yang harus menggunakan tambahan alat lagi seperti kuas.

Jika kamu orang yang tidak mau repot, sebaiknya kamu menggunakan semir ban foam karena selain praktis, tidak memakan banyak waktu juga. Tapi jika kamu ingin hasil yang detail, kamu bisa menggunakan semir cair yang dapat membuat ban mobil mengkilap secara merata walau cukup memakan waktu. Semua kembali lagi tergantung pada selera masing-masing orang.

Harga Semir Ban

Soal harga, tentu saja merupakan hal penting yang harus ikut dipertimbangkan. Harga semir ban memang tidak terlalu mahal, tetapi karena akan diaplikasikan berkali-kali harga semir ban menjadi hal penting untuk diperhatikan.

Saat kamu membeli harga semir ban yang mahal, kamu harus konsisten menggunakannya. Jangan sampai kamu bergonta-ganti merek dan tidak konsisten. Sebab, hal ini akan berpengaruh pada kualitas ban mobil jika bergonta-ganti semir, apalagi ala kadarnya. Sebaiknya gunakan semir ban dengan kualitas yang sama atau setara jika digunakan untuk jangka panjang.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan