Berbagai Macam Lug Nut yang Penting Diketahui!

Lug nut atau baut memiliki peran penting dalam mengikat velg mobil. Sebab, lug nut dapat menunjang keselamatan pengendara dalam berkendara. Ibarat sebuah inti, lug nut bisa dikatakan sebagai salah satu kunci dari bagian kaki-kaki mobil. Maka, jangan sampai kamu kurang tepat dalam memilih lug nut. Sebab, ada berbagai macam lug nut yang beredar di pasaran. Pilihlah lug nut yang tepat!Apa Saja Macam-macam Lug Nut atau Baut

Apa Saja Macam-Macam Lug Nut atau Baut?

Walaupun bentuknya kecil, lug nut memiliki daya tahan yang kuat tergantung material yang digunakan. Ada banyak macam-macam lug nut aftermarket yang beredar di pasaran, mulai dari material bahan, bentuk, hingga warna yang membedakan. Simak penjelasannya di bawah ini.

Ukuran

Ukuran merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Apalagi jika kamu ingin mengganti baut standarĀ  yang umumnya berukuran 1,25mĀ  atau 1,5mm menggunakan baut aftermarket. Sebab, penting bagi kamu untuk memastikan panjang lug nut dengan velg agar tidak lebih dari bagian bibir velg mobil. Hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan dalam berkendara. Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk memiliki beberapa cadangan lug nut untuk mengantisipasi jika ada lug nut yang rusak sewaktu-waktu dalam keadaan darurat.

Bahan

Lug nut memiliki berbagai macam jenis bahan. Tentunya setiap jenis bahannya memiliki ketahanan dan kekuatan yang berbeda-beda, ada yang kokoh dan sangat kuat, ada yang hanya besi biasa, juga ada yang ringan dan kuat. Sebab lug nut ada yang terbuat dari besi biasa yang disepuh krom, alumunium, stainless, dan juga duralumin. Duralumin merupakan bahan yang paling kuat dan ringan dari yang lainnya. Tetapi, harga yang ditawarkan pun cukup menguras kantong.

Warna

Warna pada lug nut memang hanya pelengkap dari segi estetika saja, namun hal ini tentu saja penting untuk diperhatikan. Jangan sampai hanya karena salah pilih warna lug nut, seketika kesan dari velg kamu malah terlihat norak karena pemilihan warna lug nut yang salah.

Sebaiknya, kamu menyocokan terlebih dahulu warna lug nut dengan velg yang digunakan. Akan tetapi, jika kamu tidak mau repot dalam memilih warna lug nut untuk digunakan berbagai jenis velg, kamu bisa menggunakan warna basic seperti hitam, merah, biru, dan warna lainnya karena cocok digunakan dengan velg warna apapun dibandingkan warna yang lebih berani seperti merah muda, kuning, ungu, atau hijau.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan