Kategori: Tips Otomotif

Berbagai Macam Lug Nut yang Penting Diketahui!

Lug nut atau baut memiliki peran penting dalam mengikat velg mobil. Sebab, lug nut dapat menunjang keselamatan pengendara dalam berkendara. Ibarat sebuah inti, lug nut bisa dikatakan sebagai salah satu kunci dari bagian kaki-kaki mobil. Maka, jangan sampai kamu kurang tepat dalam memilih lug nut. Sebab, ada berbagai macam lug nut yang beredar di pasaran. Pilihlah lug nut yang tepat!

Apa Saja Macam-Macam Lug Nut atau Baut?

Walaupun bentuknya kecil, lug nut memiliki daya tahan yang kuat tergantung material yang digunakan. Ada banyak macam-macam lug nut aftermarket yang beredar di pasaran, mulai dari material bahan, bentuk, hingga warna yang membedakan. Simak penjelasannya di bawah ini.

Ukuran

Ukuran merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Apalagi jika kamu ingin mengganti baut standar  yang umumnya berukuran 1,25m  atau 1,5mm menggunakan baut aftermarket. Sebab, penting bagi kamu untuk memastikan panjang lug nut dengan velg agar tidak lebih dari bagian bibir velg mobil. Hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dalam berkendara. Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk memiliki beberapa cadangan lug nut untuk mengantisipasi jika ada lug nut yang rusak sewaktu-waktu dalam keadaan darurat.

Bahan

Lug nut memiliki berbagai macam jenis bahan. Tentunya setiap jenis bahannya memiliki ketahanan dan kekuatan yang berbeda-beda, ada yang kokoh dan sangat kuat, ada yang hanya besi biasa, juga ada yang ringan dan kuat. Sebab lug nut ada yang terbuat dari besi biasa yang disepuh krom, alumunium, stainless, dan juga duralumin. Duralumin merupakan bahan yang paling kuat dan ringan dari yang lainnya. Tetapi, harga yang ditawarkan pun cukup menguras kantong.

Warna

Warna pada lug nut memang hanya pelengkap dari segi estetika saja, namun hal ini tentu saja penting untuk diperhatikan. Jangan sampai hanya karena salah pilih warna lug nut, seketika kesan dari velg kamu malah terlihat norak karena pemilihan warna lug nut yang salah.

Sebaiknya, kamu menyocokan terlebih dahulu warna lug nut dengan velg yang digunakan. Akan tetapi, jika kamu tidak mau repot dalam memilih warna lug nut untuk digunakan berbagai jenis velg, kamu bisa menggunakan warna basic seperti hitam, merah, biru, dan warna lainnya karena cocok digunakan dengan velg warna apapun dibandingkan warna yang lebih berani seperti merah muda, kuning, ungu, atau hijau.

Pos Terbaru

Biaya Resmi Bayar Pajak Plat Nomor Cantik

Saat di jalan raya, kamu pasti pernah melihat mobil dengan plat nomor cantik dengan angka… Read More

8 jam lalu

5 Jenis Mobil Derek yang Harus Kamu Ketahui

Mobil derek termasuk dalam kategori jenis kendaraan berat yang berfungsi untuk menderek kendaraaan yang mengalami… Read More

2 hari lalu

Memilih Carbon Cleaner yang Tepat untuk Mesin Mobil

Bagaimana caranya memilih carbon cleaner yang tepat? Banyak orang belum mengetahui tentang cairan pembersih mesin… Read More

6 hari lalu

Fungsi Frit Band di Sekeliling Pinggiran Kaca Mobil

Kaca mobil merupakan salah satu komponen penting yang dapat menunjang keselamatan. Sebab, hal ini sangat… Read More

6 hari lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ceper, Ketahui Sebelum Modifikasi!

Bagi kamu yang berniat melakukan modifikasi mobil ceper, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan… Read More

1 minggu lalu

Sering Pegal Saat Berkendara? Lakukan 3 Tips ini!

Pegal-pegal saat berkendara memang merupakan hal lazim dialami bagi para pengemudi, apalagi jika harus menempuh… Read More

1 minggu lalu