Mengisi Bensin Full Tank Bisa Buat Tangki Kendaraan Awet?

Bensin Full Tank

Emang benar ya mengisi bensin full tank bisa membuat kendaraan awet? Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Jakarta Selatan, Suparna menegaskan bahwa mengisi bensin sebaiknya full tank karena untuk mengurangi terjadinya kondensasi. Jika bensin full maka tidak akan terjadi kondensasi pada tangki mobil. Kondensasi adalah perubahan wujud dari gas ke benda padat.

Menurutnya mengisi bensin penuh lebih baik daripada kosong. Sebab jika kosong maka udara yang ada pada tangki mobil akan mengalami kondensasi saat malam dan pagi hari.

Semakin banyak udara yang masuk pada tangki BBM mobil maka kondensasi akan semakin cepat. Hal ini disebabkan karena udara yang mengembun semakin banyak terlebih lagi jika udaranya sangat dingin maka proses pengembunan akan lebih cepat.

Selain dianjurkan untuk mengisi bensin secara full maka sebaiknya menggunakan bahan bakarĀ  yang memiliki kandungan oktan tinggi, seperti Pertamax. Mengisi bahan bakar dengan Pertalite juga bisa mempercepat terjadinya korosi karena sisa-sisa bahan bakar akan menyebabkan terjadinya endapan-endapan yang mana jika dibiarkan terus menerus akan merusak tangki mobil.

Lalu apa saja dampak negatif dari embun di tangki BBM mobil? Untuk mengetahui jawaban ini, simak ulasan di bawah ini karena HSR Wheel akan mengulasnya sampai selesai!

Baca Juga: 4 Fungsi Filter Bensin yang Wajib Diketahui

Dampak Negatif Embun Pada Tangki BBM Mobil

1. Embun yang berubah menjadi air akan menetes dan bercampur dengan bahan bakar yang menyebabkan kualitas BBM menjadi buruk dan juga akan membuat mobil menjadi tersendat-sendat saat dinyalakan.

Apakah kamu pernah mengalami kejadian tersebut? Jika pernah mulai dari sekarang harus rutin isi bensin meski bensin tinggal setengah.

2. Selain itu, air yang menempel pada tangki BBM akan membentuk karat. Jika bercampur dengan bahan bakar maka sisa-sisa karat akan menutup sistem injeksi mobil. Sehingga mobil menjadi susah ketika dijalankan.

Meskipun disarankan untuk mengisi bahan bakar secara full tank. Akan tetapi jangan sampai terlalu kepenuhan nanti malah akan tumpah sampai mulut tangki BBM. Jika hal ini terjadi akan memiliki resiko yang cukup berbahaya, seperti jika terjadi percikan api dari knalpot kendaraan lain akan bisa menyambar mobil.

Baca Juga: Ini Dia Cara Membersihkan Kerak Piston

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan