Ingin Hemat BBM Saat Mudik Pakai Mobil Pribadi?

Mudik pakai mobil pribadi

Musim mudik lebaran 2022 sebentar lagi tiba. Hampir semua masyarakat menyambut dengan sangat antusias. Karena sudah dua tahun berturut-turut aktivitas mudik lebaran ikut terdampak. Sejak munculnya Covid 19, Pemerintah menghimbau warganya untuk tidak mudik. Namun kali ini, Pemerintah sudah mengizinkan warganya untuk mudik dengan mobil pribadi ataupun kendaraan umum lainnya. Tentunya dengan syarat telah melakukan vaksin booster.

Menurut data dari Badan Litbang Perhubungan, jumlah orang yang mudik menggunakan mobil pribadi sekitar  26 persen atau 21 juta orang dari total keseluruhan pemudik tahun ini. Artinya, kebanyakan dari mereka memilih mudik menggunakan mobil pribadi daripada kendaraan umum. Alasannya tentu karena lebih nyaman dan aman mudik dengan mobil pribadi.

Namun, kamu harus tahu biaya mudik dengan mobil pribadi jauh lebih mahal ketimbang menggunakan kendaraan umum. Hal ini dikarenakan mudik dengan kendaraan umum hanya menanggung biaya transportasi umum dan biaya makan selama perjalanan. Sedangkan mudik pakai mobil pribadi harus menanggung biaya jalan tol, konsumsi bbm, dan konsumsi makan.

Apalagi harga BBM Pertamax mengalami kenaikan sebesar Rp 14.000/liter. Otomatis akan membutuhkan biaya yang lebih besar. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui tips hemat konsumsi BBM saat mudik. Berikut ini tips menghemat konsumsi BBM saat mudik lebaran 2022. Simak ulasan di bawah ini sampai selesai ya!

Baca Juga: Mau Mudik? Jangan Lupa Cek Kondisi Rem Mobil Kamu

Tips Hemat BBM Saat Mudik Lebaran

1. Bawa Barang Yang Dibutuhkan Saja

Mudik bawa barang muatan

Saat mudik dengan mobil pribadi, usahakan membawa barang bawaan sesuai dengan kebutuhannya saja. Karena semakin banyak barang yang dibawa maka akan semakin menambah beban kendaraan. Akibatnya mobil harus mengeluarkan torsi dan tenaga yang lebih. Sehingga konsumsi BBM yang dibutuhkan akan lebih banyak daripada biasanya.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu membawa barang bawaan sesuai kebutuhan saja. Jangan sampai melebihi kapasitas. Selain dapat membuat boros bbm, juga bisa membahayakan keselamatanmu dan mengurangi kenyamanan.

2. Menjaga Tekanan Ban

Tekanan ban mobil

Tips mudik dengan mobil pribadi selanjutnya adalah rutin memeriksa tekanan ban mobil. Ban mobil yang kekurangan tekanan angin bisa membuat konsumsi BBM boros. Karena ban mobil yang kekurangan angin akan membuat permukaan ban lebih banyak menyentuh ke jalanan. Sehingga gaya gesekan antara permukaan ban dengan jalanan menjadi semakin besar. Untuk itu dibutuhkan tenaga tambahan untuk melaju. Akibatnya bahan bakar yang diserap meningkat dua kali lipat dari biasanya.

3. Menggunakan Jenis BBM Yang Sesuai Dengan Kandungan Oktannya

Bagi kamu yang ingin mudik dengan mobil pribadi, sebaiknya menggunakan jenis BBM yang sesuai kandungan oktannya. Meski harga BBM Pertamax mengalami kenaikan menjadi Rp 14.000. Hal ini dikarenakan, apabila tidak menggunakan jenis BBM yang sesuai kandungan oktannya akan membuat proses pembakaran menjadi tidak sempurna. Sehingga mengakibatkan konsumsi BBM meningkat.

Hal ini seperti yang dikatakan oleh Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Hariadi. Beliau mengatakan bahwa penggunaan BBM yang sesuai research octane number (RON) akan menghasilkan pembakaran yang baik di ruang mesin. Oleh karena itu, sebelum mudik dengan mobil pribadi. Kamu harus mengetahui jenis BBM yang sesuai dengan kebutuhan mesin mobil.

4. Menjaga Kecepatan

Kecepatan mobil

Menjaga kecepatan mobil juga merupakan salah satu tips menghemat konsumsi BBM saat mudik. Semakin cepat putaran mesin maka akan semakin banyak bahan bakar yang terbuang. Oleh karena itu, pastikan bahwa kecepatan mobilmu selalu stabil. Usahakan kecepatannya tidak melebihi 80 kpj atau sekitar 40-80 kpj dan carilah jalanan yang tidak macet. Karena jika mobil selalu berhenti akan membuat konsumsi BBM meningkat.

5.  Nyalakan AC Seperlunya

AC mobil

AC mobil yang menyala terus membuat mobil bekerja lebih keras untuk mengeluarkan udara dingin. Hal ini mengakibatkan konsumsi BBM meningkat. Oleh sebab itu, matikan AC mobil sepanjang perjalanan mudik. Tujuannya agar konsumsi BBM makin lebih irit.

Nah, itu dia 5 tips menghemat konsumsi BBM saat mudik pakai mobil sendiri.

Baca Juga: Tarif Tol Trans Jawa 2022, Menjelang Mudik Lebaran

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan