Apakah Velg Replika Aman Digunakan?

Apakah velg replika aman

Velg merupakan salah satu komponen kaki-kaki mobil yang memiliki peran penting dalam meningkatkan performa kendaraan. Hampir setiap pemilik kendaraan ingin mengganti velg mobil mereka menggunakan velg OEM, velg after market, ataupun velg replika.

Lantas, apa perbedaan antara velg OEM, velg after market, dengan velg replika? Singkatnya velg OEM merupakan velg yang secara resmi disetujui oleh produsen mobil. Velg ini memiliki bobot yang berat namun untuk kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Sedangkan velg after market merupakan velg yang diproduksi bukan dari produsen mobil dan velg ini memiliki berbagai macam tampilan desain yang menarik ketimbang velg OEM. Untuk kualitasnya sendiri, velg ini tergolong aman untuk berkendara karena telah melewati uji kelayakan produk SNI, seperti velg dari HSR Wheel.

Velg replika merupakan velg tiruan dari segi bentuk dan desain. Velg iniĀ  merupakan velg paling murah dibandingkan dengan velg OEM maupun velg after market. Sayangnya velg ini belum melewati uji kelayakan produk. Sehingga masih banyak pemilik kendaraan yang meragukan performanya. Meski begitu, apakah velg replika aman digunakan untuk kegiatan sehari-hari? Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui jawabannya!

Baca Juga: Mengenal Mobil JDM Hingga Tips Modifikasi Velg JDM

Apakah Velg Replika Aman Digunakan?

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, velg replika merupakan velg tiruan baik dari segi bentuk dan desain velg ternama. Velg ini terbuat dari bahan alumunium seperti velg original. Namun, perbedaanya terletak pada campuran bahan bakunya. Velg replika cenderung mengurangi komposisi bahan bakunya sehingga harganya bisa lebih murah daripada velg original.

Berdasarkan sumber dari kompas.com, Bambang Widjarnako, Rim & Tire Consultant dan Wakil Ketua Apindo mengatakan bahwa velg replika aman digunakan untuk sehari-hari karena bahan baku yang digunakan tidak jauh berbeda dengan bahan untuk membuat velg original. Sehingga untuk kualitasnya tergolong baik hanya saja velg replika tidak memegang lisensi atau hak cipta velgnya. Justru hal yang berbahaya adalah menggunakan velg yang sudah dipermak sehingga terlihat seperti baru lagi, padahal bisa saja terdapat retakan pada bagian velg yang bisa membahayakan keselamatanmu saat berkendara.

Baca Juga: Perbedaan Velg Replika dan Original

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan