Shockbreaker Amblas, Mending Beli Baru Atau Diperbaiki?

Shockbreaker amblas

shockbreaker atau shock absorber merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki peran penting dalam menunjang kenyamanan saat berkendara. Pada saat permukaan jalan tidak rata atau bergelombang, maka komponen ini akan merendam guncangan mobil sehingga pengendara dan penumpang tidak merasakan guncangan yang ada.

Komponen ini memiliki usia pemakaian sama halnya komponen lain dalam mobil. Biasanya bertahan sampai 5 tahun. Apabila telah melewati usia tersebut akan membuat kinerjanya semakin berkurang. Selain karena melebihi usia pemakaian, kinerja shockbreaker juga akan menurun apabila komponen tersebut mengalami kerusakan.

Menurut laman dari Suzuki, shockbreaker yang rusak bisa ditandai dengan adanya munculnya cairan yang keluar pada tabung shockbreaker. Apabila muncul tanda ini maka dapat disimpulkan, shock breaker tersebut sudah mengalami kebocoran. Kebocoran oli akan tampak di batang as, menjadi lebih lembab dan bagian seal shock breaker juga akan terlihat basah. Saat oli shock bocor dan akhirnya habis, maka pergerakan shockbreaker akan semakin terhambat.

Apabila sudah terhambat maka akan membuat shockbreaker menjadi semakin keras dan bahkan bisa sampai macet. Sebab oli shockbraker mengalami kerasakan karena komponen ini memiliki fungsi sebagai pelumas. Oleh sebab itu, segera bawa ke bengkel terdekat untuk mencari tahu penyebab kerusakan shockbreaker.

Baca Juga: Jadi Ini Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat Diam

Lantas Apabila Shockbreaker Amblas, Mending Beli Baru Atau Diperbaiki?

Shockbreaker amblas dapat dirasakan saat berkendara karena komponen ini tidak bisa menyerap gunjangan dengan baik. Hal ini dapat disebabkan karena pada bagian tabung penuh dengan kerak maupun karat. Terlebih lagi jika mobil jarang digunakan.

Tidak hanya itu saja, kebengkokan pada shockbreaker juga akan membuat as shockbreaker menjadi terkunci saat masuk. Hal ini disebabkan karena tabrakan atau benturan pada bagian roda depan.

Solusi untuk memperbaiki shock depan ambles karena faktor bengkok, dapat melalui press pada as shockbreaker. Akan tetapi, apabila kondisi shock depan sudah parah sebaiknya langsung diganti dengan yang baru.

Sedangkan solusi untuk mengatasi shockbreaker yang berkarat bisa dengan membersihkannya menggunakan amplas agar semakin mengkilap. Dan apabila pers shockbreaker patah, maka segera ganti dengan yang baru. Sebab dengan mengganti per shock yang baru, semua masalah akan teratasi.

Baca Juga: Mengenal Jenis Jenis Suspensi Mobil

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan