5 Mobil Listrik Tercepat di Dunia 2022, Siapakah Juaranya?

mobil listrik tercepat

Mobil listrik semakin berkembang seiring dengan meningkatnya teknologi listrik. Berbagai perusahaan otomotif berlomba-lomba untuk menciptakan mobil listrik dengan menawarkan berbagai fitur yang menarik. Bahkan banyak perusahaan baru yang ikut serta meluncurkan mobil listrik.

Berkembangnya kapasitas baterai dan teknologi fast charging membuat mobil listrik semakin famous di berbagai kalangan. Kecepatan mobil listrik tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Bahkan untuk sekarang, mobil listrik sudah unggul daripada mobil sport konvensional.

Menurut kamu jenis mobil listrik apakah yang berada di urutan 1? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan di bawah ini sampai selesai! Berikut ini 5 mobil listrik tercepat di dunia berdasarkan carmagazine.co.uk.

Baca Juga: Cuci Mobil Listrik Dengan Air, Aman atau Tidak?

1. Rimac Nevera

Mobil listri Rimac Nevara
Sumber: Supercar

Mobil listrik asal Kroasia, Rimac Nevara tercatat sebagai mobil listrik tercepat di dunia tahun 2022 dengan kecepatan 415,2 km/jam. Mobil listrik ini memiliki daya dorong sebesar 1.914 tenaga kuda dan torsi sebesar 2.360 Nm. Selain itu, Rimac Nevara mampu menempuh jarak  0-100 km/jam dalam waktu 1.85 detik.

Rimac Nevara juga telah dilengkapi baterai Lithium-ion Nickel Manganese  berkapasitas 120 kWh yang mampu menjelajah hingga 547 km. Bahkan baterai tersebut telah dilengkapi dengan fitur keselamatan. Untuk mengisi daya sampai 80 persen, hanya dibutuhkan waktu sekitar 22 menit.

Mobil listrik ini juga mempunyai fitur AI Driving Coach yang bisa membantu pengendara mempercepat lap time di trek. Harga mobil listrik asal Krosia ini sekitar Rp 34.88 Milyar.

2. Tesla Roadster

mobil listrik tesla
Sumber: Unsplash Vlad Tchompalov

Mobil listrik garapan dari Tesla ini memang tiada tandingannya. Pada tahun 2020, Tesla Roadster menduduki peringkat pertama sebagai mobil listrik tercepat di dunia menggeser Bugatti Veyron. Kecepatannya mencapai 402.3 km/jam. Namun, pada tahun 2022 kedudukan sebagai mobil tercepat di dunia digantikan oleh mobil listrik asal Kroasia, Rimac Nevera.

Mobil listrik ini mampu menempuh jarak 0-100 km dalam waktu 4.2 detik. Tenaga listrik all wheel-drive dari Tesla Roadster mampu menghasilkan torsi 10.000 Nm dengan baterai 200kWh yang bisa memberikan driving range penuh 620 mil. Pada tahun 2021, harga mobil listrik ini mencapai 3.5 miliar.

3. Aspark Owl

mobil listrik Aspark Owl
Sumber: Modifikasi

Mobil listrik buatan jepang, Aspark Owl tercatat sebagai mobil listrik tercepat setelah Rimac Nevara dan Tesla Roadster. Kecepatan mobil ini mencapai 400,7 km/jam. Aspark Owl memakai baterai lithium-ion 64 kilowatt-jam yang diklaim bisa menempuh jarak 280 mil (450 km).

Tenaga listrik yang dihasilkan dari mobil listrik buatan Jepang ini sebesar 1.985 daya kuda jauh lebih tinggi daripada Bugatti Chiron 1.479 daya kuda. Sedangkan untuk jarak tempuh 0-100 km hanya butuh waktu 1.9 detik. Harga untuk mobil ini mencapai Rp 45 miliar belum termasuk pajak dan lain sebagainya.

4. Automobili Pininfarina Battista

Mobil listrik Automobili Pininfarina Battista
Sumber: Supercar

Automobili Pininfarina Battista merupakan mobil listrik tercepat di dunia yang berada diurutan keempat. Kecepatannya mencapai 349.2 km/jam. Mobil listrik ini memiliki tenaga mesin  sebesar 1900 bph dengan torsi 2305 Nm yang dihasilkan oleh setup quad-motor buatan Rimac.

Automobili Pininfarina Battista mampu menempuh sampai 100 km per jam dalam waktu kurang 2 detik. Mobil listrik ini hanya membutuh waktu 40 menit untuk mengisi daya sampai 80 persen. Sementara itu, baterai di dalam diklaim oleh Battista mampu menempuh jarak 482-kilometer tanpa menghasilkan emisi karbon. Harga mobil ini diperkirakan mencapai Rp 34.3 miliar.

5. Lotus Evija

Lotus Evija
Sumber: nicholas-berlette unsplash

Mobil listrik tercepat di dunia 2022 selanjutnya adalah Lotus Evija. Kecepatan maksimal mobil listrik buat London ini mencapai 321,9 km/jam. Selain itu, Lotus Evija mempunyai empat motor listrik 368 kWh dan torsi  1.700 Nm. Mobil listrik ini memiliki akselerasi 0-100 km/jam (62 mph) selama 3 detik. Harga mobil listrik ini mencapai Rp 37 miliar atau 2.7 juta dollar

Baca Juga: 2 Aturan Mobil Listrik yang Wajib Diketahui

 

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan