Cara Menghidupkan Mobil Matic Yang Perlu Kamu Tahu

Cara Menghidupkan Mobil Matic

Mobil matic merupakan salah satu mobil yang paling banyak diincar oleh kalangan anak muda karena cara menggunakannya yang tidak terlalu rumit dibandingkan dengan mobil manual. Alasan lain kenapa orang lebih memilih menggunakan mobil matic daripada manual adalah karena pengoperasian mobil matic lebih mudah dan tidak membuat lelah saat harus bermacet-macetan di jalanan terutama di kota-kota besar.

Dengan alasan itulah orang-orang lebih memilih membeli mobil automatic atau mobil matic daripada mobil manual terutama orang-orang yang tinggal di kota-kota besar, seperti di Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Meskipun lebih mudah dalam hal mengemudi namun tetap akan terasa kaku jika kamu belum pernah menggunakannya sebelumnya.

Nah, bagi kamu yang masih pemula dalam mengemudi mobil matic. Kali ini HSR Wheel akan membagikan mengenai cara menghidupkan mobil matic. Sehingga setelah kamu berhasil menghidupkannya, maka kamu akan tahu tahapan-tahapan selanjutnya.

Baca Juga: Cara Mengemudi Mobil Matic di Turunan Tidak Boleh Asal, Perhatikan Hal Ini

Cara Menghidupkan Mobil Matic 

1. Pindahkan Tuas Transmisi ke Posisi P

Cara Mengemudi Mobil Matic

Langkah pertama yang harus kamu lakukan setelah kamu memasukan kunci mobilmu, yaitu menggeser tuas transmisi ke posisi P. Meskipun kamu telah memasukan kunci mobilmu namun jangan sampai kamu menyalakan mobilmu sebelum tuas transmisi di posisi P.  Tujuannya untuk memastikan mobilmu tidak akan melompat atau bergerak.

Apabila kamu menggunakan mobil matic keluaran terbaru biasanya mobil tidak akan menyala jika posisi tuas transmisi tidak diposisi P. Namun, jika kamu menggunakan mobil matic keluaran lama maka mobil akan tetap menyala meskipun tuas transmisi tidak di posisi P.

2. Injak Pedal Rem

Cara Mengemudi Mobil Matic

Langkah selanjutnya setelah kamu memindahkan tuas transmisi ke posisi P adalah dengan menginjak pedal rem. Baru kemudian nyalakan mobil. Tujuannya adalah agar tidak terjadi engine stall. Engine Stall adalah suatu kondisi dimana mobilmu berhenti secara mendadak.

Selain itu, saat kamu memindahkan tuas transmisi dari posisi P ke posisi R atau D maka kamu harus menginjak pedal rem terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk menghindari gesekan antar komponen agar tidak cepat aus. Menginjak pedal rem merupakan suatu kewajiban bagi pengemudi mobil matic lama maupun baru.

3. Hidupkan Mesin Mobil Matic

Cara Mengendarai

Setelah kamu menginjak pedal rem. Baru kamu menghidupkan mesin mobil matic. Biasanya menghidupkan mesin matic ada yang kuncinya diputar terlebih dahulu atau ada juga yang menggunakan engine start stop button. Tergantung dengan jenis mobilmu.

4. Tunggu Sampai Putaran Mesin Stabil

Mengemudi Mobil

Setelah kamu menghidupkan mesin mobilnya maka kamu harus menunggu sampai putaran mesin stabil di angka 1000 rpm. Tujuan kenapa harus menunggu sampai stabil? Karena untuk memastikan bahwa putaran pada ruang mesin telah bergerak melumasi seluruh ruangan.

5. Jalankan Mobil Matic

Eco Driving

Setelah langkah-langkah diatas selesai, maka mulailah jalankan mobil maticnya. Apabila kamu ingin mundur maka kamu bisa memindahkan tuas transmisi ke posisi R dan untuk maju ke tuas transmisi posisi D. Jika kamu masih dalam proses belajar, sebaiknya mengemudi dengan kecepatan 20-40 km/jam. Setelah kamu lancar, barulah kecepatannya di tambah dengan menggeser tuas transmisi di posisi D1 ke D2 atau ke D3.

Kamu bisa memanfaatkan beberapa mode dalam suatu kondisi, semisal mode D saat melewati tanjakan sedang, jangan lupa apabila ingin menetralisasi gesekan antar mesin maka kamu bisa menginjak pedal remnya.

Nah itu dia cara menghidupkan mobil matic yang wajib kamu tahu. Apalagi jika kamu masih pemula maka kamu wajib membaca artikel di atas.

Baca Juga: Cara Parkir Paralel Mobil Matic dengan Benar

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan