Tips Aman Simpan Mobil Selama Masa PSBB

Tips Aman Simpan Mobil

Tips Aman Simpan Mobil – Karena kasus virus corona setiap hari angkanya tak menunjukan penurunan, maka pada tanggal 14 September 2020 kemarin Pemerintah Daerah DKI Jakarta memutuskan untuk memberlakukan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal tersebut guna menekan angka penularan yang setiap harinya mengalami peningkatan. Imbasnya, banyak perusahaan yang kembali melakukan pekerjaan melalui rumah atau biasa disebut Work From Home (WFH).

Dan tentu saja akan ada banyak kendaraan termasuk mobil yang tidak akan digunakan alias diparkir dalam jangka waktu yang lama. Keadaan tersebut akan membuat mobil roda empat ini yang jarang digunakan berpotensi mengalami kerusakan pada komponen-komponen tertentu. Permasalahan yang terjadi adalah seperti timbulnya karat, timbulnya jamur di bagian mobil, penyumbatan bahan bakar, muncul gas berupa zat asam di dalam tangki oli, dan ban mobil akan mengalami pengempisan.

Tips Aman Simpan Mobil

Menghindari hal tersebut, maka kamu perlu mengetahui beberapa tips untuk menyimpan kendaraan dalam waktu yang lama dan tetap aman. Berikut ulasan lengkapnya bisa kamu simak di bawah ini :

Servis Terlebih Dahulu

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, maka lebih baik mobil kamu diservis terlebih dahulu. Servis tersebut meliputi penggantian oli dan filternya yang merupakan prioritas utama. Mengisi ulang radiator dengan coolant agar melindungi mesin dari elemen seperti uap air dan juga serbuk logam.

Lalu jangan lupa untuk isi bahan bekar dengan penuh dan beroktan tinggi. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya karat pada tangki. Pastikan juga kelistrikan mobil agar tetap aman, karena memang komponen-komponen listrik pada mobil akan rawan rusak jika jarang digunakan dalam waktu yang lama.

Cuci Mobil Terlebih Dahulu

Mencuci mobil sebelum disimpan dalam waktu yang lama memiliki manfaat untuk mencegah rusaknya cat dan timbulnya karat pada bodi mobil. Manfaat lainnya adalah bisa menjaga kualitas warna mobil dan bebas bakteri dari kotoran ataupun debu.

Jauhkan Wiper Dari Kaca

Mobil yang jarang digunakan akan berpotensi mengganggu kinerja wiper seperti karet wiper yang menjadi keras. Agar tidak terjadi seperti hal tersebut maka jauhkan wiper dengan kaca dan berikan space dengan ganjalan yang lembut seperti busa.

Perhatikan Ban Mobil

Ban mobil jika tidak mengalami rotasi maka akan kempes. Hal tersebut dikarenakan adanya perubahan temperature sehingga menyebabkan tekanan udara berkurang. Untuk menghindari hal tersebut maka kamu bisa pompa keempat ban mobil kamu dengan tekanan optimal sebelum disimpan. Dan akan lebih baik jika mobil didongkrak sehingga beban mobil tidak bertumpu pada roda.

Gunakan Cover Mobil

Menggunakan cover mobil juga dapat menjaga kondisi mobil agar dalam keadaan baik selama tidak terpakai. Cover mobil ini berfungsi untuk menghindari permukaan mobil dari debu dan kotoran. Usahakan simpan mobil pada ruangan yang gelap, kering, dan juga tertutup.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan