Apa Arti E Pada Indikator Bensin?

apa arti e pada indikator bensin?

Bagi pemilik mobil, tentu sudah tidak asing lagi dengan simbol huruf E dan F pada speedometer. Pada panel speedometer, terdapat indikator bensin yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang kapasitas bensin bagi suatu kendaraan.

Nah, menurut kamu apa arti simbol huruf E pada indikator bensin? Untuk lebih jelas, simak artikel di bawah ini sampai habis ya sobat HSR Wheel!

Baca Juga: 4 Gaya Mengemudi Mobil Manual yang Berimbas Boros BBM

Arti Simbol Huruf E dan F Pada Indikator Bensin

huruf e pada indikator bensin
Sumber: Kompas

Simbol E dan F sering diartikan apabila F berarti bensin telah Full. Sedangkan E diartikan Empty yang berarti kosong atau bermakna bensin telah habis.

Namun, simbol huruf E pada speedometer bukan berarti bensin telah habis. Arti sebenarnya huruf E pada speedometer Emergency yang bertanda bahwa bensin dalam keadaan darurat dan harus segera diisi ke SPBU oleh pemilik mobil.

Sisa Berapa Liter Apabila Bensin Berada Pada Simbol Huruf E?

huruf f pada indikator bensin
Sumber: Detik Oto

Menurut Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan bahwa apabila bensin pada kendaraanmu baik mobil ataupun motor menunjuk ke huruf E pada speedometer. Pertanda bahwa bensin harus segera diisi, namun bukan berarti bensin benar-benar habis. Karena sesungguhnya masih tersisa 10-15 persen dari total volume tangki. Sisa 10-15 persen memang sulit untuk mengukur jarak tempuh mobil.

Sehingga, pemilik kendaraan harus segera pergi ke SPBU terdekat apabila ingin melakukan perjalanan jauh. Apabila ingin lebih menghemat bensin, salah satu caranya adalah kamu bisa mematikan AC mobil. Mematikan AC dalam situasi seperti ini bisa membantu 5-10 persen agar bensin cadangan tidak cepat habis.

Nah itu dia, arti huruf E pada indikator bensin yang perlu kamu tahu. Jadi jangan terlalu panik ya apabila pada indikator mendekati huruf E. Tetap tenang dalam mengemudi agar tidak terjadi kecelakaan. Segera temukan SPBU terdekat di lokasimu saat itu.

Baca Juga: Ingin Hemat BBM Saat Mudik Pakai Mobil Pribadi?

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan