Ukuran Roof Rack Mobil yang Aman Untuk Keselamatan

Ukuran Roof Rack Mobil

Ukuran Roof Rack Mobil – Untuk memuat banyak barang bawaan, biasanya mobil dilakukan beberapa modifikasi yang menunjang hal tersebut. Salah satunya adalah penambahan roof rack pada mobil. Ukuran roof rack mobil sendiri harus disesuaikan dengan ukuran atap kendaraan. Kamu tidak bisa memasangnya secara sembarangan dan juga asal.

Ada beberapa tips menarik yang bisa kamu lakukan untuk memasang roof rack, simak selengkapnya di bawah ini.

Ukuran Roof Rack Mobil

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ukuran roof rack mobil ini wajib disesuaikan dengan ukuran atap kendaraan. Bisa dibilang, tidak semua roof rack bisa dipasang di seluruh jenis mobil. Semuanya tergantung dari ukuran atap mobil.

Maka dari itu, apabila kamu membutuhkan roof rack, maka harus memerhatikan berapa ukuran atap mobil. Dari data yang sudah dikumpulkan, tentu saja pencarian roof rack mobil yang cocok akan lebih mudah dilakukan. Saat ini banyak sekali pedagang roof rack yang sudah menyesuaikan ukurannya dengan spesifikasi masing-masing mobil. Jadi, kamu tidak perlu lagi bingung untuk mencarai ukuran roof rack yang cocok untuk mobil kesayangan.

Cara Memasang Roof Rack

Cara memasang roof rack sendiri tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Apabila memasang dengan sembarangan, maka atap mobil bisa lebih cepat rusak. Berikut beberapa cara memasang roof rack dengan benar.

1. Pahami Bobot Maksimal yang Ditampung Mobil

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah pahami berapa besar beban maksimal yang bisa ditampung oleh mobil. Setiap mobil tentu saja memiliki beban maksimalnya tersendiri. Kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik mobil adalah tidak ingin mencari tahu hal tersebut. Padahal, dengan kapasitas roof rack yang cukup besar bisa memengaruhi kondisi atap mobil.

Untuk mencari informasi beban maksimal yang bisa ditampung oleh mobil, kamu bisa mengurangi gross weight dengan curb weight. Lalu dikurangi dengan total beban penumpang. Hasil ini bisa dimanfaatkan ketika ingin memilih ukuran roof rack.

2. Pilih Material Terbaik

Roof rack yang kamu beli harus memiliki material yang baik. Alasan utamanya adalah karena roof rack rentan sekali rusak, dengan posisinya yang ada di atas dan terkena sinar matahari dan hujan membuatnya cenderung rentan rusak.

Apabila material yang dipilih tidak bagus, maka bisa berakibat roof rack mudah pecah, dan tentunya bisa merusak barang bawaan juga. Disarankan pilih lah roof rack yang terbuat dari plastil ABS yang tahan lama dan kuat.

3. Perhatikan Bentuk Roof Rack

Ketika ingin membeli roof rack, kamu juga perlu perhatikan bentuk dari roof rack tersebut. Kamu perlu memilih roof rack yang memiliki bentuk aerodinamis sehingga ketika mobil sedang melaju kencang tidak memengaruhi performa maksimal mobil.

Ketika bentuknya tidak sesuai, maka mobil bisa mudah goyang atau tidak stabil pada saat digunakan. Tentu saja hal tersebut sangat berbahaya untuk penumpang di dalam mobil. Sebenarnya, semakin rendah roof rack maka akan semakin tinggi juga tingkat aerodinamisnya. Namun, hal tersebut tentu saja akan mengurangi kapasitas angkut barang pada mobil.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan